Menyelami Beauty Influencer: Wajah Cantik Industri Kecantikan Indonesi

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
faktor-memilih-beauty-influencer

Topik kecantikan wajah dan tubuh jadi batu loncatan yang terbukti sukses bagi banyak influencer media sosial untuk bekerja sama dengan berbagai brand.

Artinya, industri kecantikan adalah salah satu jenis industri yang terbukti efektif menjalankan aktivitas marketing dengan influencer.

Salah satu alasan kenapa industri kecantikan dan influencer bisa saling mempengaruhi adalah karena sifat kecantikan yang sangat visual. Sedangkan, di sisi lain, influencer marketing sangat mengandalkan visual sebagai mediumnya. Jadinya, ya, klop.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Instagram, TikTok, dan YouTube adalah platform medsos yang punya banyak influencer kecantikan atau beauty influencer.

Siapakah Influencer Kecantikan Itu?

Seseorang bisa disebut sebagai beauty influencer adalah ia yang menciptakan dan berbagi konten terkait makeup, perawatan kulit, perawatan rambut, dan topik kecantikan lainnya.

Para beauty influencer ini, umumnya, punya banyak follower di platform medsos seperti Instagram, YouTube, dan TikTok.

Bagi follower, atau masyarakat secara umum, para beauty influencer ini dianggap sebagai jembatan komunikasi sekaligus reviewer antara brand dan publik.

Influencer kecantikan biasanya berbagi informasi tentang produk yang dicoba, memberi tutorial, memberi ulasan, serta memberikan tips dan saran kepada audiens mereka.

Karena pengalamannya dalam dunia kecantikan, para beauty influencer ini sering dianggap punya kompetensi lebih dibanding masyarakat umum atau followernya. Sehingga, para beauty influencer ini, seringkali:

  • Memberi dampak signifikan pada persepsi dan perilaku konsumen
  • Membentuk tren dan preferensi kecantikan.

Efeknya adalah, mau tidak mau, brand di industri kecantikan sering bekerja sama dengan para influencer kecantikan untuk:

  • Mempromosikan produk baru
  • Meningkatkan jangkauan dan kredibilitas merek
  • Memperbaiki persepsi publik pada produk atau brand

Dua Wawasan Beauty Influencer Sebelum Anda Ajak Collab

Saat ini, menemukan influencer, rasa-rasanya, terasa lebih mudah seiring pertumbuhan drastis niche kecantikan selama beberapa tahun terakhir.

Ada banyak beauty influencer yang eksis dan berani memasang tarif terjangkau untuk berbagai aktivitas promosi.

Dengan hanya beberapa kali klik, membuat daftar influencer, melihat insight media sosialnya, menyesuaikan dengan brand, maka Anda sudah bisa mendapat berbagai jenis influencer kecantikan di berbagai platform medsos.

Tetapi ternyata, tidak semudah itu. Bagaimana Anda bisa mendapat beauty influencer yang untuk kampanye Anda? Yuk, mari bahas di sini.

Wawasan Influencer dari ZAP Clinic

Salah satu wawasan dasar yang perlu Anda pahami adalah hasil riset dari ZAP Clinic dalam dokumen berjudul ZAP Beauty Index 2023. Mari kita ulas beberapa hasil risetnya yang terkait dengan influencer:

  • 78%wanita Indonesia lebih tertarik pada influencer lokal dibandingkan dengan artis Korea.
  • Sekitar 16.8% wanita yang terpengaruh oleh pemain film Korea
  • Ada 8.5% wanita Indonesia lain yang terpengaruh oleh girlband/boyband Korea.

Selain Instagram, TikTok memberikan pengaruh besar. Sebanyak 51.5 persen wanita mengakses TikTok untuk memperoleh informasi terkait kecantikan.

Pola Perilaku Konsumen terhadap E-commerce dalam Industri Kecantikan

Lebih jauh lagi, berikut ini data yang dirangkum dari ZAP Beauty Indeks 2023 terkait perilaku konsumen terhadap e-commerce:

  • Terdapat 81,9% wanita Indonesia yang memilih untuk membeli skincare melalui e-commerce. Jumlah itu meningkat 24,8% dibanding tahun lalu  yang sebesar 57,1%.
  • 82,1% wanita yang rutin treatment di klinik kecantikan, memilih untuk membeli skincare melalui e-commerce.

Walaupun perawatan klinik masih sangat penting bagi beauty enthusiast, e-commerce juga jadi faktor yang sangat penting dalam perjalanan kecantikan seseorang.

Memilih Influencer Lokal: Kunci Kesuksesan Bisnis Kecantikan Indonesia

Influencer lokal punya daya tawar yang unik untuk bisa menjangkau dan terhubung dengan follower mereka serta publik Indonesia.

Para beauty influencer lokal ini berbicara, tinggal, memahami budaya serta nilai-nilai masyarakat, dan menjalani kehidupan sehari-hari yang sama dengan audiensnya.

Artinya, para influencer lokal ini punya keaslian dan kredibilitas yang sulit ditandingi oleh influencer asing. Dengan daya tawar seunik dan dan sekuat itu, Anda tidak bisa meremehkan influencer lokal begitu saja.

Lebih menariknya lagi, tarif kerja sama dengan beauty influencer lokal jauh lebih terjangkau dibanding collab dengan influencer asing.

Selain itu, influencer lokal dapat membantu merek menjangkau segmen pasar yang sangat spesifik. Mereka mengenal baik audiens mereka dan tahu apa yang beresonansi dengan mereka.

Mereka juga sering kali memiliki hubungan yang lebih intens dan lebih personal dengan para followernya.

Dengan pendekatan personal itu, para influencer lokal memiliki tingkat kepercayaan dan keterlibatan yang lebih baik dari influencer asing.

Tentu saja, bukan berarti bahwa kolaborasi dengan influencer asing tidak bernilai. Namun, data menunjukkan bahwa dalam konteks pasar Indonesia, beauty influencer lokal jelas memiliki keuntungan yang signifikan.

Jadi, apa maknanya bagi pemilik bisnis online di Indonesia? Secara sederhana, dengan memilih influencer lokal yang tepat, Anda tidak hanya bisa membangun kredibilitas dan jangkauan brand, tetapi juga menjangkau penonton yang lebih terlibat dan loyal.

Faktor yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Beauty Influencer

Memilih influencer kecantikan lokal yang cocok dengan brand Anda adalah kerja yang membutuhkan fokus dan waktu jangka panjang. Sebab, ada banyak faktor dan wawasan yang perlu dikuasai.

Berikut ini adalah sejumlah faktor dan wawasan yang perlu Anda pahami saat harus mulai memilih beauty influencer lokal:

Pahami dan Identifikasi Brand Anda

Iya, Anda perlu memahami merek Anda dengan baik. Apa value utama brand Anda? Siapa target konsumennya? Apa pesan yang ingin Anda sampaikan? Jawaban atas pertanyaan itu akan membantu menentukan jenis influencer yang sesuai brand Anda.

Identifikasi dan Buat Daftar Beauty Influencer yang Sesuai dengan Nilai Brand

Setelah langkah pertama tadi, maka Anda harus mencari influencer yang value dan citra publiknya sejalan dengan nilai-nilai yang dimiliki brand Anda. Jika brand Anda fokus pada produk kecantikan islami, maka Anda bisa memilih beauty influencer yang menggaungkan nilai-nilai Islam.

Perhatikan Kualitas Konten

Lihatlah jenis konten yang dibuat influencer. Apakah mereka membuat konten yang berkualitas tinggi, menarik, dan relevan dengan estetika brand Anda? Apakah mereka mampu menceritakan cerita dalam cara yang menarik, personal, otentik, dan relevan dengan followernya?

Pelajari Audiens Mereka

Pastikan bahwa pengikut beauty influencer adalah audiens yang Anda targetkan. Perhatikan demografi follower para influencer ini, seperti usia, jenis kelamin, lokasi, serta bagaimana follower berinteraksi dengan konten si influencer.

Cek Kredibilitas dan Keaslian

Pastikan beauty influencer yang Anda prospek punya kredibilitas dan otentik dalam konten serta komunikasi dengan audiensnya. Apakah mereka selalu jujur dan transparan tentang kemitraan mereka? Apakah mereka memiliki reputasi baik dalam industri influencer?

Periksa Statistik dan Metrik

Jumlah follower memang penting. Engagement juga tidak kalah krusial. Karenanya, lihatlah metrik dan data insight yang dimiliki para beauty influencer lokal. Cek tingkat engagement, jumlah view, jumlah klik, dan rasio akun secara keseluruhan. Melihat metrik akun medsos para influencer akan memberi gambaran komprehensif tentang seberapa efektif mereka menjangkau dan mempengaruhi audiensnya.

Dengan melakukan riset secara cermat, Anda bisa mendapatkan beauty influencer yang serasi untuk meningkatkan visibilitas brand dan juga membangun koneksi lebih dalam dengan audiens.

Sebagai penutup, dunia digital telah merubah cara kita melakukan bisnis secara perlahan. Dalam industri kecantikan, beauty influencer telah menjadi pemain kunci dalam membentuk perilaku konsumen dan tren.

Karena itulah, memahami tren di medsos dan beradaptasi dengan beauty influencer jadi salah satu kunci dalam industri kecantikan yang makin kompetitif ini. 

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.