Berbagai Macam Cara Dapat Uang Dari TikTok Yang Bisa Anda Praktekkan

Updated December 1, 2022 • Created 1 tahun lalu
Berbagai Macam Cara Dapat Uang Dari TikTok Yang Bisa Anda Praktekkan

Salah satu platform gadget yang tengah naik daun sekarang ini adalah TikTok. Mulai dari anak muda hingga orang dewasa sampai tua pasti tahu dengan platform ini. Tak heran jika platform ini sangat digandrungi di seluruh dunia karena dapat digunakan sebagai platform penghasil uang. Banyak sekali yang bertanya-tanya bagaimana cara dapat uang dari TikTok. 

 TikTok merupakan platform pembuat video berdurasi pendek yang dapat diiringi berbagai macam genre musik. Saat ini pengguna TikTok di seluruh dunia mencapai 1 miliar lebih. Meskipun TikTok sempat diblokir oleh Kominfo di Indonesia, akan tetapi kini TikTok makin populer sejak pandemi hingga sampai saat ini. Dari sini makin banyak lagi yang mulai cari tahu cara dapat uang dari TikTok.

Banyaknya jumlah pengguna TikTok saat ini makin menguntungkan bagi mereka yang memanfaatkan TikTok sebagai platform penghasil cuan. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan platform ini sebagai alat penghasilan Anda? Jika iya, simaklah urain di bawah ini mengenai cara dapat uang dari TikTok. Caranya antara lain adalah:

  1. Menjadi Seorang TikTok Influencer

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk cara dapat uang dari TikTok adalah dengan menjadi seorang influencer platform TikTok. Tentu saja untuk menjadi seorang influencer TikTok harus memiliki strategi yang matang. 

 

Dari ide konten yang kreatif, ekspresi wajah yang menarik, serta konsistensi dalam membuat konten baru. Makin banyak followers tentunya makin meningkatkan penghasilan yang akan diperoleh.

 

Selain dari popularitas, seorang influencer TikTok juga bisa memperoleh pundi-pundi uang melalui berbagai kesempatan lainnya. Misalnya Brand Ambassador, Endorsement, Marketing Afiliasi, Sponsored Content Post, dan yang lainnya. Itulah dia cara dapat uang dari TikTok sebagai seorang TikTok influencer.

 

  1. Berperan Sebagai Agensi Influencer

Agensi Influencer merupakan salah satu cara dapat uang dari TikTok dengan menghubungkan brand yang akan beriklan dengan Influencer. Agensi berperan sebagai perantara hingga manajemen dari kontrak iklan dengan influencer. Agensi akan mencarikan seorang influencer yang cocok, mengatur ide konsep iklan, dan mengelola kerja sama.

 

Pada dasarnya TikTok mempunyai platform khusus Creator Marketplace. Akan tetapi, biaya yang perlu dikeluarkan besar karena ada bagi hasil. Di sini Anda bisa meraih kesempatan dengan memberi harga yang terjangkau daripada yang TikTok tawarkan. Jika Anda punya skill Content Marketing dan Video Marketing, cara ini dapat Anda manfaatkan sebagai cara dapat uang dari TikTok.

 

  1. Menjadi Sponsored Content Post

Sponsored Content Post bisa Anda manfaatkan sebagai cara dapat uang dari TikTok. Anda akan berperan sebagai seorang Influencer TikTok yang tengah mempromosikan brand tertentu. Agensi atau brand biasanya akan melihat terlebih dahulu jumlah followers, like, serta tayangan video Influencer TikTok. Cara ini dilakukan untuk mengukur tingkat engagement content creator di TikTok.

 

Dari sini akan terlihat apakah kriteria Anda sebagai Sponsored Content Post sesuai dengan target brand atau tidak. Bagi Anda yang memiliki followers ribuan bahkan lebih, metode ini bisa Anda manfaatkan sebagai cara dapat uang dari Tiktok. Maka dari itu, agar Anda bisa menjadi Sponsored Content Post, Anda wajib meningkatkan jumlah followers terlebih dahulu.

 

  1. Melakukan TikTok Marketing

Berikutnya cara dapat uang dari TikTok adalah dengan TikTok Marketing. TikTok Marketing ditujukan untuk Anda yang memiliki suatu brand dan berkeinginan untuk menarik pelanggan dari platform lain. 

 

Cara yang paling manjur untuk promosi di platform ini adalah dengan menggunakan TikTok Ads. TikTok mempunyai sistem algoritma yang bisa membuat iklan Anda terlihat oleh target yang Anda inginkan.

 

Selain penargetan ke audiens yang diinginkan, sistem algoritma TikTok juga rutin melakukan remarketing. Artinya, iklan sebelumnya akan ditampilkan kembali pada audiens yang pernah berinteraksi dengan iklan Anda. 

 

Hal ini akan memungkinkan audiens agar lebih familiar dengan brand Anda, sehingga tertarik untuk membeli produk yang Anda iklankan. Nah, metode ini dapat Anda gunakan sebagai cara dapat uang dari Tiktok.

 

  1. Berdonasi atau Payout Coins

Ada bermacam-macam cara dapat uang dari TikTok ketika followers Anda sudah tinggi, salah satunya dari Donasi atau Payout Coins. Konsepnya mirip dengan platform Twitch atau Likee. Donasi akan diberikan oleh fans ketika Anda sedang live streaming di TikTok. Donasi berupa sticker gift yang nantinya bisa ditukarkan dengan uang.

 

Sticker gift ini diberikan oleh viewer sebagai apresiasi content creator dalam membuat kontennya. Lalu, bagaimana bisa sticker ini diuangkan? Karena fans Anda memperoleh sticker tersebut dengan cara membelinya, sehingga dapat diuangkan kembali. Dari sticker gift ini dapat Anda manfaatkan untuk cara dapat uang dari TikTok.

 

  1. Mengarahkan Traffic ke Platform Yang Lain

Apabila Anda seorang content creator dari luar TikTok, alangkah baiknya untuk mencoba promosi konten Anda melalui TikTok. Langkah ini dapat dilakukan sebagai upaya untuk cara dapat uang dari TikTok. 

 

Caranya pun cukup mudah, Anda tinggal menautkan link ke konten platform lain seperti Instagram ataupun Youtube. Dengan demikian, akan ada banyak orang yang berkunjung ke platform Anda setelah melihat konten video TikTok milik Anda.

 

Cara ini juga bisa dipraktekkan untuk website atau blog. Anda hanya perlu menautkan link di bio TikTok yang akan mengarahkan pengunjung ke website sumber pendapatan Anda. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan traffic dari audiens TikTok. Maka dari itu, strategi ini juga bisa dibilang sebagai cara dapat uang dari TikTok.

 

  1. Membuka Jasa Pengelola Akun TikTok

Cara dapat uang dari TikTok berikutnya adalah dengan mengelola akun milik orang lain agar berkembang lebih pesat. Target pengelolaan tidak hanya content creator, namun juga pada brand atau perusahaan pengguna jasa TikTok sebagai promosi. 

 

Pekerjaan dari jasa pengelola akun antara lain, meningkatkan jumlah followers, like, dan jumlah tayangan video hingga engagement. Selain itu, mengkoordinasi strategi content marketing, ide konten, bahkan tawaran kerja sama, dll.

 

  1. Tempat Promosi Musik

Bagi Anda yang pekerjaannya berhubungan dengan dunia musik, platform ini bisa Anda manfaatkan sebagai  cara dapat uang dari TikTok. Hal ini bukan tanpa alasan, karena sebagian besar konten di TikTok dapat diiringi dengan genre-genre musik tertentu. 

 

Bila Anda berencana untuk merilis ciptaan lagu Anda sendiri, tidak ada salahnya mencoba promosi melalui platform TikTok ini. Siapa tahu lagu Anda bisa menjadi viral dan makin menambah cuan.

Itulah dia berbagai macam cara dapat uang dari TikTok yang bisa Anda praktekkan. Tentu saja cara di atas juga perlu usaha dan konsisten bila Anda seorang pemula yang ingin dapat cuan melalui platform TikTok. 

Pastikan Anda memilih opsi yang paling sesuai dengan kemampuan Anda agar akun TikTok Anda berkembang dengan pesat. Semakin terus berkembang akun TikTok Anda, maka cuan yang didapatkan juga makin banyak. 

 

Related posts:
  1. 6 Langkah Mudah Melakukan Riset Pasar untuk Pemula Bisnis Skincare
  2. 11 Ide Promo yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan
  3. Cara Menanggapi Keluhan dan Komplain Komplain Konsumen pada Bisnis Anda
  4. 14 Langkah Promosi Skincare Melalui Media Social
  5. 9 Tips Packing Produk Berkualitas yang Aman dan Elegan
Ruth
Author
Ruth
Bagikan