Bagaimana Cara Menjadi Dropshipper: Panduan Lengkap & Contoh di 2023

Pamungkas
1 tahun lalu
Ecommerce
Tips Menjadi Dropshipper

Sebelum jauh melangkah mencari cara menjadi dropshipper, mari kita memahami bersama konsepnya terlebih dulu. Karena, bagaimana Anda menjadi dropshipper jika tidak tahu apa konsep utama dropshipping?

Dropshipper ialah suatu metode bisnis yang memungkinkan Anda untuk berjualan, tanpa memiliki produk apa pun. Caranya ialah dengan menjadi penghubung antara pembeli dan pemasok/supplier.

Lalu Bagaimana Sih Cara Kerja Dropshipper Itu? 

Secara sederhana, dropshipper adalah partner supplier untuk menjualkan produk yang mereka miliki. Untuk lebih mudah memahami konsepnya, mari kita simak cara kerja dropshipper berikut:

  • Dropshipper bekerjasama dengan supplier
  • Dropshipper membuat toko online dan menawarkan produk
  • Konsumen memesan produk dan melakukan pembayaran ke dropshipper sebesar Rp. 100.000
  • Dropshipper melaporkan informasi pesanan ke supplier dan melakukan pembayaran sebesar Rp. 80.000
  • Supplier mengirimkan produk ke konsumen atas namanya toko dropshipper. 

Gimana? Sudah ada gambaran tentang apa itu dropshipper? Atau mungkin Anda malah bingung membedakan antara dropshipper dan reseller?

Kedua bisnis online tersebut memang memiliki kemiripan dan sering dianggap sama. Padahal keduanya memiliki cara kerja yang berbeda lho.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang dropshipper, alangkah lebih baik jika Anda kunjungi dulu link artikel tentang penjelasan lengkap bisnis dropshipper dan reseller yang telah dirangkum KiriminAja ini.

Setelah memahami lebih jauh tentang apa itu dropshipper, selanjutnya KiriminAja akan membagikan cara untuk menjadi dropshipper.

Cara Menjadi Dropshipper

Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk menjadi dropshipper:

Tentukan Produk yang Mau Dijual

Sebelum menjadi dropshipper, hal pertama yang dapat Anda lakukan ialah menentukan produk yang mau dijual. Lakukanlah riset sederhana sebagai berikut: 

  • Carilah produk yang memiliki banyak peminat atau sedang ngetren
  • Cari informasi apakah produk yang Anda pilih dapat memberikan keuntungan atau tidak
  • Cari supplier yang memiliki kredibilitas baik dan membuka penawaran dropshipper. 

Analisis Kompetitor

Setelah menentukan produk yang hendak dijual, selanjutnya Anda dapat melakukan analisis kompetitor. Dengan itu, Anda akan mendapatkan informasi terkait pasar dari produk yang hendak dijual. 

Anda dapat menganalisis cara kompetitor mempromosikan produk mereka untuk dijadikan sebagai referensi. Sehingga dapat dijadikan pertimbangan untuk menyusun strategi promosi. 

Usahakan cara yang Anda gunakan memiliki kelebihan daripada kompetitor. Karena hal tersebut dapat menarik konsumen untuk membeli lewat toko Anda.

Cari Supplier yang Kredibel

Setelah menentukan produk dan strategi promosi, Anda dapat mencari supplier yang tepat dan terpercaya. Sehingga produk yang akan Anda jual memiliki potensi laku lebih banyak. 

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk memilih supplier:

  • Cari tahu keaslian produk yang mereka jual
  • Pelajari review konsumen atas produk tersebut
  • Berapa banyak produk yang terjual
  • Harga barang, sistem pembayaran, pengiriman, sistem refund
  • Supplier sudah beroperasi berapa lama
  • Berapa pengikut media sosial mereka

Setelah menemukan supplier yang kredibel, pastikan dulu mereka membuka kerjasama untuk dropshipper. Anda bisa cek di website atau pun media sosial mereka untuk mencari informasi.

Biasanya, supplier yang bekerjasama dengan dropshipper juga menyediakan website, aplikasi, atau pun toko online yang dapat Anda gunakan secara gratis. 

Buat Toko Online Sendiri

Cara selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah membuat toko online sendiri. Atau jika supplier sudah menyediakannya, Anda tinggal mengoperasikannya.

Buatlah tampilan toko Anda semenarik mungkin. Selain itu, buatlah profil toko yang informatif. Agar konsumen dapat dengan mudah menemukan toko Anda.

Atur Sistem Pembayaran

Sebelum menjalankan kegiatan dropshipper, sebaiknya lakukan kesepakatan pembayaran dengan supplier.  Carilah sistem yang mudah dan aman. 

Anda juga dapat membuka toko di e-commerce yang menyediakan fitur pembayaran. Pastikan e-commerce yang Anda pilih sudah teruji aman dan banyak penggunanya.

Namun, membuka toko di e-commerce biasanya dikenakan biaya admin. Jadi buatlah perhitungan agar Anda tetap mendapatkan keuntungan ya. 

Promosikan Produk

Terakhir, Anda dapat memulai promosi dengan memajang foto-foto produk yang sudah disediakan supplier. Promosikan di media sosial apa saja sesuai kesepakatan. 

Misalnya lewat TikTok, Instagram, Facebook, Website, dan sebagainya. Untuk lebih efektif, akan lebih baik jika Anda mempelajari algoritma masing-masing media sosial tersebut. 

Kemudian, buatkan postingan semenarik mungkin dan usahakan mencantumkan informasi produk sedetail mungkin. Tujuannya, agar konsumen lebih tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. 

Contoh Dropshipper

Berikut KiriminAja sajikan beberapa contoh dropshipper sebagai referensi untuk Anda.

Skincare dan Make Up

Meningkatnya kesadaran masyarakat untuk merawat kulit dan penampilan, membuat pasar skincare dan make up terbuka luas. Bahkan sekarang ada banyak brand lokal yang menawarkan produk berkualitas dan murah.

Sehingga, tidak heran jika Anda menemukan banyak dropshipper yang menjual produk skincare dan make up.

Baju Murah dan Berkualitas

Selain memperhatikan penampilan wajah, kini masyarakat juga banyak yang ingin tampil modis. Apalagi dengan trend korean fashion yang membuat anak mudah ingin menirunya.

Menjawab fenomena tersebut, banyak pelaku bisnis yang menciptakan fashion item yang meniru style korea. Tentunya telah dimodifikasi agar harganya dapat dijangkau, tetapi memiliki kualitas yang baik.

Dengan maraknya pelaku bisnis yang terjun ke korean fashion ini, tentu juga membuka peluang untuk dropshipper.

Sebagai partner dropshipper, reseller, serta berbagai jenis bisnis online, KiriminAja memiliki komitmen untuk membantu Anda memulai bisnis makin maju dan tanpa ragu.

KiriminAja adalah faktor reliable berbagai jenis bisnis online karena berhasil menyediakan sejumlah jasa ekspedisi dengan harga terjangkau. Selain itu, KiriminAja juga memastikan Anda tetap berjalan maju menjalankan bisnis dengan berbagai layanan sekunder.

Anda bisa mengunjungi dashboard KiriminAja untuk melakukan registrasi. Kemudian, Anda akan menemukan berbagai solusi bagi dropshipper untuk mulai maju. 

Anda juga akan menemukan banyak artikel, video kelas diskusi yang membahas informasi seputar dunia bisnis.

Artinya, Anda bisa mewujudkan mimpi bisnis online bersama KiriminAja. Sebab, KiriminAja akan mendukung Anda menciptakan #Cashflowaman, konsumen bertambah, dan Bisnis Jadi Tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.