Tagline Adalah Hal yang Mudah Diingat Tapi Sulit Dilupakan, Ini Detailnya

Ruth
1 tahun lalu
Bisnis
Ciri-ciri tagline adalah

Secara umum, tagline adalah sebuah kalimat singkat dan mudah diingat, bertujuan untuk menaikkan branding sebuah bisnis.

Umumnya, kalimat yang digunakan tersebut berdampingan dengan logo atau simbol lainnya. KiriminAja akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan tagline dan berbagai hal terkait untuk usaha Anda.

Manfaat Tagline Untuk Bisnis Adalah

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda menggunakan sebuah tagline dalam bisnis adalah sebagai berikut;

Merepresentasikan Visi dan Misi Bisnis

Tagline adalah alat bantu Anda untuk merepresentasikan visi misi bisnis yang dijalankan. Ketika Anda memiliki produk untuk makanan bayi, tagline “anak kenyang, ibu senang” tentu menjelaskan tujuan yang ingin dicapai ketika produk dibuat.

Misalnya, tagline perusahaan jasa perawatan kulit adalah “bring back your truly beauty”. Arti kata tagline tersebut sudah cukup menjelaskan maksud utama untuk produk yang ditawarkan.

Pembeda dengan Kompetitor

Beragam produk yang dijual di pasar pasti akan menemui kompetitor. Baik dengan barang atau layanan yang sama jenisnya, atau berseberangan.

Selain sebagai representasi, arti tagline jadi alat pembeda produk/bisnis Anda dengan kompetitor. Dengan menjabarkan tujuan dan ciri khas produk dan layanan Anda, maka tagline akan terasa lebih perkasa dan tak terlupakan.

Menaikkan Branding Produk atau Layanan Jasa yang Ditawarkan

Branding sebuah produk juga bisa dimulai dari sebuah tagline. Dengan memberikan satu kalimat atau beberapa kata penunjang untuk produk Anda, pemasaran dan branding bisa mulai dibangun.

Tagline memiliki kekuatan untuk menjaring calon pelanggan baru. Oleh karena itu, memikirkan tagline sebagai landasan branding adalah hal vital yang wajib dilakukan seorang pebisnis.

Menimbulkan Rasa Penasaran Calon Konsumen

Tagline yang menggelitik akan memancing rasa penasaran calon konsumen. Ditambah dengan logo yang tak biasa, tentu calon konsumen akan merasa makin penasaran.

Dengan pemilihan kata atau kalimat atraktif, tentu tagline akan jadi sebuah ciri khas yang tak bisa dilepaskan dari produk/bisnis Anda.

Ciri-ciri Tagline Adalah

Karena tagline merupakan kalimat singkat padat jelas dan menarik maka ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Jelas dan Singkat

Tagline Anda sebaiknya singkat dan jelas, mudah dicerna oleh pelanggan tanpa perlu berpikir terlalu keras.

Memikat Perasaan

Buatlah tagline yang dapat membangkitkan emosi positif atau merangsang perasaan tertentu pada pelanggan, sehingga mereka merasa terhubung dengan bisnis Anda.

Sederhana Namun Bermakna

Gunakan kata-kata sederhana namun memiliki makna mendalam, sehingga pelanggan dapat langsung mengerti pesan yang ingin Anda sampaikan.

Ringan dan Berenergi

Pilih kata-kata yang memberikan kesan ringan dan penuh energi, menciptakan suasana positif seputar bisnis Anda.

Mudah Diingat

Pastikan tagline mudah diingat, sehingga pelanggan dapat dengan cepat mengingatnya saat memikirkan produk atau layanan Anda.

Cocok dengan Nilai Bisnis

Tagline sebaiknya mencerminkan nilai-nilai dan visi bisnis Anda, menciptakan konsistensi dalam citra merek Anda.

Mengundang Tawa atau Senyum

Jika sesuai dengan karakter bisnis Anda, tagline yang mengandung elemen humor atau keceriaan bisa membuat pelanggan tersenyum dan merasa lebih dekat dengan Anda.

Fungsi Tagline Adalah

Tagline memiliki beberapa fungsi penting yang bisa membuat bisnis Anda makin cemerlang seperti:

Menciptakan Identitas Merek (Branding)

Fungsi tagline membantu membentuk identitas merek Anda. Dengan kata-kata yang tepat, Anda dapat mengkomunikasikan esensi bisnis Anda, nilai-nilai inti, dan apa yang membedakan Anda dari pesaing.

Meningkatkan Kesadaran Merek

Tagline yang kuat dapat membantu meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap merek Anda. Kata-kata yang mudah diingat akan membantu pelanggan mengingat bisnis Anda dengan lebih baik.

Merangsang Perasaan Positif

Fungsi tagline lainnya adalah dapat merangsang perasaan positif pada pelanggan. Jika tagline Anda bisa menggugah emosi atau memberikan kesan positif, pelanggan lebih cenderung merasa terhubung dan memilih produk atau layanan Anda.

Menyampaikan Nilai atau Manfaat Produk

Tagline dapat menyampaikan nilai atau manfaat produk atau layanan Anda secara ringkas. Ini membantu pelanggan memahami apa yang bisa mereka dapatkan dari produk Anda.

Meningkatkan Pengingat

Sebuah tagline yang baik dapat menjadi alat pengingat yang efektif. Ketika pelanggan melihat atau mendengar tagline Anda, mereka dapat segera mengaitkannya dengan merek Anda.

Membantu Dalam Strategi Pemasaran

Tagline dapat menjadi bagian integral dari strategi pemasaran Anda. Dengan memasukkan tagline dalam kampanye pemasaran, iklan, atau materi promosi lainnya, Anda memperkuat pesan bisnis Anda.

Membantu Dalam Diferensiasi

Jika tagline Anda bisa menyoroti keunikan atau perbedaan bisnis Anda, itu dapat membantu Anda membedakan diri dari pesaing dan membuat pelanggan lebih memilih produk atau layanan Anda.

Memberikan Panduan untuk Keputusan Bisnis

Tagline yang baik mencerminkan visi dan nilai-nilai inti perusahaan. Ini dapat digunakan sebagai panduan dalam pengambilan keputusan bisnis, membantu menjaga konsistensi dalam strategi dan operasional bisnis.

Jenis-jenis Tagline Adalah

Berdasarkan jenisnya, tagline dibagi menjadi lima. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Tagline Imperative

Imperative tagline artinya bagaimana mengedepankan kalimat persuasif yang mengajak seseorang untuk melakukan sebuah aksi. Misalnya, kalimat “Just Do It” dari Nike yang cukup terkenal. Tagline tersebut masuk dalam kategori imperative tagline.

Tagline Superlative

Superlative tagline artinya bagaimana mengedepankan keunggulan bisnis yang lebih menantang. Salah satu contoh tagline superlative adalah BMW, ”The Ultimate Driving Machine” atau dari Yamaha “Semakin di Depan.”

Tagline Deskriptif

Seperti namanya, tagline ini berupa penjelasan pada produk atau layanan yang diberikan. Bisa juga penjelasan dan deskripsi tujuan dari produk atau layanan yang diberikan.

Misalkan produk MCI yang punya tagline “better life with MCI” menjelaskan bahwa keberadaan produk ini bisa menjadi salah satu sarana untuk memperbaiki kehidupan Anda.

Tagline Spesifik

Keunggulan dan spesifik adalah hal utama yang diusung pada jenis tagline satu ini. Namun, tetap dalam penjelasan yang netral.

Salah satunya adalah tagline dari permen Relaxa, ”permen wangi ya Relaxa” atau produk Oreo dengan “diputar, dijilat, dicelupin”.

Tagline Provokatif

Jenis tagline satu ini berisi ajakan atau tantangan pada publik agar produk Anda terlihat. Tujuannya adalah memancing reaksi. Misalkan tagline dari Oli Top One, “Oli kamu Top One juga ‘kan?” Contoh tagline perusahaan lainnya dari brand Chitato, “Life is never flat”.

Anda bisa memilih jenis tagline yang paling sesuai dengan produk atau layanan jasa yang sedang dikembangkan.

Memilih tagline yang tepat juga akan menjadi salah satu alasan calon konsumen untuk memilih produk Anda.

Trik dan Cara Membuat Tagline Menarik untuk Bisnis Anda

Di bawah ini terdapat sejumlah trik dan cara membuat tagline yang menarik dan sesuai dengan bisnis Anda.

Tentu saja, trik-trik ini perlu dieksplorasi lebih lanjut agar sesuai dengan karakter produk/bisnis Anda.

Buat dengan Singkat dan Jelas

Tagline harus singkat dan jelas. Biasanya, tagline berisi beberapa kata yang membentuk kalimat.

Misalkan, untuk perusahaan penerbitan, coba gunakan tagline “Mudah, cepat, dan menyenangkan” sebagai deskripsi bahwa bisnis Anda bisa menjadikan seorang penulis lebih produktif karena syarat yang tidak memberatkan.

Tagline di atas merupakan salah satu contoh tagline produk karena sesuai dengan profil perusahaan dan bisnis seperti contohnya dalam penerbitan di atas.

Misalkan untuk produk sepatu dalam negeri, Anda bisa gunakan tagline “Produk lokal kualitas internasional” atau “harga kaki lima kualitas bintang lima” sebagai kekuatan untuk menarik perhatian calon konsumen.

Menyesuaikan Produk dan Layanan yang Ditawarkan

Ketika Anda membuat tagline untuk produk, perhatikan pula harmonisasi dengan bentuk produk dan layanan yang Anda miliki.

Ketika tagline sesuai dengan produk, maka hal ini akan jadi salah satu solusi untuk memudahkan Anda dalam menjelaskan kebaikan dan value produk dengan lebih baik.

Menjabarkan Keunggulan dan Tujuan Bisnis

Tagline yang bisa menjabarkan keunggulan dan tujuan bisnis akan membuat produk Anda semakin mudah melakukan pemasaran.

Tagline akan jadi salah satu kunci yang menaikkan branding dengan lebih cepat.

Misalkan, Yakult memiliki tagline “cintai ususmu, minum Yakult tiap hari” yang mengajak konsumen untuk terus mengkonsumsi produknya.

Tagline Yakult juga menunjukkan bahwa produknya sebagai solusi untuk mencintai tubuh, terutama usus jadi lebih sehat. Nah itu adalah contoh tagline produk terkenal yang sudah jadi top of mind banyak orang.

Mencubit Permasalahan Calon Konsumen

Kehadiran sebuah produk harus bisa mencubit rasa ketertarikan konsumen. Masalah apa yang sudah dilaluinya? Solusi apa yang bisa dibantu dari produk yang Anda tawarkan?

Jika Anda bisa menyentuh kebutuhan calon konsumen tersebut, maka peningkatan permintaan pada produk juga akan semakin tinggi.

Tagline Bersifat Persuasif atau Ajakan

Menyajikan tagline yang bersifat ajakan dan persuasif tentu akan menjadikan produk Anda semakin terlihat menonjol.

Misalkan tagline jamu Sidomuncul yang berbunyi “Orang pintar minum Tolak Angin”. Tagline tersebut jadi isyarat bahwa Tolak Angin tak hanya dikonsumsi oleh masyarakat di desa saja, melainkan juga bisa dinikmati semua kalangan, termasuk masyarakat modern yang pintar dan berintelektual.

Tagline di atas adalah salah satu contoh tagline menarik yang mungkin bisa Anda jadikan inspirasi.

Jujur dan Apa Adanya

Tagline tak hanya harus memenuhi lima persyaratan sebelumnya, tetapi juga harus bisa jujur dan apa adanya.

Tagline tidak overclaim pada produk, sehingga malah berakibat buruk untuk pemasarannya.

Pastikan Anda membuat tagline dan logo yang benar-benar menjabarkan produk dengan kebenaran nyata.

Bekerja Sama Serta Diskusi dengan Berbagai Pihak

Anda bisa berdiskusi atau melakukan brainstorming dengan karyawan, partner kerja, atau konsultan untuk membuat sebuah tagline yang memikat.

Anda juga dapat bekerja sama dengan beberapa pebisnis lainnya untuk bisa bertukar pendapat demi kebaikan usaha Anda. Langkah ini akan membuat pikiran Anda tentang bisnis semakin luas.

Sinkron dengan Logo Perusahaan Anda

Tagline yang baik juga harus bisa disinkronkan dengan banyak elemen bisnis Anda. Salah satu elemen yang perlu sinkron dengan tagline adalah logo perusahaan Anda.

Ketika logo dan tagline saling berpadu, maka proses untuk memperkenalkan produk kepada khalayak akan sangat terbantu.

Meski bukan hal yang harus ada, tetapi keberadaan tagline dalam bisnis Anda akan menjadi sebuah langkah lain yang bisa memperkenalkan produk lebih luas.

Tagline yang langsung menyoroti keunggulan produk atau layanan jasa tentu akan jadi pertimbangan calon konsumen untuk melirik bisnis Anda dibandingkan kompetitor.

Biar lebih unggul, coba deh daftar gratis di Dashboard KiriminAja buat merasakan banyaknya keunggulan mulai dari manajemen order hingga penjemputan paket dan dana COD cair cepat.

Gabung dan rasakan #CAshflowAman dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Ruth
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.