Biaya Peluang Adalah Indikator Kekuatan Anda Pada Peluang Bisnis Baru

Pamungkas
1 tahun lalu
Keuangan
Contoh biaya peluang

Biaya peluang adalah potensi manfaat yang dilewatkan oleh individu, investor, atau bisnis ketika memilih satu keputusan dan mengabaikan keputusan yang lain. 

Ilustrasinya begini; ketika Anda dihadapkan pada dua pilihan bisnis yang berbeda, tentunya Anda harus memilih salah satunya. Otomatis bisnis lain tak bisa dijalankan. Dalam ekonomi hal ini disebut sebagai biaya peluang.

Setiap pebisnis yang akan menjalankan usaha akan dihadapkan pada beberapa pilihan. Maka dari itu mereka harus memilih bisnis mana yang lebih rasional dan memberikan keuntungan.

Sebagai seorang pebisnis apalagi dalam dunia digital seperti sekarang ini, mengenal biaya peluang adalah hal yang sangat disarankan.

Untuk lebih memahaminya lebih dalam mari kita bahas bersama-sama mengenai apa pengertian biaya peluang hingga contohnya di bawah ini.

Pengertian dan Konsep Biaya Peluang

Konsep biaya peluang ini muncul karena seseorang atau bisnis maupun institusi tidak bisa menjalankan semua pilihan atau alternatif yang dihadapinya dalam satu waktu. Mereka harus memilih salah satu jenis bisnis yang dirasa masuk akal.

Maka dari itu muncullah istilah biaya peluang atau opportunity cost. Biaya peluang sendiri adalah biaya yang timbul karena memilih sebuah peluang terbaik dari beberapa pilihan yang ada.

Ketika seseorang berhadapan dengan beberapa pilihan tersebut dan memilih satu maka alternatif lain yang tidak terpilih itu menjadi peluang.

Disebut begini sebab menjadi salah satu pilihan ekonomi yang menggunakan sumber daya terbatas atau langka dengan cara tertentu.

Menurut beberapa ahli biaya peluang memiliki pengertian seperti biaya penggunaan sumber daya ekonomi dengan sumber daya ekonomi guna melakukan tujuan tertentu. Hal ini diukur dari keuntungan yang tak jadi diperoleh.

Dengan kata lain, biaya peluang adalah biaya yang muncul karena hilangnya kesempatan seseorang akibat memenuhi kebutuhan lain.

Ciri-ciri Biaya Peluang

Biaya peluang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Nilai terbaik dari alternatif yang tak dipilih ketika membuat keputusan
  • Pilihan yang dihadapi berbeda satu sama lainnya
  • Membuat keputusan informatif sebab mempertimbangkan potensi manfaat dari setiap alternatif
  • Fokus pada potensi manfaat dan biaya alternatif
  • Diterapkan dalam sebuah keputusan ekonomi atau bisnis

Dari ciri-ciri di atas kita bisa melihat jika biaya peluang juga memberikan informasi mengenai setiap potensi manfaat dari alternatif yang ada. 

Maka dari itu pengambilan keputusan didasarkan pada potensi paling masuk akal.

Biaya Peluang Adalah Awal Evaluasi Bisnis

Meskipun biaya peluang ini muncul karena meninggalkan alternatif lain tetap saja mempunyai beberapa manfaat yang bisa dirasakan sebagai berikut:

  • Membantu membuat keputusan yang informatif karena mempertimbangkan potensi manfaat dan biaya dari tiap alternatif.
  • Meningkatkan efisiensi karena menimbulkan keputusan yang dirasa sebagai hal terbaik dan memastikan jika sumber daya terbatas digunakan secara efektif.
  • Dapat memberikan peningkatan hasil yang lebih baik dari sebelumnya.
  • Membuat proses keputusan menjadi lebih transparan dengan memperlihatkan potensi biaya yang ada.
  • Dapat membantu mengatasi konflik dan membuat individu atau bisnis memilih keputusan terbaik.

Rumus Biaya Peluang

Bagaimana menghitung potensi keuntungan yang sebenarnya masih bersifat perkiraan atau belum terdefinisi dengan tepat? Untuk menjawab itu, Anda perlu tahu rumus biaya peluang.

Rumus biaya peluang adalah:

Biaya Peluang = Harga alternatif terbaik yang ditinggalkan – harga alternatif yang dipilih

Keterangan:

  • Harga alternatif yang ditinggalkan: nilai terbaik dari alternatif yang tak terpilih atau ditinggalkan saat membuat keputusan
  • Harga alternatif yang dipilih: harga atau nilai dari alternatif yang dipilih saat membuat keputusan.

Rumus di atas mengacu pada perbedaan antara nilai terbaik tak dipilih dengan nilai dari alternatif yang dipilih. Semakin besar adanya selisih antara dua hal tersebut maka semakin besar biaya peluang yang terkait.

Cara Menghitung Biaya Peluang

Berikut adalah langkah dan cara menghitung biaya peluang:

  • Identifikasi alternatif: Identifikasi semua alternatif yang tersedia dan pilih alternatif yang akan dianalisis.
  • Tentukan harga alternatif terbaik yang ditinggalkan: Tentukan nilai terbaik dari alternatif yang tidak dipilih atau ditinggalkan.
  • Tentukan harga alternatif yang dipilih: Tentukan harga dari alternatif yang dipilih.
  • Hitung perbedaan harga: Hitung perbedaan antara harga alternatif terbaik yang ditinggalkan dan harga alternatif yang dipilih.
  • Tafsirkan hasil: Biaya peluang adalah perbedaan antara harga alternatif terbaik yang ditinggalkan dan harga alternatif yang dipilih. Semakin besar perbedaan antara kedua harga ini, semakin besar biaya peluang yang terkait dengan pilihan tersebut.

Contoh Biaya Peluang

Misalnya, Anda memiliki biaya yang cukup banyak dan berhadap dengan dua pilihan yaitu investasi atau untuk modal bisnis.

Bisa kita bayangkan misalnya jika memilih investasi Anda akan memperoleh 15% keuntungan per tahun. Jika memilih untuk modal bisnis akan mendapatkan keuntungan 10% per tahun.

Lalu Anda memilih untuk menggunakannya menjadi modal bisnis, dari rumus yang ditulis sebelumnya maka perhitungannya seperti ini:

Biaya peluang = Alternatif tak dipilih – alternatif dipilih

= 15% - 10%

= 5%

Jadi,biaya peluangnya adalah 5%. Angka ini menunjukkan bahwa Anda meninggalkan selisih 5% karena menggunakannya untuk modal bisnis.

Hindari Biaya Peluang dengan Memakai KiriminAja

Tahu kan, bagaimana sulitnya mengelola bisnis online? Mulai dari memastikan produk yang dijual berkualitas, menarik minat pelanggan, sampai mengatur pengiriman paket yang tepat waktu dan hemat biaya.

Tidak heran jika banyak dari kita yang merasa stres dan pusing kepala sehingga membuat operasional bisnis tidak terurus. Padahal sebagai business owner, Anda tidak bisa terus-terusan memegang operasional bisnis.

Karenanya, banyak business owner yang mentok di situ-situ saja karena tidak punya waktu untuk investasi atau melebarkan sayap bisnis barunya

Tapi, tenang saja. KiriminAja hadir untuk memudahkan aktivitas bisnis online Anda. 

Dengan platform manajemen jasa pengiriman paket satu pintu, Anda tidak perlu lagi khawatir tentang biaya yang tidak transparan, atau layanan yang kurang memuaskan. 

KiriminAja memberikan pelayanan prima dengan biaya yang hemat dan transparan. Sehingga, kamu dapat mencapai kondisi finansial yang sehat dari waktu ke waktu.

Bayangkan, dengan menggunakan KiriminAja, Anda dapat menghitung biaya dan pendapatan dari aktivitas manajemen yang mudah dan transparan. 

Artinya, Anda bisa mengelola anggaran dengan lebih baik, menjaga #CashFlowAman, dan memperoleh keuntungan yang lebih besar, sehingga bisnis jadi tenang.

Tunggu apa lagi?! Yuk, jangan sampai ketinggalan. Klik dashboard KiriminAja sekarang juga untuk bergabung dengan 200.000++ online seller yang optimis pada kemajuan bisnisnya. 

Sebab, jika Anda melewatkan Kirin Aja saat ini maka biaya peluang adalah hal besar yang mengubah operasional bisnis.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.