Bingung Mau Buka Bisnis Apa di Bulan Puasa? Mulai Jualan Jilbab, Yuk

Danusantoso
1 tahun lalu
cara-memulai-usaha-jualan-jilbab

Bisnis jualan jilbab di Indonesia cukup menjanjikan karena mayoritas masyarakatnya beragama Islam. Jadi, banyak yang menggunakan jilbab dalam keseharian.

Apalagi, menjelang bulan Ramadhan pasti permintaannya semakin meningkat. Sebab, di bulan penuh berkah ini biasanya orang-orang akan berpakaian lebih sopan untuk memaksimalkan ibadah puasa mereka.

Selain itu, saat Lebaran biasanya masyarakat akan berpenampilan semenarik mungkin. Oleh karenanya, permintaan akan fashion item semakin meningkat.

Jilbab juga menjadi salah satu fashion item yang banyak dicari menjelang Lebaran. Artinya, permintaannya pun akan meningkat drastis selama bulan puasa.

Peluang ini dapat Anda manfaatkan untuk memulai usaha baru lho. Apalagi, bisnis ini juga memiliki peluang untuk dilanjutkan setelah bulan Ramadhan usai.

Untuk memulai bisnis, KiriminAja akan kasih tahu apa saja sih langkah untuk memulai bisnis jilbab. Akan tetapi, kita pelajari dulu faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis jilbab.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Bisnis Jilbab

Berikut beberapa hal yang penting untuk diperhatikan agar bisnis jilbab yang Anda mulai bisa sukses:

Persaingan Pasar

Tidak dipungkiri bahwa bisnis jilbab cukup kompetitif. Oleh karenanya, Anda perlu menyusun strategi bisnis secara optimal agar mampu bersaing di pasar.

Kualitas Produk

Produk dengan kualitas baik dapat membuat pelanggan percaya dan berlangganan. Selain itu, juga dapat menjadikan reputasi merek Anda baik dan peluang penjualan pun semakin banyak.

Inovasi Produk

Inovasi diperlukan agar produk Anda memiliki keunikan dibandingkan kompetitor. Sehingga konsumen lebih tertarik membeli produk Anda.

Harga yang Kompetitif

Harga juga menjadi salah satu pertimbangan konsumen untuk membeli jilbab. Atur strategi semaksimal mungkin agar harga produk Anda masih terjangkau.

Pemasaran yang Efektif

Pemasaran menjadi hal penting yang perlu dilakukan agar bisnis Anda dikenal serta mampu menjangkau target pasar. Tanpa pemasaran, produk Anda tidak akan ditemukan oleh konsumen.

Langkah-langkah Memulai Bisnis Jilbab di Bulan Ramadhan

Memulai bisnis perlu dilakukan dengan langkah yang tepat agar berjalan dengan optimal. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk memulai bisnis jilbab:

Melakukan Riset Pasar

Riset pasar perlu dilakukan untuk mengetahui kebutuhan dan tren yang sedang berkembang di pasar. Hal ini dapat membantu dalam menentukan jenis jilbab yang akan dijual dan sasaran pasarnya.

Selain itu, riset pasar juga berguna untuk mempelajari iklim bisnis serupa. Jadi Anda dapat membuat produk menarik yang berbeda dengan kompetitor.

Mempelajari Jenis Jilbab

Terdapat berbagai jenis jilbab seperti pashmina, segi empat, instan, dan lainnya. Anda dapat menawarkan jilbab yang beragam agar pelanggan memiliki pilihan yang bervariasi.

Mencari Supplier Bahan

Bahan akan menentukan kualitas jilbab Anda. Carilah supplier yang memberikan bahan dengan kualitas baik, tetapi harganya terjangkau. 

Sehingga Anda dapat memproduksi jilbab dengan kualitas baik dan memberikan penawaran harga yang terjangkau kepada pelanggan.

Produksi Jilbab

Selanjutnya, Anda dapat memproduksi jlbab dengan prosedur yang ditetapkan. Pastikan proses produksi berjalan dengan baik agar produk yang dihasilkan berkualitas.

Selain itu, proses produksi harus selalu dipantau agar kualitas jilbab yang dihasilkan tidak menurun.

Menetapkan Harga Jual

Harga jual ditetapkan dengan menghitung harga bahan baku, biaya produksi, dan margin keuntungan yang diinginkan. Pastikan harga tersebut dapat bersaing di pasar ya.

Susun Manajemen Distribusi

Pendistribusian produk dapat melalui toko online, toko offline, atau bahkan keduanya. Hal yang perlu Anda perhatikan di bagian ini adalah metode pengiriman produk.

Pastikan  produk jilbab sampai di tangan konsumen dengan kondisi baik dan waktu yang tepat. Untuk itu, Anda perlu menawarkan berbagai ekspedisi sehingga konsumen memiliki pilihan yang sesuai kebutuhan.

Kabar baiknya, untuk layanan prima seperti itu Anda tidak perlu effort banyak. cukup daftarkan bisnis secara gratis di dashboard KiriminAja.

Dengan begitu, Anda akan melakukan manajemen logistik dan kurir bersama aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Buat Brand

Pembuatan brand perlu dilakukan agar produk Anda memiliki identitas dan mudah dikenal konsumen. Buatlah nama brand yang menarik dan mudah diingat.

Selain itu, Anda juga perlu merancang strategi untuk membangun brand awareness agar merek dikenal dan mendatangkan penjualan.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran bertujuan agar produk dapat laku di pasaran. Anda dapat memanfaatkan media sosial sebagai platform untuk mempromosikan produk.

Promosi produk secara digital dinilai lebih efektif menjangkau pasar yang luas. Selain itu, biaya dan tenaga kerja yang diperlukan juga tidak banyak.

Menyiapkan Sistem Administrasi dan Manajemen

Siapkan sistem administrasi dan manajemen yang baik, seperti sistem akuntansi, sistem inventarisasi, dan manajemen keuangan untuk memudahkan pengelolaan bisnis.

Mulai Bisnis

Setelah semua persiapan di atas dilakukan, mulailah menjual jilbab dan berikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. 

Mulailah bisnis tanpa ragu karena KiriminAja dapat membantu Anda mengatur margin profit, menjaga cash flow tetap aman, fokus menjangkau konsumen, sehingga bisnis jadi tenang.

Peluang Menarik Bisnis Jilbab

Sebenarnya bisnis jilbab tidak hanya sekadar memproduksi dan menjualnya saja lho. Ada berbagai peluang bisnis lain yang dapat Anda coba. Atau Anda juga dapat mengkombinasikannya.

Berikut beberapa peluang bisnis jilbab untuk Anda:

  • Membuka toko fisik
  • Membuka toko online
  • Membuat brand sendiri
  • Menawarkan jasa pemakaian jilbab riasan
  • Menawarkan jilbab dengan bahan ramah lingkungan
  • Menjadi reseller atau dropshipper jilbab dari berbagai brand

Itu dia pembahasan terkait bisnis jilbab yang dapat KiriminAja rangkum. Semoga bermanfaat dan dapat memotivasi Anda untuk memulai bisnis ya.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.