Panduan Bisnis Minuman Tradisional demi Finansial Sehat Jiwa Raga

Danusantoso
1 tahun lalu
Contoh minuman tradisional

Bisnis minuman tradisional adalah salah satu ide usaha kuliner yang dapat Anda coba untuk mencari peruntungan agar lebih disayang calon mertua.

Meskipun terdengar kuni, tetapi minuman tradisional banyak diminati karena keunikan rasanya dan biasanya memiliki manfaat khusus.

Nah, buat Anda yang tertarik untuk memulai bisnis minuman tradisional ini, wajib banget simak artikel ini sampai akhir.

Sebenarnya Apa Sih Minuman Tradisional Itu?

Minuman tradisional adalah minuman yang biasanya dibuat dengan bahan-bahan alami dan resep turun temurun dari nenek moyang. 

Minuman tradisional ini biasanya berasal dari daerah atau negara tertentu, dan memiliki ciri khas dan manfaat masing-masing.

Selain itu, minuman tradisional juga biasanya memiliki rasa yang khas dan menjadi bagian penting dari budaya atau tradisi masyarakat setempat.

Tips Memulai Bisnis Minuman Tradisional

Bisnis minuman tradisional dapat menjadi peluang usaha yang menarik karena minuman tradisional memiliki daya tarik tersendiri di kalangan konsumen yang ingin mencoba pengalaman dan cita rasa baru. 

Selain itu, minuman tradisional juga memiliki nilai historis dan budaya yang tinggi, sehingga dapat menjadi bagian dari promosi wisata kuliner.

Berikut beberapa tips dari KiriminAja untuk memulai bisnis minuman tradisional:

  • Pilihlah jenis minuman tradisional yang populer dan memiliki permintaan yang tinggi di daerah Anda.
  • Buat resep minuman tradisional yang berkualitas dan bahan-bahan yang segar serta halal. Gunakan bahan-bahan yang berkualitas untuk memastikan cita rasa yang baik dan konsistensi produk.
  • Berikan nilai tambah pada minuman tradisional Anda, seperti tambahkan bahan-bahan yang tidak biasa atau menawarkan variasi rasa yang berbeda untuk menarik pelanggan.
  • Berikan pelayanan yang baik dan ramah kepada pelanggan, sehingga mereka merasa senang dan ingin kembali membeli produk Anda.
  • Promosikan bisnis Anda secara online dengan membuat akun media sosial dan website agar mudah ditemukan oleh konsumen potensial.
  • Ciptakan kemasan yang menarik dan unik untuk produk Anda agar dapat menarik perhatian konsumen di toko atau online store.

Apa Saja Minuman Tradisional yang Banyak Diminati?

Sebelum memulai bisnis minuman tradisional, alangkah lebih baik jika Anda mempelajari berbagai jenis minuman tradisional. Sehingga, Anda dapat menentukan mau menjual apa.

Berikut KiriminAja kasih contoh beberapa minuman tradisional yang masih banyak diminati hingga sekarang:

Jamu

Minuman tradisional ini pasti sudah tidak asing lagi kan. Minuman yang terbuat dari aneka rempah ini masih banyak diminati karena khasiatnya.

Biasanya, jamu terbuat dari tumbuhan obat-obatan seperti temulawak, kunyit asam, kencur, brantawali, jahe, dan sebagainya.

Selain dapat dijual dalam bentuk seduhan, Anda juga bisa menjual jamu instan dalam bentuk bubuk atau jamu godogan.

Dengan demikian, Anda dapat menjualnya secara online agar jangkauan pasar semakin luas dan tentunya menambah penghasilan.

Wedang Uwuh

Selain jamu, wedah uwuh juga merupakan minuman tradisional yang banyak diminati karena rasanya yang khas. Selain itu, juga memiliki khasiat seperti untuk menghangatkan badan, mengurangi kolesterol, menghilangkan rasa pegal dan capek.

Minuman yang memiliki arti “wedang sampah” ini terbuat dari berbagai herbal kering. Karena terlihat seperti sampah yang diseduh, makannya dinamakan wedang uwuh/sampah.

Adapun bahan-bahan untuk membuat wedang uwuh seperti cengkeh, kayu manis, jahe, kayu secang, gula batu, sereh, kapologo, dan pala.

Wedang uwuh dapat Anda jual dalam bentuk kemasan instan. Sehingga, Anda juga dapat menjualnya secara online agar lebih fleksibel.

Wedang Jahe

Wedang jahe merupakan minuman hangat yang terbuat dari jahe, gula merah, dan air. Minuman tradisional ini memiliki beragam khasiat, seperti mengurangi mual, mengobati flu, mengurangi reaksi alergi, menurunkan berat badan, dan lainnya.

Wedang Jahe dapat Anda jual dalam bentuk kemasan sachet atau botol agar mudah disajikan dan dikonsumsi.

Bir Pletok

Meskipun namanya bir, tetapi minuman tradisional khas Betawi ini halal lho. Sebab, minuman ini terbuat dari aneka rempah yang memiliki aneka khasiat, terutama untuk menghangatkan tubuh.

Bir pletok dapat menjadi alternatif bisnis minuman tradisional karena rasanya yang unik dan tahan cukup lama. Sehingga, Anda juga dapat mendistribusikannya lebih luas.

Anda dapat menjualnya dalam kemasan yang lebih menarik dan kekinian agar lebih diminati konsumen. Misalnya, Anda dapat menggunakan botol dengan bentuk mengikuti tren yang sedang berkembang.

Hanya saja, ada sejumlah prinsip utama yang harus Anda perhatikan saat memulai bisnis kuliner. Karena pada dasarnya, memulai bisnis kuliner memiliki risiko produk basi.

Karena itulah, Anda juga harus paham bagaimana trik memulai bisnis kuliner. Oleh sebab itu, KiriminAja berikan panduan khusus agar Anda bisa berbisnis kuliner dengan baik, berkembang, dan sukses.

Sedangkan untuk aktivitas marketingnya, kami sudah menyiapkan panduan membuat iklan produk minuman sehat untuk Anda.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan strategi menjangkau pasar yang lebih luas. Di situlah peran KiriminAja mendukung Anda.

KiriminAja memungkinkan Anda memilih sejumlah layanan kirim paket dengan berbagai pilihan yang sesuai kebutuhan.

Bahkan, Anda juga bisa dapat layanan COD Advance. Layanan COD Advance ini bikin Anda bisa mencairkan dana COD saat paket masih dalam proses pengiriman.

Dengan begitu Anda untuk menjaga cash flow tetap aman, fokus pada penjangkauan konsumen baru, dan menjaga kestabilan bisnis Anda.

Kabar baiknya lagi, KiriminAja juga punya banyak manfaat ekstra yang membuat aktivitas kirim paket jadi jauh lebih praktis, sambil tetap menjaga #CashFlowAman, demi bisnis jadi tenang. 

Kabar baiknya, Anda tak memerlukan banyak effort untuk mendapatkan layanan prima semacam itu, cukup daftar gratis saja di dashboard KiriminAja maka semua keuntungan akan Anda dapatkan.

Segera yuk gabung bareng kami KiriminAja di tahun ini demi #CashflowAman dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.