Yuk, Manfaatkan Momen Mudik Lebaran dengan Ide Usaha Oleh-oleh Khas Daerah Anda

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
ide-usaha-oleh-oleh-khas-daerah

Momen mudik lebaran merupakan waktu yang tepat untuk memulai usaha oleh-oleh khas daerah. Orang-orang biasanya akan pulang kampung untuk merayakan lebaran dan tak jarang bahkan sering membawa oleh-oleh bagi keluarga dan kerabat.

Oleh-oleh ini seringkali identik dengan makanan yang jarang bisa ditemukan di kota-kota besar. Jika Anda bingung ingin memulai usaha atau bisnis apa ketika menjelang lebaran, maka ini adalah kesempatan emas untuk memulainya dengan berjualan makanan oleh-oleh  khas daerah.

Ada banyak makanan oleh-oleh khas daerah yang bisa Anda jual kepada para konsumen. Namun, hanya beberapa jenis oleh-oleh saja yang sering laku karena terkenal. Maka dari itu, ada baiknya Anda menyimak usaha makanan oleh-oleh apa saja yang cocok, seperti di bawah ini.

Usaha Oleh-oleh Makanan Khas Daerah untuk Bisnis Saat Mudik Lebaran

Berbagai jenis makanan khas daerah bisa dijadikan oleh-oleh yang dibawa pembeli untuk diberikan ke kerabat atau anggota keluarga. Namun, Anda sebagai pebisnis perlu mengetahui apa saja oleh-oleh khas daerah yang terkenal dan banyak digemari.

Tujuannya adalah untuk menarik minat konsumen dan tentunyak mensukseskan bisnis oleh-oleh khas daerah Anda supaya penjualan meningkat dan profit melimpah.

Berikut ini adalah ide usaha oleh-oleh makanan khas daerah yang bisa Anda coba pasarkan:

Bika Ambon

Bika Ambon merupakan salah satu oleh-oleh khas daerah yang terkenal, khususnya di Medan. Meski tersedia di beberapa kota, kue asli Medan memiliki rasa yang jauh lebih autentik dan unik.

Kue berwarna kuning dengan lubang kecil ini kini memiliki banyak varian rasa seperti pandan, mocca, atau keju. Harganya pun terjangkau sekitar Rp35.000 hingga Rp79.000 per kotaknya.

Pilihan rasa yang berbeda ini bisa jadi daya tarik tersendiri, dan bisa dijadikan sebagai experience baru dalam mencoba makanan daerah lain.

Jadi, bagi Anda yang ingin memanfaatkan momen lebaran dan mudik, Bika Ambon bisa jadi pilihan yang tepat untuk dijual sebagai oleh-oleh khas daerah.

Pempek Palembang

Peluang bisnis oleh-oleh khas daerah lainnya adalah pempek, makanan khas dari Palembang. Siapa yang tak kenal dengan makanan satu ini ‘kan?

Meskipun banyak ditemukan di tempat lain seperti kota-kota di Pulau Jawa, pempek asli Palembang lebih memiliki citarasa khas dan sulit ditiru oleh daerah lain karena resep rahasianya. Ini menjadi poin unik dan alasan yang cocok kenapa Anda harus mencoba menjualnya.

Rasa yang enak dan bentuk serta isian yang bermacam-macam akan membuka peluang besar untuk pelanggan membeli produk Anda satu ini. Banyaknya pilihan akan membuat konsumen semakin ingin mencoba semua variannya.

Maka dari itu, pempek ini sangat cocok dijadikan sebagai usaha oleh-oleh khas daerah menjelang lebaran.

Bakpia Pathok Yogyakarta

Oleh-oleh khas daerah lainnya yang terkenal adalah Bakpia pathok, sebuah camilan yang sangat populer di Indonesia dan pasti menjadi salah satu hal yang ingin dibawa pulang setelah libur masalah lebaran dari Yogyakarta oleh para konsumen.

Walaupun saat ini sudah banyak jenis oleh-oleh modern dari Jogja, bakpia pathok tetap menjadi yang paling terkenal dan dicari.

Rasanya yang lezat dan beragam, mulai dari rasa original hingga rasa kacang hijau, coklat, atau keju, membuat bakpia pathok sangat digemari oleh banyak orang.

Di Yogyakarta, Anda bisa menemukan banyak produsen bakpia pathok. Dengan begitu, Anda dapat memilih bakpia pathok dari produsen mana yang ingin dicoba dan dijual ke konsumen.

Pie Susu Bali

Salah satu oleh-oleh khas daerah lainnya adalah pie susu yang berasal dari Bali. Kue khas ini memiliki rasa yang sangat unik dan terkenal baik di Bali maupun di daerah lain di Indonesia.

Pie susu Bali memiliki kulit yang gurih dan renyah, dan di dalamnya terdapat saus yang manis serta lezat. Jika Anda menjual produk ini sebagai oleh-oleh khas daerah maka semua orang pasti akan menyukainya.

Anda bisa memanfaatkan kepopuleran pie susu bali ini sebagai peluang bisnis yang menjanjikan saat lebaran tiba. Dijamin, orang-orang akan mencintai kue ini dan tentunya akan memberikan banyak peluang bisnis besar bagi Anda.

Lumpia Semarang

Siapa yang tak pernah mendengar makanan khas daerah satu ini? Lumpia semarang terkenal dengan rasanya sedap dan lezat serta ukurannya yang cukup besar.

Banyak orang gemar dengan makanan ini karena memang rasanya yang unik dan enak. Sebagai pebisnis, Anda bisa memanfaatkan hal ini sebagai peluang usaha oleh-oleh khas daerah yang menjanjikan dan bikin cepat balik modal.

Lumpia semarang dan beberapa makanan khas di atas tentunya bisa jadi peluang bisnis yang besar bagi Anda. Namun jangan lupa, ketika menjelang lebaran, konsumen cenderung ingin produk yang dibelinya secara online sampai dengan cepat.

Maka dari itu Anda harus menggunakan strategi pengiriman yang membuat bisnis tetap menarik dan terpercaya di mata konsumen.

Untuk hal tersebut, Anda bisa memberikan layanan logistik dengan harga hemat dengan kualitas pengiriman reliable, cepat, tepat, dan aman.

Hal tersebut bisa diwujudkan dengan KiriminAja yang juga memungkinkan Anda memiliki online store dengan kebebasan mengatur margin keuntungan dan manajemen produk secara praktis.

Iya, KiriminAja membuat Anda mampu mengatur margin profit dengan bebas sehingga menjaga cash flow tetap aman dan bisa fokus menjangkau konsumen baru. Dengan begini Anda pun akan tenang dalam berbisnis.

Kabar baik lainnya, untuk mendapatkan berbagai layanan prima tersebut, Anda tidak perlu effort yang banyak. Anda hanya perlu mendaftar gratis di dashboard KiriminAja.

Yuk, KiriminAja sudah siap untuk Anda jadi partner usaha oleh-oleh khas daerah milik Anda di tahun ini demi #CashFlowAman dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.