Pengertian Blog dan Fungsinya untuk Bisnis. Bisa Bikin Usaha Online Makin Dikenal, lho!

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
manfaat blog

Blog mungkin terdengar agak kuno sekarang ini, namun jangan salah ternyata dengan blog bisa memaksimalkan bisnis yang sedang dijalani lho. Blog adalah media online berisi berbagai macam konten mulai dari artikel, video, foto, dan sebagainya.

Pemilik blog disebut dengan blogger. Nah, dengan konten-konten yang dibuat dari blogger dan diletakkan di blognya, Anda bisa mempromosikan bisnis. Brand bisnis Anda akan dipromosikan melalui tulisan, video, dan bentuk konten lainnya.

Dalam konteks digital marketing, blog ternyata masih banyak digemari karena fungsinya yang beragam seperti untuk catatan pribadi, media promosi, atau menaikkan integritas website bisnis Anda.

Sebelum memulai hal di atas, ada baiknya Anda memahami apa itu blog, apa saja fungsinya serta jenis dan contohnya pada penjelasan dalam artikel di bawah ini.

Pengertian dan Definisi Blog

Seperti yang sudah disinggung di atas, blog merupakan media online yang berisi berbagai macam konten mulai dari artikel, konten audio visual seperti video dan foto juga hal lainnya yang diolah blogger dan beberapa penulis secara bersamaan.

Di dalam blog biasanya ditampilkan fokus-fokus tertentu sebuah bidang seperti finance, lifestyle, kesehatan, review produk dan semacamnya. Yang ada baca saat ini termasuk di dalam blog atau website.

Tidak hanya berfungsi untuk keperluan pribadi saja, blog juga bisa bermanfaat untuk bisnis misalnya branding, publikasi dan promosi produk.

Jadi sudah jelas kan bahwa blog bisa menjadi alat jitu dalam mensukseskan bisnis Anda melalui promosi dan branding yang ada di dalamnya.

Apa Fungsi Blog?

Blog tidak bisa dipandang remeh dan sebelah mata sebab memiliki fungsi yang bisa mendatangkan manfaat serta keuntungan bagi penggunanya. Anda bisa menggunakan blog dengan melihat apa saja fungsinya di bawah ini:

Sarana untuk Publikasi

Fungsi pertama yang paling jelas dari blog adalah untuk sarana publikasi. Anda bisa menuliskan berbagai macam hal di sini dan menumpahkan berbagai macam kreativitas.

Selain itu, jika Anda memiliki bisnis, blog bisa berfungsi untuk menjadi sarana informasi kegiatan, promosi, keterangan produk, rilis produk baru dan lain sebagainya. Blog juga bisa membuat bisnis Anda tetap eksis.

Salah satu cara agar publikasi makin visible adalah dengan membuat judul yang menarik. Bagaimana cara membuat judul blog yang menarik? Klik link tersebut untuk pembahasan lengkapnya.

Portofolio Online Bisnis

Fungsi lain dari blog adalah sebagai portofolio bisnis Anda. Bagi bisnis online, portofolio ini sangat penting karena bisa menjadi informasi untuk para pelanggan mengenai katalog produk atau profil bisnis Anda. Apa sih portofolio itu? Kalau belum tahu, Anda bisa simak pengertian portofolio produk di sini.

Media untuk Branding Produk Maupun Bisnis

Kita sudah mengetahui jika blog bisa digunakan sebagai branding dan itulah fungsi penting lainnya dari blog. Dengan menulis artikel bertopik tertentu yang bersinggungan dengan produk bisnis Anda, ini akan membuat brand bisnis bakal makin dikenal di kalangan konsumen.

Untuk Promosi Produk dan Jasa

Blog bisa berisi apapun maka dari itu Anda bisa menggunakannya sebagai media promosi untuk produk dan jasa yang ditawarkan bisnis Anda.

Anda bisa mempromosikan produk dengan manfaat positif terhadap konsumen. Caranya adalah dengan menulis artikel yang berkaitan dengan produk lalu dihubungkan dengan produk secara langsung.

Maka dari itu, blog cukup ampuh untuk membuat konsumen tertarik dan mengecek produk Anda dengan link yang sudah tertera di artikel.

Jenis-jenis Blog

Ada beberapa jenis blog yang bisa Anda gunakan, berikut adalah jenis-jenisnya:

Blog Pribadi

Jenis blog ini lebih mengacu pada kehidupan seseorang secara pribadi. Penulisnya biasa disebut sebagai blogger. Umumnya terdapat konten seperti certia pengalaman sehari-hari, review film, artikel, foto dan video yang bersangkutan dengan minat penulisnya.

Niche Blog

Ini adalah jenis blog yang digolongkan berdasarkan topik khusus. Beberapa contoh niche blog adalah seperti blog perjalanan, lifestyle, kuliner, otomotif, teknologi, dan sebagainya. Blog jenis ini biasanya memuat konten yang sesuai dengan niche atau topik yang sudah ditentukan di awal.

Blog Bisnis

Jenis ini mengacu pada situs web sebuah bisnis atau perusahaan tertentu. Dibuat dengan tujuan untuk membuat konsumen tertarik dan menaruh perhatian pada blog ini. Blog bisnis biasanya memuat artikel untuk jualan baik secara soft selling maupun hard selling.

Struktur Blog Secara Umum

Blog tentunya memiliki struktur tersendiri, berikut ini adalah struktur dalam blog:

Header

Bagian yang berisi judul, deskripsi, dan menu blog.

Navigation Bar

Berupa menu yang bertujuan membantu pengunjung untuk menjelajahi blog. 

Main Blog

Ini adalah tempat postingan blog Anda berada. Ada sub-struktur seperti judul, tanggal, nama penulis, kolom komentar, dan sejenisnya.

Sidebar

Merupakan sisi samping dan memuat macam-macam rekomendasi artikel, iklan, atau informasi tambahan lainnya.

Footer

Berada pada bagian bawah blog dan memuat informasi mengenai penulis, kontak, subscription, dan alamat email.

Contoh Blog yang Bisa Anda Tiru

Banyak contoh blog yang bisa Anda temukan salah satunya adalah Minimalist Baker yang termasuk ke dalam Food Blogger. Ini berisi macam-macam informasi mengenai makanan, restoran dan sejenisnya. Ada pula website pribadi Christopher Lee yang berisi porto desain grafis.

Tentu saja, contoh 2 blogger dan blognya tersebut sudah melalui banyak rintangan serta menjalankan berbagai strategi untuk meningkatkan traffic pengunjung. Jadi, saat bisnis ingin melakukan promosi di blog, sudah memiliki keyakinan akan dibaca banyak orang.

Untuk itulah, Anda juga perlu memahami bahwa blog bisa menjadi strategi marketing yang cukup jitu jika trafficnya tinggi dan bisa mengundang banyak pengunjung. Traffic tinggi akan membuat bisnis Anda yang tercantum dalam blog bisa dilihat dan dicari banyak orang.

Untuk mewujudkan hal tersebut, seorang blogger perlu langkah penting dan efektif untuk menarik traffic pengunjung ke situs blog agar makin ramai dan dikenal banyak orang. Anda, sebagai orang yang akan memakai jasa blogger dan blog, juga perlu membaca uraian di tautan tersebut untuk mengevaluasi sebuah blog sebelum memakai jasanya. 

Dengan membaca uraian di tautan di atas, Anda akan bisa membayangkan bagaimana blog akan digunakan dalam bisnis yang sedang dijalani. Tak cukup sampai di situ Anda bisa menggunakan cara lain untuk meningkatkan keuntungan bisnis.

Misalnya dengan memberikan layanan logistik harga murah namun kualitas pengiriman tetap reliable. Anda bisa mewujudkannya di dashboard KiriminAja karena banyak kelebihan seperti atur margin profit bebas dan manajemen produk praktis.

Jadi, Anda bisa memasukkan informasi tersebut ke dalam blog, tapi jangan lupa daftar dulu ya supaya bisnis jaya di tahun ini demi #CashflowAman dan bisnis makin tenang. 

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.