Gak Cuma Produk, Brand Ambassador Juga Menunjukkan Cinta & Peduli

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
Tugas brand ambassador

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah brand ambassador. Strategi marketing yang cukup menjanjikan untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda.

Lalu, sebagai pelaku bisnis apakah Anda sudah mengetahui pengaruh brand ambassador dalam dunia bisnis?

Berikut telah KiriminAja rangkum pengertian, tugas, dan pengaruh brand ambassador untuk bisnis Anda. Sebab, sebagai partner bisnis KiriminAja berkomitmen untuk memberikan wawasan seputar bisnis kepada para pelaku bisnis.

Siapakah Brand Ambassador Itu?

Brand ambassador adalah seseorang yang dipilih oleh perusahaan atau merek tertentu untuk mempromosikan serta menjaga citra mereknya.

Mereka bertanggung jawab meningkatkan brand awareness perusahaan dengan mengkampanyekan produk melalui berbagai cara. Misalnya dengan campaign di berbagai media sosial atau event langsung.

Biasanya, brand awareness dipilih berdasarkan kecocokan merek dengan citra dan gaya hidup mereka. Selain itu, reputasi dan jangkauan audiens mereka juga menjadi pertimbangan.

Oleh karena itu, biasanya brand ambassador berasal dari kalangan selebriti atau influencer terkenal. Sebab, mereka memiliki jangkauan yang luas dan menarik perhatian audiens nya. 

Dengan pendekatan promosi brand ambassador juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan membangun hubungan baik dengan masyarakat luas.

Hal tersebut karena biasanya audiens atau followers memiliki kedekatan personal dengan selebriti atau influencer yang mereka ikuti. Oleh sebab itu mereka juga akan mempercayai produk yang dipromosikan.

Untuk itu, seorang brand ambassador perlu memahami merek dan filosofi perusahaan, serta mengikuti strategi pemasaran yang sudah ditentukan. Sehingga campaign yang dilakukan dapat lebih maksimal.

Mereka harus memberikan representasi positif dari merek dan memastikan bahwa pesan yang disampaikan dapat berkontribusi dengan tujuan bisnis perusahaan.

Seorang brand ambassador memiliki pengaruh kepada keputusan pembelian konsumen melalui beberapa faktor pengaruh yang sudah disebutkan di atas. Yaitu kredibilitas, brand awareness, hubungan emosional, dan kepercayaan terhadap produk.

Pengaruh-pengaruh yang diberikan brand ambassador, tentunya, dapat mendatangkan keuntungan untuk bisnis Anda. Strategi ini dapat dipertimbangan untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

Selain Brand Ambassador, Anda juga dapat meningkatkan kredibilitas brand melalui cara lain, yaitu melalui kerjasama dengan Key Opinion Leader atau KOL.

Konsep KOL ini sebenarnya hampir sama dengan brand ambassador. Akan tetapi, KOL biasanya merupakan seorang ahli di bidang yang berkaitan dengan produk.

Oleh sebab itu, promosi yang dilakukan oleh seorang KOL dapat dipercaya karena kredibilitasnya tidak diragukan lagi.

Anda bisa mengunjungi ulasan yang membahas serba-serbi Key Opinion Leader (KOL) untuk mempelajari lebih jauh perbedaanya dengan brand ambassador.

Selain itu, Anda juga bisa lebih memahami bagaimana strategi brand awareness yang tepat saat memakai brand ambassador dan KOL.

Apa Saja Tugas Brand Ambassador?

Brand ambassador adalah wajah perusahaan yang bertanggung jawab mempromosikan merek agar memiliki citra positif. Untuk itu, mereka memiliki beberapa tugas yang harus dilakukan. Diantaranya ialah sebagai berikut:

Mempromosikan Merek

Tugas utama seorang brand ambassador ialah mempromosikan merek yang bekerjasama dengannya. Caranya ialah dengan melakukan berbagai aktivitas marketing seperti event, kampanye iklan, dan jaringan sosial.

Menjaga Reputasi Merek

Selanjutnya, seorang brand ambassador juga dapat menjadi wajah merek yang ia promosikan. Oleh sebab itu mereka juga bertanggung jawab untuk menjaga reputasi merek tersebut.

Segala aktivitas marketing yang berkaitan dengan merek harus dibuat dengan pertimbangan agar tidak terjadi masalah yang akan mencoreng nama baik perusahaan.

Menjalin Komunikasi dengan Audiens

Seorang brand ambassador juga harus dapat memahami harapan dan kebutuhan audiensnya. Dengan menjalin komunikasi yang baik dengan audiens dapat mendekatkan hubungan serta mengenal lebih jauh tentang mereka.

Memahami Produk Knowledge dengan Baik

Tugas selanjutnya adalah memahami produk knowledge dengan baik. Dengan demikian mereka dapat mempromosikan produk secara maksimal.

Selain itu, mereka juga dapat memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan jika bertanya tentang produk tersebut. Seorang brand ambassador harus dapat memberikan jawaban tepat.

Memberikan Umpan Balik Kepada Perusahaan

Brand ambassador harus memberikan umpan balik dan saran kepada perusahaan terkait kinerja merek dan produk. Ia dapat melakukannya berdasarkan pendapat personal atau masukan dari audiensnya.

Menjaga Hubungan Baik dengan Mitra Bisnis

Tugas brand ambassador yang terakhir adalah menjalin hubungan baik dengan mitra bisnis. Selain itu, mereka juga perlu memastikan bahwa hubungan tersebut dapat tetap terjalin.

Lalu Apa Saja Sih Pengaruh yang Diberikan Brand Ambassador?

Setelah mempelajari pengertian dan tugasnya, kita bisa lihat gambaran pengaruh brand ambassador terhadap suatu merek. Berdasarkan studi dan analisis, brand ambassador dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. 

Selain itu, mereka juga memiliki pengaruh baik lainnya. Berikut telah KiriminAja rangkum apa saja pengaruh jika Anda bekerjasama dengan brand ambassador dalam bisnis.

Meningkatkan Kredibilitas Brand

Kredibilitas merupakan hal penting yang perlu diperhatikan karena akan mempengaruhi kepercayaan dan tingkat beli konsumen terhadap produk Anda.

Dengan memilih brand ambassador yang memiliki citra yang relevan dengan produk, dapat meningkatkan kredibilitas brand Anda.

Kami juga sudah menyiapkan uraian detail memahami pentingnya kredibilitas bagi bisnis online Anda.

Harapannya, Anda tidak hanya fokus di menghadirkan brand ambassador saja. Karena masih ada sejumlah komponen lain yang juga perlu Anda berbarengan demi mendapat kredibilitas baik di mata konsumen.

Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Karena kedekatan brand ambassador dengan audiensnya, informasi yang dibagikan akan lebih dipercaya. Begitu pula dengan produk yang mereka promosikan.

Meningkatkan Brand Awareness

Seorang brand ambassador juga dapat meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Mereka memiliki jangkauan yang luas dan mendapat perhatian lebih dari masyarakat.

Untuk itu, produk yang dipromosikan seorang brand ambassador akan memiliki peluang untuk dikenal masyarakat luas.

Meningkatkan Hubungan Emosional dengan Konsumen

Brand ambassador dapat membuat konsumen terhubung secara emosional dengan mereka atau produk yang dipromosikan. Konsumen akan merasa lebih terlibat dan terkait dengan produk tersebut.

Meningkatkan Penjualan

Brand ambassador merupakan salah satu strategi yang digunakan untuk mempromosikan produk. Oleh sebab itu, tujuan akhir dari kerjasama tersebut ialah untuk meningkatkan angka penjualan.

Dukungan KiriminAja untuk Brand Ambassador Bisnis Anda

Tahukah Anda bahwa keberhasilan sebuah brand di mata konsumen tidak lepas dari logistik pengiriman yang handal? Artinya, sebaik apapun brand ambassador yang dimiliki, jika jasa kirim paketnya amburadul, maka produk Anda dianggap jelek oleh konsumen.

Karena itulah, KiriminAja, aplikasi kirim paket #1 Indonesia, hadir untuk mendukung kerja Brand Ambassador Anda menciptakan kesadaran merek yang positif di tingkat operasional.

Sebagaimana ibu memasak di dapur, Brand Ambassador juga membutuhkan bapak yang sigap dan kuat mengerjakan berbagai pekerjaan domestik rumah tangga. 

KiriminAja hadir untuk memenuhi kebutuhan logistik pengiriman Anda dengan layanan yang terpercaya, aman, dan cepat. 

Dengan KiriminAja, Anda bisa fokus pada kerja sama dengan Brand Ambassador untuk membangun kesadaran dan citra positif produk tanpa perlu khawatir dengan pengiriman yang terlambat atau rusak.

KiriminAja juga menawarkan fitur-fitur canggih yang akan memudahkan Anda dalam memantau pengiriman barang dan memberikan kepuasan bagi konsumen Anda. 

Platform KiriminAja membuat Anda mampu melacak status pengiriman secara real-time, memberikan notifikasi pada konsumen tentang status pengiriman barang, dan mengetahui estimasi waktu tiba barang. 

Sehingga citra brand terbangun baik, operasional bisnis berjalan lancar, #CashFlowAman, dan bisnis jadi tenang. 

Jadi, tunggu apa lagi?! Yuk, percayakan pengiriman barang Anda pada KiriminAja. Cukup daftarkan bisnis Anda di dashboard KiriminAja, lakukan beberapa verifikasi, dan langsung nikmati layanan aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Setelah itu, biarkan Brand Ambassador bisnis Anda menjalankan tugasnya dengan lancar dan sukses.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.