Panduan Meningkatkan Brand Engagement Setinggi Nama Artis Ibu Kota

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
brand-engagement-adalah

Kenaikan brand engagement merupakan salah satu dampak positif dari strategi digital marketing. 

Apalagi, saat ini, digital marketing memang banyak digunakan pelaku bisnis karena dinilai efektif untuk mempromosikan produk. 

Alasannya, karena digital marketing bisa menjadi solusi praktis dan hemat dalam mengembangkan suatu bisnis. Seperti pemilik bisnis lain, Anda pasti ingin bisnis yang dijalankan terus berkembang. 

Karena itu, memahami digital marketing secara lebih detail dan mendalam perlu dilakukan oleh siapa saja. 

Anda bisa mulai dengan mempelajari tujuan, prinsip, dan manfaat digital marketing bagi perkembangan bisnis di uraian KiriminAja ini..

Setelah menerapkan digital marketing, Anda dapat memperoleh brand engagement. Nah, penjelasan tentang brand engagement akan dibahas dalam artikel ini. Yuk simak penjelasannya! 

Apa itu Brand Engagement? 

Brand engagement adalah intensitas keterlibatan konsumen dengan merek atau produk tertentu. Hal ini dapat berupa interaksi konsumen dengan merek di media sosial, tanggapan positif tentang produk, hingga loyalitas pelanggan terhadap merek. 

Intinya, segala interaksi konsumen dengan merek di media sosial merupakan bentuk brand engagement. Seperti pembelian, penggunaan, perbincangan merek di media sosial, umpan balik merek, bahkan hanya sekedar mengikuti perkembangan terbaru dari produk atau layanan merek. 

Brand engagement ini membentuk hubungan emosional dan rasional antara merek dan konsumen. Sehingga konsumen dapat memahami nilai-nilai merek dan terlibat dalam mempromosikan atau merekomendasikan kepada orang lain. 

Kehadiran brand engagement sangat penting karena dapat meningkatkan brand awareness, loyalitas pelanggan, dan penjualan produk.

Apalagi jika bisnis Anda berhasil membangun hubungan emosional dan rasional dengan konsumen. Dijamin akan memperoleh manfaat jangka panjang yang dapat membuat bisnis terus berkembang. 

Bagaimana Cara Meningkatkan Brand Engagement? 

Selanjutnya akan KiriminAja kasih tahu langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan brand engagement. 

Mengoptimalkan Penggunaan Media Sosial

Intensitas penggunaan media sosial oleh masyarakat cukup tinggi. Hal memberikan peluang untuk bisnis Anda meningkatkan brand engagement. 

Optimalkan penggunaannya dengan membuat akun official di berbagai media sosial. Sehingga konsumen dapat dengan mudah menjangkau bisnis Anda. 

Konsumen pun dapat memperoleh informasi merek usaha Anda dan berinteraksi secara langsung melalui komentar maupun direct message.

Membuat Konten yang Menarik

Selanjutnya, buatlah konten yang menarik agar konsumen mau mengikuti akun media sosial dan berinteraksi secara aktif. 

Anda dapat membuat konten berupa artikel di blog, gambar atau video di berbagai media sosial. Selain menarik, pastikan juga konten yang dibuat mengandung informasi produk dengan baik. 

Meningkatkan Customer Service

Langkah selanjutnya ialah dengan meningkatkan customer service. Hal ini dapat menjaga hubungan baik dengan konsumen karena mereka merasa didengarkan dan dihargai. Sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. 

Respon apa saja pendapat atau pertanyaan konsumen tentang produk dengan baik. Serta pastikan produk dapat menjawab kebutuhan yang diinginkan pasar. 

Menjalin Kemitraan

Selanjutnya, Anda dapat menjalin kemitraan dengan bisnis lain atau influencer yang sejalan dengan bisnis. Hal ini dapat meningkatkan brand awareness dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Sebab, influencer atau mitra kerja memiliki audiens sendiri yang sebelumnya mungkin belum terjangkau bisnis Anda.

Menerapkan Strategi Personalisasi

Langkah terakhir adalah dengan personalisasi pengalaman konsumen. Maksudnya menjalin hubungan lebih dekat dengan konsumen secara personal.

Misalnya mengirimkan email promosi dengan mencantumkan nama konsumen untuk merekomendasikan produk berdasarkan riwayat pembeliannya.

Atau juga dengan memberikan respon yang baik saat pelanggan menanyakan sesuatu terkait produk.

Dalam meningkatkan brand engagement ini, Anda harus menciptakan hubungan yang lebih dalam dengan konsumen dan membangun kepercayaan.

Sehingga pelanggan akan memperoleh pengalaman positif dan loyalitas terhadap brand Anda. Hal tersebut dapat memastikan penjualan produk terus meningkat.

Pendapat Para Ahli Tentang Brand Engagement

Brand engagement adalah topik yang banyak dibahas oleh para ahli branding dan pemasaran. Berikut adalah beberapa pandangan mereka tentang brand engagement:

Brian Solis (Analis Digital dan Penulis)

Menurut Brian Solis, brand engagement merupakan interaksi antara merek dan konsumen yang menghasilkan pertukaran nilai dan pada akhirnya membentuk sebuah koneksi.

Scott Cook (CO-Founder Intuit)

Cook menyatakan bahwa brand engagement melibatkan konsumen aktif dalam membangun citra merek melalui interaksi dan percakapan mereka dengan orang lain.

Kevin Keller (Profesor di Tuck School of Business)

Menurut Keller, brand engagement merupakan pembentukan ikatan emosional atau rasional antara konsumen dan merek. Dimana hal ini memungkinkan konsumen untuk merasakan atau memahami nilai-nilai yang dipegang oleh merek.

Paul Valerio (Direktur Pemasaran)

Menurut Valerio, brand engagement merupakan pembentukan koneksi emosional dan hubungan jangka panjang dengan konsumen. Hal ini dapat mempengaruhi loyalitas konsumen dan kepercayaan merek.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa brand engagement adalah proses interaksi antara konsumen dan merek yang membentuk hubungan kuat dan saling menguntungkan. 

Dimana hubungan tersebut bersifat berkelanjutan dan memberikan peluang untuk meningkatkan brand awareness, loyalitas pelanggan, serta meningkatkan penjualan.

Hanya saja, penerapan strategi brand engagement tanpa diikuti dengan operasional bisnis yang baik, maka hasilnya adalah omong kosong.

Salah satu operasional bisnis yang sering diabaikan tapi berefek signifikan bagi konsumen adalah sektor logistik.

Iya, banyak konsumen yang berharap mendapat jasa kirim paket reliable dengan harga terjangkau. Hal itu sering diabaikan oleh pebisnis online.

Untuk itulah, Anda bisa memakai KiriminAja sebagai mitra bisnis yang siap meng-handle urusan ekspedisi produk-produk bisnis online.

Sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, KiriminAja memudahkan Anda mengelola pesanan dan pengiriman.

Dengan memilih KiriminAja sebagai mitra bisnis di sektor logistik, Anda akan mendapatkan layanan manajemen ekspedisi paket yang punya biaya efisien dan reliable.

Melalui KiriminAja, Anda tidak perlu cemas pada masalah pengiriman, seperti paket yang hilang atau rusak. Apabila ada kendala, layanan pelanggan kami yang responsif siap membantu Anda.

Ditambah lagi, Anda juga bisa mendapatkan fitur inovatif KiriminAja yang bernama COD Advance. Dengan fitur ini, Anda dapat mencairkan dana COD sampai 50% saat paket telah berada di tangan kurir.

Benar sekali, Anda tak perlu menunggu hingga paket sampai ke tangan pelanggan. Dengan demikian, bisnis Anda dapat menjaga #CashFlowAman.

Ini artinya, KiriminAja memberikan kontrol penuh atas sistem logistik bisnis, memungkinkan Anda untuk mengatur margin keuntungan, serta menjaga cash flow bisnis tetap stabil.

Dengan begitu, Anda dapat lebih leluasa mengembangkan bisnis, seperti menjangkau pelanggan baru tanpa takut adanya error berlarut-larut.

Berita baiknya, untuk mendapatkan semua manfaat dan layanan premium ini, Anda tidak perlu repot.

Anda hanya perlu melakukan registrasi gratis di dashboard KiriminAja, lalu verifikasi data, dan langsung rasakan manfaat aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi?! Coba KiriminAja sekarang, demi menjaga #CashFlowAman Anda, fokus pada inovasi produk baru, memaksimalkan keuntungan, dan menjadikan bisnis lebih tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.