Lebih Sulit Baca Kode Pacar Ngambek Daripada Baca QRIS. Nih Tutornya

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
cara baca qris yang benar

Perbedaan cara baca QRIS masih menjadi perbincangan unik di media sosial. Pasalnya, banyak konten kreator yang membuat konten tentang topik ini dengan kemasan yang menarik.

Sehingga, masyarakat yang belum mengetahui QRIS pun akhirnya mengenal istilah ini. 

Apa Itu QRIS?

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan sistem pembayaran elektronik nasional di Indonesia yang diluncurkan pada tahun 2019. 

Sebelum pada tahap itu, sistem pembayaran tersebut telah melalui berbagai tahapan penyempurnaan. Berikut penjelasan singkatnya.

  • Tahun 2016, Bank Indonesia mengeluarkan Peraturan Bank Indonesia No.18/40/PBI/2016 tentang Penerbitan dan Penggunaan Alat Pembayaran Berupa Kartu dan/atau Elektronik yang menjadi  landasan hukum bagi pengembangan sistem pembayaran elektronik, termasuk QR Code.
  • Tahun 2017, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menetapkan QR Code sebagai standar nasional untuk pembayaran elektronik.
  • Tahun 2018, Bank Indonesia, Kemkominfo, dan beberapa perusahaan fintech Indonesia seperti Gojek, Ovo, DANA, dan LinkAja, membentuk tim untuk mengembangkan QRIS sebagai standar nasional untuk pembayaran elektronik yang menggabungkan beberapa jenis pembayaran elektronik seperti QR Code, Kartu, dan NFC.
  • 17 Agustus 2019, QRIS resmi diluncurkan oleh Bank Indonesia dengan dua jenis, yaitu QRIS Domestik dan QRIS Internasional.

QRIS dibuat untuk meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi transaksi pembayaran elektronik di Indonesia. Serta mengurangi biaya infrastruktur dan SDM dalam pengembangan sistem pembayaran elektronik.

Selain itu, QRIS juga diharapkan dapat meningkatkan inklusi keuangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Apa Saja Jenis QRIS?

Terdapat beberapa jenis QRIS yang dapat digunakan untuk pembayaran. Diantaranya ialah sebagai berikut:

QRIS Statis

QRIS jenis ini hanya dapat digunakan satu kali dan terbatas pada nominal pembayaran tertentu.

QRIS Dinamis

QRIS ini dapat digunakan berulang kali untuk pembayaran berbagai nominal dan menghasilkan kode QR yang berbeda-beda setiap kali digunakan.

QRIS Terukur

QRIS ini menyimpan informasi lebih detail seperti nama pengirim, jumlah pembayaran, dan informasi lainnya.

QRIS Tidak Terstruktur

QRIS ini hanya menyimpan informasi dasar seperti jumlah pembayaran dan ID merchant.

Selain itu, QRIS juga dibedakan menjadi QRIS Domestik dan QRIS Internasional. QRIS Domestik dapat digunakan untuk pembayaran dalam negeri. Sedangkan QRIS Internasional untuk pembayaran luar negeri.

Semua jenis QRIS tersebut dapat digunakan untuk berbagai jenis pembayaran seperti pembelian di toko, pembayaran tagihan listrik, transfer bank, dan sebagainya.

Kelebihan Menggunakan QRIS

Berikut beberapa manfaat yang diberikan oleh QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard):

Mudah Digunakan

Dengan QRIS pembayaran dapat dilakukan dengan memindai kode QR menggunakan smartphone, sehingga tidak memerlukan penggunaan kartu fisik atau mesin EDC (Electronic Data Capture).

Aman

QRIS memungkinkan transaksi pembayaran dilakukan tanpa perlu memberikan informasi pribadi seperti nomor kartu kredit atau PIN.

Efisien

Pembayaran menggunakan QRIS dapat dilakukan tanpa perlu menghitung uang ataupun kembalian. Sehinga, transaksi pembayaran dapat diproses dengan mudah dan efisien.

Interoperabilitas

QRIS memungkinkan berbagai jenis aplikasi pembayaran dan bank dapat berinteraksi satu sama lain. Sehingga, memudahkan pengguna melakukan transaksi dengan berbagai jenis merchant atau bank.

Murah

QRIS menjadi alternatif dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan penggunaan kartu kredit atau mesin EDC.

Memudahkan Pengelolaan Keuangan

QRIS memungkinkan merchant untuk memantau transaksi secara real-time sehingga memudahkan pengelolaan keuangan.

Meningkatkan Inklusi Keuangan

QRIS dapat memperluas akses keuangan bagi masyarakat yang belum memiliki akses ke layanan perbankan tradisional.

Cara Menggunakan QRIS

Berikut langkah-langkah untuk menggunakan QRIS:

  • Buka aplikasi pembayaran atau aplikasi perbankan yang mendukung pembayaran dengan QRIS di ponsel Anda.
  • Pilih opsi untuk melakukan pembayaran dengan QRIS.
  • Pindai kode QR dengan mengarahkan kamera ponsel ke kode QR disediakan oleh merchant atau penerima pembayaran.
  • Konfirmasi rincian transaksi, misalnya jumlah pembayaran, nomor rekening, atau nama merchant yang ditampilkan pada layar aplikasi pembayaran Anda.
  • Masukkan PIN atau sidik jari untuk konfirmasi pembayaran.
  • Tunggu proses pembayaran selesai.
  • Kemudian, Anda akan memperoleh pemberitahuan atau struk digital yang menunjukkan bahwa transaksi telah berhasil.
  • Setelah transaksi selesai, Anda dapat meninggalkan tempat pembayaran atau menunggu penerima pembayaran menyelesaikan transaksi. 

Jangan lupa untuk selalu memeriksa rincian transaksi sebelum melakukan pembayaran dan pastikan Anda mengakses aplikasi pembayaran atau perbankan resmi untuk menghindari penipuan atau pencurian data.

Cara Baca QRIS yang Benar

Terakhir, mari kita bahas tentang cara membaca QRIS yang benar. Berikut telah KiriminAja rangkum pembahasannya.

Menurut Dosen FIB UNS Program Studi Sastra Indonesia Chattri Sigit Widyastuti, selama istilah QRIS belum diserap ke dalam bahasa Indonesia, maka dapat diucapkan dengan akronim “kyuris”.

Selain itu, juga dapat diucapkan sebagai singkatan dengan bunyi “kyu-ar-ai-es”. Sebab, jika bukan bahasa Indonesia maka  cara membacanya tetap sama dalam bahasa Inggris.

Namun, Bank Indonesia sebagai pembuat sistem QRIS telah menetapkan bahwa pembaca yang benar ialah “kris”. Meskipun banyak yang mengkritiknya karena merupakan istilah asing tetapi dibaca dengan alfabet bahasa Indonesia.

Ivan Lanin sebagai polisi bahasa menyatakan Bank Indonesia berhak menentukan cara pengucapan istilah tersebut. Sebab, Bank Indonesia merupakan pihak yang memiliki sistem QRIS.

Pada dasarnya, bahasa merupakan alat komunikasi. Jadi, bagaimana pun pengucapannya, selama kedua belah pihak saling memahami maka tidak masalah.

Bagaimana QRIS & KiriminAja Mendukung Bisnis Anda Makin Maju

Jadi begini; sebagai aplikasi kirim paket #1 di Indonesia, KiriminAja memahami betapa pentingnya mempermudah transaksi bisnis Anda. Sama seperti QRIS, KiriminAja hadir untuk membuat transaksi bisnis jadi lebih mudah dan praktis. 

Tapi tenang dulu, Anda tidak akan mendapat kalimat marketing yang serba manis di sini. Anda akan mendapat kalimat yang realistis dan masuk akal.

Bagaimana KiriminAja dapat membantu Anda mengirimkan produk ke seluruh Indonesia dengan cepat dan aman.

Tentunya, sebagai seorang online seller, Anda juga menginginkan bisnis bisa menjaga #CashFlowAman , menjangkau konsumen baru, sebagian besar biaya terkontrol, sehingga bisnis jadi tenang. 

KiriminAja hadir untuk mendukung bisnis Anda berjalan sesuai kondisi di atas. Caranya adalah dengan memudahkan dan meringankan manajemen logistik bisnis Anda.

KiriminAja sudah digunakan 200.000++ online seller Indonesia. Artinya, Anda tahu bahwa KiriminAja memang reliable bagi bisnis. 

Kabar baiknya lagi, Anda  tidak perlu repot-repot membayar untuk mendapatkan layanan prima KiriminAja.

Anda hanya perlu mendaftar gratis di dashboard KiriminAja, melakukan beberapa verifikasi, dan langsung menikmati layanan prima aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Kalau Anda berani melakukan otomatisasi dengan QRIS, maka inilah waktu memakai KiriminAja. Biar bisnis maju, hidup makin tajir, dan Anda bisa ganti pacar.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.