Cara Daftar UMKM Online Semudah Mengucap Masya Allah Tabarakallah di Medsos

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
daftar-umkm-online

Mendaftarkan bisnis online sebagai UMKM penting dilakukan demi menghindari masalah yang berkaitan dengan legalitas. Karenanya, Anda perlu tahu bagaimana cara daftar UMKM online.

Namun, seringkali melakukan pendaftaran UMKM secara langsung membutuhkan effort yang lebih. Anda harus meluangkan waktu dan menyiapkan berkas persyaratannya secara cetak.

Untung saja, saat ini pendaftaran UMKM dapat dilakukan secara online. Jadi, sudah tidak ada lagi alasan mager karena pendaftarannya lebih fleksibel.

Lalu di mana kita dapat mendaftarkan UMKM secara online? Serta bagaimana caranya? Dalam artikel ini telah KiriminAja rangkum pembahasannya. Yuk simak penjelasannya sampai akhir! 

Di Mana Daftar UMKM Online?

Pendaftaran UMKM secara online dapat dilakukan melalui situs OSS (Online Single Submission), yaitu sistem yang mengintegrasikan seluruh layanan perizinan usaha secara elektronik. 

Situs tersebut berada di bawah kewenangan Menteri/Pimpinan Lembaga, Gubernur, atau Bupati/Walikota.

Selain dapat digunakan untuk pendaftaran UMKM, situs OSS juga dapat digunakan untuk mengajukan izin usaha. Caranya sudah dijelaskan secara lengkap dalam uraian KiriminAja tentang mengurus izin usaha di OSS ini.

Setelah membaca artikel tersebut, mari kita lanjutkan pembahasan ke cara daftar UMKM secara online.

Syarat Daftar UMKM Secara Online

Pendaftaran UMKM secara online memerlukan dokumen persyaratan. Sebelum melakukan pendaftaran, akan lebih baik jika Anda mempersiapkannya terlebih dahulu.

Berikut beberapa persyaratannya:

  • KTP 
  • NPWP
  • SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha)
  • NIB (Nomor Induk Berusaha) yang diperoleh dengan melakukan pendaftaran melalui OSS atau Online Single Submission.

Bagaimana Cara Daftar UMKM Secara Online?

Setelah menyiapkan dokumen persyaratan di atas, selanjutnya Anda dapat melakukan pendaftaran UMKM secara online melalui OSS.

Perlu diketahui juga, terdapat perbedaan dalam pendaftaran UMKM untuk usaha mikro dan kecil (UMK) dan non-UMK. Berikut cara daftar keduanya.

Cara Daftar UMKM untuk UMK

  • Buka situs OSS di alamat berikut: https://oss.go.id/  
  • Pilih menu "Masuk" yang ada di pojok kanan atas halaman
  • Masukkan username, password, dan captcha yang muncul di layar. Selanjutnya klik tombol “Masuk”
  • Kemudian, pilih menu "Perizinan Berusaha" lalu "Permohonan Baru"
  • Lengkapi data-data yang diperlukan seperti data diri pemilik usaha, data bidang usaha, data detail bidang usaha, dan data produk/jasa bidang usaha
  • Jangan lupa untuk cek kembali data yang sudah diisikan dan lengkapi dokumen persetujuan lingkungan (KBLI/Bidang Usaha Tertentu)
  • Jika sudah, pahami dan centang Pernyataan Mandiri
  • Periksa Draf Perizinan Berusaha
  • Proses pendaftaran UMK selesai. Anda tinggal menunggu Perizinan Berusaha terbit.

Cara Daftar UMKM bagi Non-UMK

  • Buka situs https://oss.go.id/
  • Pilih menu "Masuk" yang ada di pojok kanan atas halaman
  • Masukkan username, password, dan captcha yang muncul di layar. Selanjutnya klik tombol “Masuk”
  • Kemudian, pilih menu "Perizinan Berusaha" lalu "Permohonan Baru"
  • Lengkapi data yang diperlukan seperti jenis pelaku usaha, data pelaku/bidang usaha, data detail bidang usaha, dan data produk/jasa bidang usaha
  • Jangan lupa untuk periksa kembali daftar produk/jasa, data usaha, daftar kegiatan usaha, serta periksa dan lengkapi Dokumen Persetujuan Lingkungan (KBLI/Bidang Usaha Tertentu)
  • Jika sudah, pahami dan centang Pernyataan Mandiri
  • Periksa Draf Perizinan Berusaha
  • Proses pendaftaran Non-UMK selesai. Anda tinggal menunggu Perizinan Berusaha terbit.

Pentingnya Mendaftarkan UMKM

Mendaftarkan UMKM penting dilakukan agar bisnis yang dijalankan tidak mengalami kendala legalitas nantinya. Selain itu, masih ada berbagai manfaat yang dapat Anda peroleh.

Berikut beberapa keuntungan mendaftarkan UMKM:

Bisnis Anda Akan Memiliki Kredibilitas

Legalitas UMKM menjadi salah satu faktor yang menunjukkan kredibilitas bisnis Anda. Ini diperlukan untuk menarik para investor sekaligus target pasar.

Dengan demikian, Anda akan lebih mudah mencari modal tambahan untuk mengembangkan usaha. Serta meningkatkan brand awareness agar produk yang dijual mudah dilirik konsumen.

Kemudahan Pendanaan Bisnis

Keuntungan kedua yaitu, lebih mudah mendapatkan suntikan dana dari bank atau investor. Dengan adanya legalitas, mereka akan memiliki kepercayaan terhadap bisnis Anda.

Oleh karena itu, mendaftarkan UMKM dapat mempermudah Anda mencari pendanaan. Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk terus mengembangkan usaha.

Mendapatkan Karyawan Kompeten

Para pencari pekerjaan cenderung mencari perusahaan yang legal. Hal tersebut dapat menjadi indikasi bahwa perusahaan tersebut menjalankan usaha secara profesional.

Oleh karena itu, Anda akan lebih mudah untuk mencari karyawan yang kompeten. Tinggal bagaimana mana Anda melakukan proses rekrutmen dengan prosedur yang tepat agar karyawan yang terpilih sesuai dengan kebutuhan.

Setelah urusan legalitas beres, Anda tinggal fokus mengelola manajemen bisnis sebaik mungkin.

Apalagi untuk Anda yang menjalankan bisnis UMKM secara online, tentu memerlukan strategi tambahan agar konsumen mendapatkan pelayanan yang maksimal.

Salah satu contohnya yaitu memberikan layanan logistik dengan harga hemat tapi memiliki kualitas pengiriman yang reliable.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak effort untuk layanan prima seperti itu. Cukup daftar secara gratis di dashboard KiriminAja, lakukan verifikasi dokumen, dan Anda bisa langsung menikmati laynan reliable aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Sebagai platform penyedia jasa aggregator logistik, KiriminAja juga memungkinkan bisnis UMKM online Anda memiliki kebebasan mengatur margin profit, pengiriman prima, dan cash flow yang aman.

Yuk! KiriminAja siap kerjasama bareng kamu di tahun ini biar #CashFlowAman, bisnis pun jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.