Cara Jualan di Instagram demi Menggaet Audiens Gen-Z dan Milenial Tajir

Danusantoso
1 tahun lalu
Ecommerce
cara menaikkan penjualan di instagram

Konsumen sering menggunakan Instagram dan sudah tidak asing lagi dengan banyaknya akun yang menjual produk atau jasa di platform tersebut. Bahkan para seller pun sudah memulai berbagai cara jualan di Instagram demi menggaet konsumen yang ada di sana.

Namun, tak jarang seorang pebisnis pemula kadang merasa kesulitan untuk melakukan penjualan di Instagram padahal platform ini cukup menjanjikan bagi bisnis online.

Hal ini bisa terjadi karena berbagai kendala seperti persaingan yang ketat, kurangnya pengikut, atau tidak memiliki strategi pemasaran yang efektif.

Jika Anda masih kesulitan untuk melakukan penjualan di Instagram, jangan khawatir, sebab ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan di Instagram.

Anda juga bisa banget menggabungkan jualan di Instagram dengan di marketplace. Tentu saja, untuk bisa collab begitu, Anda harus tahu panduannya dengan baik. 

Karena tanpa panduan yang jelas, kemungkinan besar, Anda akan kebingungan saat harus mengkombinasikan dua platform berbeda tersebut.

Oleh karena itu, KiriminAja sengaja menguraikan panduan dan cara jualan di media sosial dan marketplace khusus untuk Anda.

Klik saja tautan uraian di atas untuk memahami bagaimana Anda bisa mengkombinasikan medsos dan marketplace dalam satu strategi marketing yang sama.

Sedangkan, dalam artikel ini, akan dibahas berbagai tips dan trik yang mudah dipahami untuk memaksimalkan penjualan Anda di Instagram. Simak sampai selesai ya.

Bagaimana Cara Jualan di Instagram untuk Pemula?

Anda yang baru memulai bisnis dan terpikirkan ingin menjual produk di Instagram mungkin masih bingung tentang bagaimana cara yang tepat dalam memasarkan produk di platform ini.

Namun tak perlu khawatir karena ada tips-tips jitu untuk Anda yang baru memulai bisnis online di Instagram seperti berikut ini:

Buat Akun Bisnis

Anda perlu membuat akun Instagram khusus untuk bisnis Anda.  Dengan memiliki akun bisnis, Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur khusus seperti statistik, tombol hubungi, dan lainnya. Ini akan mempermudah Anda dalam mengatur bisnis yang sedang berjalan.

Tentukan Niche atau Pasar Anda

Niche atau pasar yang ingin Anda jangkau adalah hal yang penting, maka dari itu tentukan terlebih dahulu siapa target pasar dari produk Anda. Semakin spesifik, semakin mudah bagi Anda untuk menargetkan audiens yang tepat.

Buat Konten Menarik

Instagram adalah platform khusus audio visual seperti foto dan video. Maka dari itu sebisa mungkin buatlah konten yang menarik dan berkualitas tinggi.

Gunakan foto atau video yang menunjukkan produk serta jasa Anda dengan jelas dan menarik. Pastikan untuk menyertakan deskripsi dan harga produk yang sesuai.

Gunakan Hashtag yang Tepat

Hashtag dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas. Gunakan hashtag yang relevan dengan niche atau pasar Anda, serta hashtag yang populer.

Tanggapi Komentar dan Pesan

Tanggapi komentar dan pesan dari audiens Anda dengan cepat dan ramah. Ini akan membantu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan Anda.

Tips dan Cara Isi Bio Instagram untuk Jualan Online

Ketika berjualan di Instagram, konsumen pasti akan mengecek terlebih dahulu mengenai profil penjualan dan berkunjung ke akun bisnis. Mereka akan melihat isi bio yang digunakan, sebab ini menjadi tolok ukur seberapa serius dan meyakinkan bisnis tersebut menjalani usahanya.

Maka dari itu, berikut adalah rangkuman beberapa tips dan cara isi bio yang cocok untuk bisnis di Instagram:

  • Gunakan nama akun yang jelas dan sesuai dengan produk jualan Anda
  • Pakai foto profil yang menarik, simpel namun tetap elegan
  • Deskripsikan bisnis Anda dengan singkat, padat, dan jelas
  • Tambah informasi penting seperti lokasi, nomor telepon, email, situs web atau marketplace Anda
  • Berilah tautan yang terhubung dengan e-commerce, chat whatsapp, dan lain sebagainya
  • Gunakan ragam bahasa sesuai dengan target konsumen Anda
  • Jangan lupa bubuhkan tagline atau slogan yang menarik dan tidak membosankan

Cara Menaikkan Penjualan di Instagram

Setelah mempersiapkan bio, Anda pastinya ingin penjualan meningkat, lalu bagaimana caranya? Berikut ini KiriminAja akan merangkumnya untuk Anda:

Posting Secara Konsisten

Posting secara teratur dan konsisten mengenai produk Anda. Ini akan membangun kepercayaan dan kesadaran merek di antara pelanggan Anda. Pastikan untuk membuat konten yang menarik dan berkualitas tinggi.

Kolaborasi dengan Influencer

Mengajak kolaborasi dengan influencer dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih besar dan membangun kepercayaan di antara calon konsumen baru.

Optimalkan Instagram Stories dan Reels

Manfaatkan fitur Instagram Stories dan Reels untuk mempromosikan produk atau jasa Anda dengan menambahkan tautan ke halaman produk atau jasa yang sesuai.

Berikan Penawaran Khusus

Berikan penawaran khusus seperti diskon atau gratis pengiriman untuk menarik pelanggan dan mendorong mereka untuk membeli produk Anda.

Gunakan Layanan Pengiriman Paket Reliable dan Multifungsi

Salah satu strategi layanan logistik yang patut Anda jalankan adalah memberikan paket ke jasa kurir yang reliable dengan harga hemat. Idealnya, paket yang dibeli konsumen tentunya akan dikirim dengan cepat, aman, serta biaya murah. Sayangnya, tidak semua layanan kurir bisa begitu.

Nah, Anda bisa menggunakan hal tersebut dengan memberikan layanan logistik berharga hemat namun tetap memiliki kualitas pengiriman reliable di mata konsumen.

Di mana Anda bisa mendapatkan hal tersebut? Jawabannya adalah di KiriminAja. 

Sebagai aplikasi kirim paket #1 di Indonesia, KiriminAja mempermudah proses pengiriman dan pengelolaan pesanan untuk bisnis online Anda. 

Saat Anda memakai KiriminAja sebagai layanan logistik, maka Anda akan mendapatkan jasa kirim paket dengan harga murah namun tetap memiliki kualitas pengiriman reliable.  

Dengan KiriminAja, Anda tidak perlu khawatir tentang masalah pengiriman yang terjadi, seperti barang yang hilang atau rusak. Saat ada kendala pengiriman, Anda cukup menghubungi customer service yang siap melayani Anda dengan gercep.

Fitur lain yang pasti menarik adalah COD Advance. Dengan fitur tersebut, Anda bisa mencairkan dana COD ketika paket sudah di tangan kurir. 

Iya, tidak perlu menunggu sampai paket tiba di tangan konsumen. Artinya, bisnis Anda bisa menjaga #CashFlowAman.

Artinya, KiriminAja mampu memberikan Anda kebebasan pengelolaan sistem logistik bisnis Anda. Sehingga, Anda lebih bebas mengatur margin profit dan membuat cash flow bisnis jadi aman terjaga.

Dengan demikian, Anda bisa lebih leluasa lagi mengelola bisnis, seperti menjangkau konsumen baru tanpa khawatir terjadi kesalahan.

Kabar baiknya lagi, untuk mendapatkan berbagai macam keuntungan serta layanan prima tersebut, Anda tidak perlu effort besar.

Anda hanya perlu mendaftar secara gratis di dashboard KiriminAja, melakukan verifikasi data, dan langsung merasakan aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Jadi, yuk cobain KiriminAja demi Anda bisa menjaga #CashFlowAman, fokus menghasilkan produk baru, profit tumbuh, dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.