Cara Jualan Teh Kekinian: Murah Bagi Konsumen Tapi Untung Banyak

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
Tips jualan teh kekinian

Panduan cara jualan teh kekinian ini dibuat khusus karena banyaknya antusiasme pelaku bisnis masuk ke usaha teh.

Iya, jualan teh kekinian merupakan salah satu ide bisnis yang dapat Anda coba untuk mencoba peruntungan. Apalagi minuman ini memiliki banyak peminat di Indonesia.

Sudah menjadi rahasia umum, es teh menduduki tahta tertinggi sebagai minuman paling nyegerin yang menemani apapun jenis makanannya. 

Makannya, nggak ada salahnya jika Anda menjual varian teh kekinian lainnya seperti thai tea, teh herbal, dan teh dengan varian rasa.

Namun, apa saja sih yang perlu dilakukan untuk mulai jualan teh kekinian? Berikut hal-hal yang perlu Anda persiapkan!

Ide Bisnis Teh Kekinian

Sebelum memulai usaha, tentu Anda perlu menentukan terlebih dahulu produk yang hendak dijual. Berikut contoh produk teh kekinian yang bisa menjadi inspirasi untuk jualan:

Es Teh

Es teh adalah minuman teh yang disajikan dengan es batu. Teh yang digunakan dapat berasal dari berbagai jenis teh, seperti teh hitam, teh hijau, atau teh telang. 

Thai Tea

Thai tea adalah minuman teh khas Thailand yang populer di seluruh dunia. Teh ini memiliki warna jingga atau merah tua yang khas karena penggunaan pewarna makanan. 

Teh Herbal

Ada berbagai jenis teh herbal, seperti teh peppermint, teh chamomile, teh jahe, teh lemon, teh rosehip, dan masih banyak lagi. Teh herbal sering kali dipilih karena rasanya yang segar dan kemampuannya untuk memberikan manfaat kesehatan tertentu.

Teh dengan Varian Rasa

Teh dengan varian rasa adalah teh yang telah diberi tambahan rasa buah, rempah-rempah, atau bahan lainnya untuk menciptakan variasi rasa yang unik. 

Tips Jualan Teh Kekinian Biar Penjualan Terus Meningkat

Setelah menentukan produk teh kekinian yang akan dijual, selanjutnya Anda perlu menentukan strategi agar penjualan terus meningkat. Berikut tips yang sudah KiriminAja rangkum:

Membuat Produk yang Berkualitas

Pelanggan saat ini semakin cerdas dan berpengetahuan tentang produk yang mereka konsumsi. Mereka mencari produk berkualitas yang memberikan rasa, aroma, dan pengalaman yang baik. 

Dengan membuat produk teh yang berkualitas, Anda dapat memenuhi harapan pelanggan dan menciptakan kepuasan yang lebih tinggi.

Ciptakan Keunikan Produk

Tidak dipungkiri, dalam menjalankan bisnis akan ada persaingan di pasar. Untuk itu, Anda perlu menciptakan keunikan merek Anda agar mampu bersaing di pasaran.

Keunikan ini bisa dari varian rasa baru, jenis minuman baru, packaging yang unik, atau layanan yang menarik.

Membangun Brand Awareness

Produk teh yang berkualitas tinggi akan membantu membangun brand awareness yang kuat dan reputasi yang baik di kalangan pelanggan.

Selain itu, Anda juga perlu menambahkan strategi lain untuk meningkatkan brand awareness. Misalnya, aktif melakukan campaign di media sosial, website, marketplace, dan lainnya.

Cara Membuat Produk Teh Kekinian yang Berkualitas

Sudah disebutkan di atas bahwa produk yang berkualitas merupakan salah satu aspek yang menentukan kesuksesan bisnis Anda. 

Berikut cara membuat minuman teh kekinian yang berkualitas:

  • Pilihlah bahan teh yang berkualitas
  • Pelajari cara menyeduh teh yang tepat
  • Gunakan air yang berkualitas
  • Jaga kebersihan dan sanitasi tempat usaha
  • Pilihkan bahan tambahan yang berkualitas
  • Konsisten membuat produk berkualitas dan penyajian yang menarik
  • Dengarkan masukan dari pelanggan

Target Market Minuman Teh Kekinian

Target market untuk minuman teh kekinian biasanya melibatkan segmen pasar yang lebih muda, aktif di media sosial, dan tertarik pada tren dan gaya hidup yang sedang populer. 

Adapun target market minuman teh kekinian bisa meliputi: millennial dan generasi Z, penggemar minuman instagrammable, hingga komunitas pecinta teh.

Sebelum memulai usaha jualan teh kekinian, Anda juga perlu menentukan target market terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda dapat membuat produk yang relevan dengan target market yang ditentukan.

Modal Usaha untuk Jualan Teh Kekinian

Modal usaha untuk jualan teh kekinian dapat bervariasi tergantung pada skala bisnis yang diinginkan dan lingkup operasional yang direncanakan. 

Berikut adalah perkiraan modal usaha yang mungkin diperlukan untuk memulai bisnis teh kekinian: sewa/renovasi tempat usaha, peralatan dan perlengkapan, stok bahan baku, pengemasan dan branding, pemasaran dan promosi, gaji karyawan.

Promosi dan Layanan Konsumen Jualan Teh Kekinian

Promosi dan layanan konsumen merupakan dua aspek penting dalam membangun dan mempertahankan bisnis teh kekinian. 

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang promosi dan layanan konsumen untuk jualan teh kekinian:

Promosi Teh Kekinian

Kegiatan promosi teh kekinian diperlukan agar bisnis Anda dikenal oleh masyarakat umum, terutama oleh target market. Hal ini bertujuan meningkatkan penjualan dan branding bisnis Anda.

Ada berbagai strategi promosi yang dapat Anda coba, seperti promosi melalui media sosial, kolaborasi dengan influencer, program loyalitas, dan sebagainya.

Sebagai referensi tambahan, Anda dapat mempelajari berbagai ide promosi lainnya dalam penjelasan berbagai ide promo menarik untuk meningkatkan penjualan

Layanan Konsumen Jualan Teh Kekinian

Layanan konsumen yang optimal dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan loyalitas, bahkan tak jarang pula yang merekomendasikan kepada orang lain.

Layanan konsumen ini dapat berupa pelayanan dari karyawan, sajian yang menarik, produk yang berkualitas, dan respon atas kritik dan saran dari konsumen.

Selain itu, untuk Anda yang menjalankan bisnis secara online, pertimbangkan juga memakai layanan pengiriman seoptimal mungkin. Sehingga produk sampai ke tangan konsumen dalam keadaan baik.

Dengan menggunakan layanan KiriminAja, Anda punya servis logistik dengan kebebasan mengatur margin keuntungan dan memiliki kemampuan manajemen produk yang efisien.

Sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, KiriminAja memastikan Anda dapat fokus menjangkau konsumen baru dan mengembangkan bisnis lebih tenang.

KiriminAja bisa digunakan untuk mengirim dalam jarak dekat dan instan. Sehingga, produk teh Anda bisa segera sampai di tangan konsumen.

Dengan cara ini, Anda dapat menjaga kepuasan pelanggan, meningkatkan kepercayaan merek, dan meraih kesuksesan dalam bisnis.

Selain itu, Anda juga bisa mendapat KA Poin dalam setiap transaksi pengiriman. Sehingga, bisnis Anda tetap tumbuh sambil meraih profit tambahan, konsumen Anda puas dapat layanan kurir reliable, dan KiriminAja pun ikut tumbuh. 

Jadi, jika Anda ingin mengoptimalkan pengiriman dan memastikan cash flow bisnis tetap aman, KiriminAja siap untuk bekerja sama dengan Anda.

Daftarkan bisnis Anda secara gratis di dashboard KiriminAja dan mulailah mengambil keuntungan dari layanan ekspedisi reliable ini. Sebab, bersama KiriminAja, Anda dapat mencapai #CashFlowAman dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.