Kenali Cara Kerja Agregator Logistik untuk Bisnis yang Aman & Tenang

Pamungkas
1 tahun lalu
Ecommerce
Cara kerja agregator pengiriman

Sebagai seorang pebisnis online pastinya Anda tak asing lagi dengan pengiriman barang. Tapi tahukah Anda proses pengiriman barang yang dilakukan jasa kurir? Lebih jauh lagi, yuk cari tahu cara kerja agregator logistik di sini.

Lalu apa bedanya dengan jasa pengiriman atau ekspedisi biasanya? Supaya tak bingung dan lebih kenal dengan agregator logistik, yuk simak penjelasan berbagai hal tentang agregator logistik atau manajemen jasa ekspedisi di sini.

Apa Itu Manajemen Jasa Ekspedisi Satu Pintu?

Manajemen jasa ekspedisi atau agregator logistik adalah perusahaan yang menghubungkan antara penjual, pembeli maupun distributor, dengan penyedia layanan pengiriman atau ekspedisi.

Agregator logistik adalah platform yang membantu penggunanya untuk mengelola dan mengoptimalkan proses pengiriman barang. 

Platform ini mengumpulkan pesanan pengiriman dari berbagai sumber dan mengelola alokasi sumber daya untuk menangani pengiriman.

Jadi secara sederhana, agregator logistik adalah usaha yang menjembatani antara penjual dan pembeli dalam pengiriman barang menggunakan jasa ekspedisi yang sudah diajak kerja sama atau bermitra.

Apa Tujuan Agregator Logistik?

Tujuan dari agregator logistik adalah untuk mempermudah proses pengiriman barang bagi penggunanya. Caranya dengan menyediakan solusi yang efisien dan terintegrasi untuk mengelola pesanan pengiriman, rute pengiriman, transaksi, jadwal pengiriman, dan lain sebagainya.

Dari beberapa tujuan tersebut dapat dianggap jika dengan adanya agregator logistik, pengiriman barang dan jadwalnya jadi lebih mudah untuk diatur. Hal ini bisa terjadi sebab adanya sistem yang terintegrasi dalam pengelolaan pesanan.

Oleh karena itu, agregator logistik ini sangat penting bagi bisnis Anda supaya bisa menghemat waktu dan tenaga untuk melakukan hal lain. Dengan agregator logistik Anda tak perlu repot melakukan pengiriman barang karena pihak inilah yang akan mengaturnya untuk Anda.

Cara Kerja Agregator Logistik

Untuk lebih memahami bagaimana agregator logistik bekerja mari kita simak cara kerjanya di bawah ini:

Pengelolaan Pesanan

Agregator logistik mengumpulkan pesanan pengiriman dari berbagai macam sumber seperti pebisnis, pelanggan, e-commerce, atau perusahaan. Pesanan ini kemudian dikelola oleh platform tersebut dan dikirimkan ke pengangkut untuk diproses.

Mengoptimalkan Rute dan Jadwal Pengiriman

Agregator logistik menggunakan algoritma khusus dalam sistemnya untuk mengoptimalkan jadwal pengiriman dan rutenya sehingga akan memangkas waktu dan biaya pengiriman yang ada.

Dengan algoritma khusus tersebut, sistem akan secara otomatis mengatur jadwal dan rute pengiriman paling efektif tanpa membuang banyak waktu di jalan ketika barang sedang dikirim.

Alokasi Sumber Daya

Agregator logistik mengalokasikan sumber daya seperti armada pengiriman serta tenaga kerja guna menangani berbagai macam pengiriman paket ataupun barang. Hal ini membuat pengiriman dapat dilakukan dengan efisien.

Monitoring dan Tracking Real-Time

Cara kerja agregator logistik dalam memastikan pengiriman paket aman adalah dengan monitoring serta tracking (pelacakan) secara real-time sesuai dengan waktu yang sesungguhnya. Pengguna pun bisa memantau dan memastikan paket tepat waktu dan tidak mengalami gangguan.

Monitoring ini bisa dilakukan para pelanggan langsung dari aplikasi atau laman resmi yang disediakan oleh pihak agregator logistik.

Keuntungan Menggunakan Agregator Logistik

Dari uraian di atas Anda telah mengetahui bagaimana cara kerja agregator logistik. Selanjutnya Anda juga perlu mengetahui apa saja manfaat atau keuntungan menggunakan agregator logistik seperti di bawah ini:

Peningkatan Efisiensi dan Penghematan Biaya

Agregator logistik membantu meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya pengiriman dengan mengelola rute pengiriman dan jadwal pengiriman secara optimal, serta mengalokasikan sumber daya secara efisien.

Peningkatan Waktu Pengiriman dan Kepuasan Pelanggan

Agregator logistik memastikan bahwa pengiriman dapat dilakukan tepat waktu dan dengan biaya yang lebih efisien, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan.

Integrasi Mudah dengan Sistem Lain

Agregator logistik menawarkan integrasi mudah dengan sistem e-commerce atau sistem manajemen inventori lainnya, mempermudah proses pengiriman dan pemantauan status pengiriman.

Pelacakan Real-Time Pengiriman

Agregator logistik menyediakan fasilitas pelacakan real-time pengiriman, sehingga pengguna dapat memantau status pengiriman setiap saat.

Berkurangnya Beban Administrasi

Agregator logistik membantu mengurangi beban administrasi dan mempermudah proses pengiriman, sehingga menghemat waktu dan tenaga.

Keuntungan di atas sangat menjanjikan dan bisa membuat bisnis Anda semakin mudah. Lalu agregator logistik apa yang paling bagus dan bisa membantu Anda mewujudkan semua hal tersebut?

Bagaimana KiriminAja Jadi Manajemen Jasa Ekspedisi Bagi 200.000++ Online Seller?

Tentu saja, kalimat-kalimat di bawah ini akan dipenuhi dengan intensi memasarkan KiriminAja sebagai manajemen jasa kurir yang perlu Anda pilih.

Akan tetapi, demi menghindari sugar coating atau kalimat marketing berlebihan, akan jauh lebih realistis jika Anda tahu kenapa ada 200.000++ online seller memakai KiriminAja.

Pertama-tama, KiriminAja menawarkan layanan satu pintu yang mudah digunakan. Dari mengambil barang, mencetak label pengiriman hingga melacak pengiriman, semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan praktis di dashboard KiriminAja. 

Bahkan, Anda dapat memantau pengiriman barang Anda secara real-time dan memastikan barang Anda sampai tepat waktu.

Selain itu, KiriminAja memiliki jangkauan pengiriman yang luas ke seluruh Indonesia. Tak perlu khawatir jika Anda ingin mengirimkan produk makanan selama bulan puasa ke daerah-daerah terpencil. 

KiriminAja siap membantu mengirimkan produk Anda dengan aman dan tepat waktu. Tak hanya itu, KiriminAja juga memberikan harga yang terjangkau dan transparan, tanpa ada biaya tersembunyi. 

Intinya, Anda tidak perlu khawatir mengalami kerugian karena biaya pengiriman yang mahal. Karena KiriminAja membantu Anda menjaga #CashFlowAman demi bisnis jadi tenang. 

Karena itu, sudah saatnya Anda bergabung dengan lebih dari 200.000++ online seller lainnya dan menggunakan KiriminAja sebagai partner terpercaya untuk mengirimkan produk ke pelanggan. 

Jangan lewatkan kesempatan ini, mari segera klik dashboard KiriminAja untuk mendaftar gratis. Setelah itu, Anda bisa menikmati layanan ekspedisi yang mudah dan terpercaya.

Yuk, jadi bagian dari keluarga besar KiriminAja sekarang dan nikmati cara kerja agregator logistik yang atraktif mendukung bisnis Anda lebih maju.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.