Pilihan Jasa Kurir dan Cara Kirim Paket ke Luar Negeri dengan Mudah

Pamungkas
1 tahun lalu
Teknologi Bisnis
Cara kirim paket ke luar negeri

Tahu bagaimana metode kirim paket ke luar negeri adalah hal urgent saat bisnis Anda sudah merambah pasar internasional.

Oleh karena itu, KiriminAja akan menguraikan ketentuan pengiriman, pilihan jasa kurir, dan cara kirim paket ke luar negeri di sini. 

Seperti yang telah dijelaskan di artikel tentang strategi pengembangan pasar ini, bahwa perluasan pasar dapat menyasar ke segmen baru. 

Apabila Anda masih ragu untuk menjangkau pasar luar negeri, ada baiknya membaca tulisan di tautan tersebut. Karena, harus diakui, pasar luar negeri memang menggiurkan bagi produk Indonesia.

Untuk Anda yang masih mempertimbangkan pasar luar negeri karena persoalan pengiriman produk, maka Anda ada di tempat yang tepat. 

KiriminAja menguraikan berapa banyak ekspedisi yang dapat memfasilitasi pengiriman ke luar negeri dengan mudah. Termasuk juga tentang ketentuan dan cara shipping ke luar negeri. Yuk, mari belajar bersama di sini. 

Ketentuan Kirim Paket ke Luar Negeri

Sebelum mengetahui cara kirim barang ke luar negeri, mari pelajari dulu berbagai ketentuannya. 

Sebab, pengiriman ke luar negeri diatur oleh pemerintah, khususnya Ditjen Bea dan Cukai. Berikut ketentuan-ketentuannya:

  • Berat barang tidak lebih dari 100 kg neto untuk setiap pengiriman. Jika melebihi 100 kg, akan diberlakukan ketentuan umum di bidang import.
  • Produk makanan, minuman, dan obat-obatan harus sudah mengantongi izin BPOM.
  • Produk elektronik maksimal 2 item setiap pengiriman.
  • Produk tumbuhan, hewan, serta ikan harus mengantongi izin pemasukan dari Badan Karantina

Cara Mengirim Barang ke Luar Negeri

Setelah mengetahui ketentuan tersebut, mari kita urai langkah demi langkah kirim paket ke luar negeri:

Persiapkan Produk yang Hendak Dikirim

Persiapkan produk yang hendak dikirim ke luar negeri dengan baik. Kemas produk sesuai dengan ketentuan pengiriman supaya lebih aman dan selamat sampai ke tangan konsumen. 

Pilih Ekspedisi yang Tepat

Setelah produk siap dikirim, selanjutnya Anda dapat memilih jasa ekspedisi yang tepat. 

Carilah ekspedisi yang terpercaya dengan harga yang sesuai. KiriminAja sudah menyediakan daftar jasa ekspedisi ke luar negri di bagian bawah artikel ini.

Sayangnya, sampai saat ini, KiriminAja masih melayani pengiriman di seluruh area Indonesia. Kabar baiknya, kami tahu antusiasme seller online akan pengiriman paket ke luar negri.

Karena itu, KiriminAja masih di tahap mengembangkan sistem layanan untuk mendukung Anda melayani konsumen di luar negeri.

Targetnya, dalam waktu dekat ini, Anda bisa memakai KiriminAja sebagai salah satu cara kirim barang ke luar negeri.

Antar Paket ke Kantor Ekspedisi

Setelah menentukan ekspedisi, Anda dapat langsung mengantarkan paket ke kantornya yang terdekat. Jika tidak sempat mengantarkan, Anda dapat menggunakan jasa penjemputan. 

Anda hanya perlu menghubungi customer service ekspedisi yang bersangkutan dan memberikan alamat penjemputan. Namun, untuk hal ini akan dikenakan biaya tambahan. 

Isi Formulir Pengiriman dengan Lengkap

Selanjutnya, Anda dapat mengisi formulir pengiriman yang dengan lengkap. Pastikan alamat penerima diisi dengan lengkap dan jelas agar kurir mudah mencarinya.

Selain itu, cantumkan juga kontak yang bisa dihubungi. Agar jika terdapat masalah di pengiriman, dapat langsung menghubungi yang bersangkutan. 

Biaya Ongkos Kirim

Setelah formulir selesai diisi, pihak ekspedisi akan menimbang paket. Kemudian akan ditentukan biaya ongkos kirim yang dikenakan. Namun, melalui KiriminAja Anda juga dapat mengecek ongkos kirim terlebih dahulu. Sehingga, Anda dapat mengestimasikannya. 

Simpan Resi Pengiriman

Jika pembayaran sudah dilakukan, Anda akan memperoleh resi pengiriman. Simpanlah resi tersebut agar mudah melacak proses pengiriman paket. Atau jika terjadi kendala, Anda dapat memiliki bukti transaksinya. 

Ekspedisi yang Dapat Mengirim ke Luar Negeri

Berikut beberapa jasa ekspedisi yang bisa kirim ke luar negeri:

POS Indonesia

POS Indonesia memberikan jasa pengiriman internasional yang cukup lengkap. Layanan yang diberikan diantaranya QIX (Quick International Express), Pos Ekspor, Paket Pos cepat Internasional, dan e-Packet.

Anda dapat memilih jenis layanan untuk menyesuaikan kebutuhan pengiriman produk. Misalnya mencari harga terjangkau atau kecepatan pengiriman.

KiriminAja sudah menyiapkan panduan khusus agar Anda tahu lebih detail layanan Pos Indonesia dan bagaimana cara paket dikirim.

JNE Express

JNE Express juga memberikan jasa pengiriman untuk ke luar negeri. Layanan yang diberikan berupa Internasional Service. 

Untuk memakai jasa tersebut, Anda perlu mengikuti syarat dan ketentuannya. Misalnya, untuk produk dalam bentuk cairan atau serbuk harus disertai MSDS (Material Safety Data Sheet). 

Cara mengirim paket ke luar negeri lewat JNE terhitung mudah saja. Anda hanya perlu datang ke kantor cabang utama JNE di kota Anda.

Anda harus menyadari bahwa pengiriman paket ke luar negeri tidak seperti kirim paket ke wilayah nusantara. 

Karenanya, Anda perlu datang ke kantor cabang JNE di kota Anda daripada mengandalkan penjemputan kurir.

TIKI Express

Dikenal sebagai penyedia jasa ekspedisi yang murah, TIKI juga menawarkan jasa pengiriman internasional bernama INT. Selain itu, Anda juga akan memperoleh keuntungan dengan adanya asuransi. Sehingga resiko barang hilang akan lebih kecil. 

Sicepat GO

Penyedia jasa ekspedisi, Sicepat juga memberikan pelayanan jasa pengiriman ke luar negeri. Jangkauan wilayahnya mencakup benua Asia, Australia, Eropa, Afrika, dan Amerika. Kecuali negara-negara yang memiliki risiko tinggi. 

Kantor Sicepat tersedia di wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Medan, Makassar, Denpasar, Surabaya, dan Yogyakarta. Jika Anda berada di luar wilayah tersebut, pengiriman dapat transit atau dioper ke ke kota terdekat. 

FWD Express

FWD Express adalah penyedia jasa ekspedisi yang fokus menerima orderan kirim paket internasional. FWD menawarkan pengiriman dengan ketepatan waktu, garansi, serta harga terbaik. 

Untuk mempermudah proses pengiriman, FWD bekerjasama dengan Citylink Express, Aramex, FedEx, DHL, dan lainnya. Sehingga, Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan jasa FWD. 

Expedito

Expedito merupakan jasa pengiriman yang berdiri sejak tahun 2017. Menyediakan jasa pengiriman khusus untuk luar negeri. Jenis layanannya bernama Cross Border Shipping Platform. 

Untuk pengirimannya, ekspedisi ini bekerjasama dengan International  express air freight courier seperti UPS, EMS, Citylink, Moon Forwarder, Aramex, TNT, DHL, RistFlight, Network Courier, dan sebagainya.

Menariknya, Expedito memberikan jasa free pick-up untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung. Ketentuannya ialah hanya berlaku untuk paket dengan berat minimal 2 kg.

Rayspeed Asia

Rayspeed Asia dapat menjadi alternatif jasa kirim ke luar negeri tapi sebatas negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Taiwan, dan sebagainya. Ongkos kirim yang ditawarkan juga tergolong murah.

Apalagi, tersedia juga jasa free pick-up untuk area Bandung, Surabaya, dan Jakarta. Sehingga dapat lebih mempermudah Anda.

Demikian pembahasan tentang cara mengirimkan barang ke luar negeri yang dapat KiriminAja rangkum. 

Sejumlah layanan jasa ekspedisi di atas dapat Anda akses di KiriminAja. Tentu saja, saat ini kami masih mengembangkan diri untuk bisa melayani pengiriman internasional.

Walau begitu, kami cukup reliable mendukung bisnis Anda di dalam negeri. Dengan memakai KiriminAja, Anda akan dapat layanan kurir dengan berbagai keuntungan.

Karena itu, sebelum terlalu fokus ke layanan internasional, Anda bisa memakai layanan kami dulu. 

Cukup daftarkan diri Anda di dashboard KiriminAja. Setelah itu verifikasi diri dan lakukan adjustment sistem logistik bisnis Anda. Maka, proses kirim paket bisnis Anda bisa kami handle dengan smooth. 

Sehingga Anda punya banyak waktu untuk fokus membangun sistem kirim paket ke luar negeri. Dengan begitu, bisnis Anda tetap berjalan sambil tetap bisa melakukan ekspansi.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.