Panduan Cara Kompres Video Semudah Teriak Merdeka di Upacara 17-an

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
cara-kompres-video-tanpa-mengurangi-kualitas

Tahu cara kompres video adalah salah satu skill yang harus dimiliki online seller. Karena kebutuhan bikin konten video ini emang udah wajib banget dimiliki siapa saja yang berbisnis online.

Berkembangnya berbagai platform video online membuat para pelaku usaha memanfaatkan peluang tersebut untuk dijadikan sebagai ladang promosi yang menjanjikan.

Audience atau target pasar akan lebih tertarik untuk melihat promosi dalam bentuk video karena lebih interaktif dan informasi yang disampaikan juga lebih fleksibel.

Namun, dalam membuat video untuk iklan atau campaign promosi, Anda harus memiliki skill mengedit video agar hasilnya lebih optimal.

Apalagi jika hendak diunggah di media sosial, biasanya ukuran video dibatasi. Untuk mengatasi ukuran video yang terlalu besar, Anda dapat mengompresnya agar lebih kecil.

Berikut telah KiriminAja rangkum beberapa alternatif mengkompres video.

Cara Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas

Sayangnya, tidak mungkin untuk mengkompres video tanpa mengurangi kualitas sama sekali. Saat Anda mengurangi ukuran file video, akan ada beberapa penurunan kualitas. 

Namun, ada beberapa teknik yang dapat membantu meminimalkan penurunan kualitas. Berikut diantaranya:

Gunakan Codec yang Efisien

Codec seperti H.264 dan H.265 / HEVC dapat memberikan ukuran file yang lebih kecil tanpa kehilangan terlalu banyak kualitas.

Kurangi Bitrate

Anda dapat mengurangi bitrate video untuk membuat ukuran file lebih kecil. Namun, hal ini juga dapat mengurangi kualitas video. Anda dapat menyesuaikan bitrate dengan bijak dan tes untuk melihat seberapa banyak kualitas yang terpengaruh.

Gunakan Resolusi yang Lebih Rendah

Semakin rendah resolusi video, semakin kecil ukuran file. Namun, ini juga akan mengurangi kualitas video. Anda dapat melakukan uji coba resolusi video sesuai dengan kebutuhan.

Gunakan Software/Situs Online Kompres Video

Terakhir, Anda dapat memanfaatkan berbagai software yang dapat mengkompres video dengan mengoptimalkan codec, bitrate, dan resolusi.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan berbagai situs online seperti UniConvertor, Clideo, Kapwing, Movie Maker, dan YouCut.

Cara Kompres Video di HP

Mengompres video di HP dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan jenis dan merek HP yang Anda gunakan. Namun, ada beberapa langkah-langkah umum yang dapat Anda gunakan. Berikut penjelasannya.

Unduh Aplikasi Pengompres Video di HP

Ada banyak aplikasi pengompres video yang tersedia di playstore HP seperti Smart Video Compressor, Compress Videos & Resize Videos,Video Transcoder, Video Dieter 2, Video Slimmer, dan lainnya.

Pilih Video yang Akan Dikompres

Buka aplikasi yang sudah diunduh, kemudian pilih video yang ingin dikompres. Beberapa aplikasi mungkin memerlukan izin akses ke galeri HP untuk mengakses video yang akan dikompres.

Tentukan Parameter Kompresi

Setelah memilih video, tentukan parameter kompresi seperti resolusi, bitrate, dan codec yang ingin digunakan. Beberapa aplikasi mungkin menawarkan beberapa preset untuk memudahkan proses pengompresan.

Kompres Video

Setelah menentukan parameter, tekan tombol "kompres" untuk memulai proses pengompresan. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa menit tergantung pada ukuran video dan kecepatan HP yang digunakan.

Simpan Video yang Telah Dikompres

Setelah selesai dikompres, video yang baru bisa disimpan di HP atau langsung diunggah ke platform media sosial atau layanan berbagi video seperti YouTube , Instagram, dan TikTok.

Cara Kompres Video di Laptop

Untuk mengkompres video melalui laptop biasanya tergantung sistem operasi yang digunakan dan jenis software yang tersedia. Berikut ini cara umum untuk mengompres video di laptop:

Gunakan Software Pengompres Video

Ada banyak software pengompres video yang tersedia untuk laptop seperti HandBrake, Freemake Video Converter, atau Any Video Converter. Unduh software sesuai selera Anda dari situs resmi atau toko aplikasi laptop.

Pilih Video yang Akan Dikompres

Buka software pengompres video, kemudian pilih video yang ingin dikompres. Beberapa software mungkin memerlukan izin akses ke folder di laptop untuk mengakses video yang akan dikompres.

Tentukan Parameter Kompresi

Setelah memilih video, tentukan parameter kompresi seperti resolusi, bitrate, dan codec yang ingin digunakan. Beberapa software mungkin menawarkan beberapa preset untuk memudahkan proses pengompresan.

Kompres Video

Setelah menentukan parameter, lanjutkan untuk memulai proses pengompresan. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa menit tergantung pada ukuran video dan kecepatan laptop yang digunakan.

Simpan Video yang Telah Dikompres

Setelah selesai dikompres, video yang baru bisa disimpan di laptop atau langsung diunggah ke platform media sosial atau layanan berbagi video seperti YouTube atau TikTok.

Cara Kompres Video Online

Ada banyak aplikasi online yang menyediakan layanan untuk mengompres video, seperti UniConvertor, Clideo, Kapwing, Movie Maker, dan YouCut.

Berikut KiriminAja kasih contoh cara mengkompres video menggunakan aplikasi Movie Maker.

Movie Maker merupakan aplikasi edit video yang user friendly dan cocok digunakan oleh pemula yang belum terlalu mahir mengedit video.

Aplikasi ini memiliki fitur kompres video yang dapat Anda gunakan untuk memperkecil ukuran video. Berikut caranya:

  • Buka aplikasinya terlebih dahulu.
  • Klik Add Video pada pilihan menu lalu pilih video yang ingin Anda kecilkan ukurannya
  • Klik File pada menu lanjut dengan klik Save Movie. Lalu beri nama video baru dan klik Simpan Video.
  • Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu proses penyimpanan berhasil dilakukan. Jika sudah, maka secara otomatis ukuran video Anda akan mengecil tanpa berkurang kualitasnya.

Walau Anda sudah tahu panduan kompres video di atas, Anda juga perlu strategi lain yaitu dengan memberikan layanan logistik yang handal dan hemat.

Salah satu strategi yang bisa Anda terapkan adalah memberikan layanan logistik dengan harga hemat tapi tetap menjamin kehandalan pengiriman.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan KiriminAja untuk memiliki online store dengan kemampuan mengatur margin keuntungan dan manajemen produk yang mudah.

Dengan KiriminAja, Anda dapat mengelola bisnis dengan lebih efisien dan fokus pada mencari konsumen baru, sehingga Anda dapat memperkuat cash flow bisnis Anda.

Kabar baiknya, semua layanan ini dapat Anda akses hanya dengan mendaftar gratis di dashboard KiriminAja.

Selain itu, Anda juga bisa mendapat KA Poin dalam setiap transaksi pengiriman. Sehingga, bisnis Anda tetap tumbuh sambil meraih profit tambahan, konsumen Anda puas dapat layanan kurir reliable, dan KiriminAja pun ikut tumbuh. 

Iya, kami memang sangat concern dengan hubungan bisnis yang fair dan tidak merugikan salah satu pihak.

Dengan KiriminAja, bisnis Anda akan dapat memiliki layanan logistik yang dapat diandalkan dan dapat membantu bisnis Anda untuk terus menarik perhatian konsumen.

Jadi, cantumkan di setiap video bahwa Anda memakai KiriminAja. Sehingga konsumen Anda tahu bahwa bisnis Anda punya layanan kurir reliable. Di sisi lain, dengan KiriminAja, Anda bisa memastikan #CashflowAman dan bisnis Anda jadi lebih tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.