Ini Langkah-langkah Cara Membuat Chatbot Facebook Buat Bisnis Onlinemu

Akhmad Ilham Cahyono
3 minggu yang lalu
Bisnis
cara membuat chatbot facebook untuk bisnis online

Kamu yang menjalankan bisnis online pasti tahu betapa pentingnya berkomunikasi dengan pelanggan secara efisien. Salah satu cara terbaik untuk melakukan itu adalah melalui Chatbot Facebook Messenger. Bagaimana cara membuat chatbot Facebook ini?

Untuk mengetahui jawabannya kamu bisa simak selengkapnya di artikel ini, langsung saya mari kita bahas bersama cara membuat chatbot Facebook berikut.

Mengapa Harus Conversational-commerce? Apa artinya?

Ketika kita bicara tentang conversational-commerce, kita berbicara tentang menjadikan proses pembelian lebih personal dan mudah bagi pelanggan.

Ini bukan lagi tentang mengirimkan pesan satu arah kepada pelanggan, tetapi tentang terlibat dalam percakapan yang bermakna.

Bayangkan jika pelangganmu bisa bertanya tentang produk, mendapatkan rekomendasi, dan bahkan melakukan pembelian langsung melalui aplikasi perpesanan yang mereka gunakan setiap hari.

Inilah yang ditawarkan oleh conversational-commerce, dan Chatbot Facebook Messenger adalah salah satu alat terbaik untuk mewujudkannya.

Apa Itu Chatbot Facebook Messenger?

Chatbot Facebook Messenger adalah program otomatis yang dirancang untuk berinteraksi dengan pengguna melalui aplikasi Facebook Messenger.

Mereka dapat melakukan berbagai tugas, mulai dari memberikan informasi tentang produk dan layanan hingga menerima pesanan dan mengatur janji temu.

Dengan Chatbot Facebook Messenger, kamu dapat memperluas jangkauan bisnismu, meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan mengotomatiskan sebagian besar proses layanan pelanggan.

Cara Membuat Chatbot Facebook untuk Bisnis Online-mu

Sekarang kita akan masuk pada tahap cara membuat chatbot facebook, simak dan lihat langkah-langkahnya di bawah ini:

Pastikan Kamu Sudah Mempunyai Halaman Bisnis Facebook

Langkah pertama dalam membuat Chatbot Facebook Messenger adalah memastikan bahwa kamu memiliki halaman bisnis di Facebook.

Hal ini penting karena Chatbot akan berinteraksi dengan pelanggan melalui halaman bisnis ini.

Siapkan Akun ChatFuel

• Buka Situs ChatFuel: Buka browser web favoritmu dan pergi ke situs web resmi ChatFuel.

• Buat Akun: Jika belum memiliki akun, klik tombol "Sign Up" dan isi formulir pendaftaran dengan informasi yang diperlukan.

• Login ke Akun: Setelah mendaftar, login ke akun ChatFuelmu menggunakan email dan kata sandi yang telah didaftarkan.

• Mulai Buat Bot Baru: Setelah masuk ke dashboard, klik tombol "Create a Blank Chatbot" untuk mulai membuat bot baru.

Buat Ucapan Sambutan dan Default Jawaban

Setelah membuat bot, buatlah pesan selamat datang yang ramah dan informatif untuk pelangganmu. Biasanya jika seorang konsumen masuk ke dalam chat akan disambut denga kata-kata sambutan “Halo kak, selamat datang, ada yang bisa dibantu?”

Selain itu, atur juga default jawaban untuk pertanyaan umum yang mungkin diajukan oleh pelanggan. Cara ini akan lebih praktis. Pastikan juga tiap jawaban itu sesuai dengan apa yang ditanyakan oleh pelangganmu.

Set Up Keywords-mu

Gunakan fitur ChatFuel untuk menetapkan kata kunci yang akan memicu respons khusus dari Chatbotmu.

Misalnya, jika seseorang mengetik "Harga", bot dapat memberikan daftar harga produk yang tersedia.

Di sini keyword berperan penting, coba bayangkan kira-kira apa saja yang sering ditanyakan atau yang ingin diketahui oleh banyak konsumen secara umum.

Percantik dan Rapikan Chatbot Milikmu

Jangan lupa untuk menyesuaikan tampilan Chatbotmu agar sesuai dengan merek bisnismu. Tambahkan logo dan warna yang konsisten dengan identitas visual halaman bisnismu di Facebook.

Chatbot yang sesuai dengan brandmu akan sangat membantu peningkatkan image dan terlihat bahwa kamu serius dalam berbisnis dan melayani para pelanggan.

Pastikan Jika CTA Facebook untuk Mengirim Pesan

Aktifkan tombol "Kirim Pesan" di halaman bisnismu sehingga pengguna dapat dengan mudah memulai percakapan dengan Chatbotmu. Jika ada masalah atau ada yang ingin mereka tanyakan, dengan memencet tombol itu mereka akan langsung dialihkan ke kolom chat.

Sekarang Kamu Punya Alat CS yang Siaga 24 Jam

Dengan Chatbot Facebook Messenger yang telah dibuat dan disesuaikan, bisnismu sekarang memiliki alat customer service yang siap sedia 24 jam.

Pelanggan dapat dengan mudah mengajukan pertanyaan, melakukan pembelian, dan mendapatkan bantuan kapan pun mereka butuhkan, tanpa harus menunggu tanggapan dari tim customer service.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membuat Chatbot Facebook Messenger yang efektif untuk bisnismu.

Jangan ragu untuk menyesuaikan botmu sesuai dengan kebutuhan bisnismu dan terus mengoptimalkan pengalaman pelanggan.

Dengan begitu, kamu dapat meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan bisnismu, dan memberikan layanan pelanggan yang lebih baik secara keseluruhan.

Nah jika chatbot sudah selesai saatnya kita memikirkan bagaimana caranya bisa mengirim paket dengan cepat tanpa ribet. Hal ini sangat penting karena banyak pelanggan yang ingin paketnya sampai dengan cepat.

Solusinya satu yaitu KiriminAja, dengan aplikasi kirim paket #1 Indonesia ini kamu bisa loh atur paket biar di-pick up maupun drop off, jadi nggak perlu ngos-ngosan kirim paket satu-satu ke banyak ekspedisi.

Buat bisa ngirim seperti itu kamu cukup daftar sekarang di Dashboard KiriminAja, semua fiturnya sudah ada di sana kok, jadi dengan satu aplikasi aja kamu bisa membereskan semua pekerjaan pengiriman paketmu.

So, langsung daftar sekarang ya biar kamu nggak pusing lagi kirim banyak paket sekaligus!

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Akhmad Ilham Cahyono
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.