Cara Membuat Iklan TikTok, Biar Produk Diminati Sepenuh Hati

Akhmad Ilham Cahyono
3 minggu yang lalu
Bisnis
tips membuat iklan tiktok

Membuat dan menjalakan iklan TikTok dengan cara yang jitu bisa jadi strategi cemerlang untuk memperluas jangkauan bisnismu di Indonesia.

Dengan hampir setiap orang menghabiskan waktu di aplikasi ini, tidak ada alasan untuk tidak memanfaatkannya. Maka dari itu cara membuat dan menjalankan iklan TikTok ini penting bagi kamu yang berjualan di sana.

Sebelum kita menyelami cara menjalankan iklan TikTok yang sukses, penting bagi kamu yang bergerak di dunia bisnis online untuk mendaftar di Dashboard KiriminAja.

KiriminAja akan memudahkan pengiriman produkmu, membantumu mengelola logistik dengan lebih efektif, dan pastinya, meningkatkan kepuasan pelangganmu.

Yuk sekarang kita bahas cara menjalankan iklan TikTok agar manjur.

Cara Menjalankan Iklan TikTok yang Sukses

Sebelum mengetahui cara menjalankan iklan TikTok kamu perlu mengenalinya terlebih dahulu.

Kenali TikTok Ads

Iklan TikTok adalah video promosi yang dibayar oleh merek atau pembuat konten TikTok untuk ditampilkan kepada audiens tertentu.

Ini bisa jadi cara efektif untuk meningkatkan kesadaran merek, menjual produk di toko aplikasi, atau menarik pengguna untuk mengetahui lebih banyak tentang merekmu di luar aplikasi.

Tipe Iklan TikTok

Ada berbagai cara untuk mengiklankan bisnis dan produkmu di TikTok. Berikut beberapa tipe iklan yang bisa kamu pertimbangkan:

Iklan Video TikTok: Ini adalah bentuk iklan paling umum, muncul di feed pengguna. Berbeda dengan video organik, video iklanmu bisa memiliki link Toko TikTok, tombol call-to-action (CTA), dan tag lain yang membedakan kontenmu sebagai video sponsor.

Spark Ads: Iklan ini mempromosikan konten organikmu. Spark Ads bisa diperlakukan seperti konten video biasa dan bisa di-duet, di-stitch, atau ditonton ulang di akun TikTokmu.

Iklan Gambar: TikTok sekarang memungkinkan konten gambar, termasuk iklan hanya gambar. Iklan ini harus mematuhi kebijakan periklanan TikTok, termasuk mencantumkan nama merek dan teks iklan.

Konten Bermerk: Merek besar yang berpartner dengan TikTok memiliki opsi format iklan tambahan yang meningkatkan kesadaran merek. Misalnya, beberapa merek bisa memposting iklan layar penuh selama beberapa detik saat pengguna membuka aplikasi.

Tips Membuat Iklan TikTok Sukses

Berikut ini adalah beberapa tips membuat iklan tiktok agar sukses dalam menyebarkan dan menarik perhatian para calon pembeli produkmu:

Tarik Perhatian Audiens dalam 3 Detik Pertama

Berbeda dengan iklan YouTube yang tidak bisa dilewati dalam enam detik pertama, pengguna TikTok bisa dengan mudah menggulir iklan yang tidak menarik bagi mereka. Pastikan iklanmu menarik dalam tiga detik pertama.

Pastikan Videomu Mematuhi Kebijakan Iklan TikTok

Banyak platform media sosial membatasi kata-kata tertentu, dan TikTok sangat ketat dalam hal ini. Kenali kata-kata yang harus dihindari agar iklanmu dioptimalkan.

Bekerjasama dengan Pembuat Konten TikTok

Manfaatkan konten yang dibuat pengguna dari pembuat konten populer dan promosikan videonya. Ini bisa berupa ulasan produk, unboxing, atau sesuatu yang lebih kreatif.

Tambahkan Call to Action yang Sederhana

Meskipun kamu berhasil menarik perhatian audiens untuk menonton iklan TikTokmu, mereka bisa kehilangan minat sebelum kamu mengubah mereka menjadi pelanggan. Jadi, buat CTA-mu jelas dan dapat dijalankan.

Gunakan Format Video yang Tepat

Manajer Iklan TikTok memungkinkan kamu menjalankan tiga rasio aspek video berbeda: potret, lanskap, atau persegi.

Video potret mendapatkan 40,1% impresi lebih banyak dibandingkan format video lainnya karena dioptimalkan untuk smartphone, memaksimalkan layar pengguna untuk dampak terbaik.

Mengoptimalkan Target Audiens

Penting untuk memahami siapa target audiensmu sebelum memulai kampanye iklan. TikTok menyediakan alat target audiens yang canggih, memungkinkan kamu untuk menargetkan pengguna berdasarkan minat, lokasi, dan perilaku.

Menggunakan alat ini dengan efektif dapat meningkatkan ROI iklanmu secara signifikan.

Memantau dan Menyesuaikan Strategi

Dunia TikTok berubah dengan cepat. Apa yang populer minggu ini mungkin sudah tidak relevan minggu depan. Pantau kinerja iklanmu secara rutin dan jangan takut untuk menyesuaikan strategi jika diperlukan.

Ini bisa berarti mengubah target audiens, menyesuaikan anggaran, atau bahkan mengganti konten iklan sepenuhnya.

Dengan memanfaatkan TikTok untuk beriklan, kamu membuka pintu untuk menjangkau audiens yang luas dan beragam. Ingat, kesuksesan di TikTok tidak hanya tentang iklan yang kamu jalankan, tapi juga tentang membangun komunitas dan terlibat dengan pengikutmu.

Jadikan iklanmu sebagai bagian dari strategi pemasaran yang lebih besar untuk benar-benar memaksimalkan kehadiran bisnismu di platform ini.

Jangan lupa juga untuk daftar di dashboard KiriminAja ya biar nanti kalau iklan tiktok menghasilkan penjualan kamu bisa mengirim barangnya ke pembeli dengan aman dan cepat.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Akhmad Ilham Cahyono
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.