Cara Membuat Landing Page yang Baik Sebagai Tampilan Bisnis

Ruth
1 tahun lalu
Teknologi Bisnis
Cara membuat landing page bisnis

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengiklankan bisnis Anda. Mulai dari media elektronik, media cetak, sosial media, hingga website. Langkah iklan website bisnis dapat dilakukan melalui Google. Namun sebelum memulainya Anda perlu mengetahui tentang landing page. 

Jika sudah memilikinya maka Anda sudah bisa melanjutkan rencana untuk iklan pada Google. Namun apabila belum Anda perlu belajar mengenai landing page website. Berikut ada beberapa penjelasan beserta contohnya. 

Bagaimana Landing Page Terlihat Menarik?

Mungkin ada beberapa website yang terlihat menarik, sehingga Anda ingin memiliki tampilan yang sama. Namun tidak ada salahnya juga untuk membuat berdasarkan versi sendiri. Terdapat dua elemen penting yang perlu ada yakni copywriting dan desain. Ini penjelasan lebih lengkapnya. 

Copywriting

Copywriting artinya adalah menulis copy ataupun kalimat promosi di iklan. Menulis mungkin terlihat mudah dilakukan ya. Namun tulisan copy yang bagus tidaklah dibuat secara asal dan sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menulisnya, berikut di antaranya. 

Memahami Kondisi Psikologis dari Pelanggan

Memahami yang dimaksud di sini Anda sebenarnya tidaklah perlu untuk mengetahui secara benar kondisi dari pelanggan. Tapi setidaknya Anda dapat   menyesuaikan diri untuk membuat tulisan sesuai karakter serta mood dari calon pelanggan. Jika Anda sudah memahami dua hal ini maka akan terasa lebih mudah dalam menggaet calon pelanggan. 

Dengan memahami kondisi atau keadaan psikologi pelanggan nantinya akan membantu Anda dalam merancang dan merencanakan strategi marketing secara lebih lengkap. 

Lebih Peka dengan Kebutuhan Pelanggan

Meskipun akan mengiklankan website bisnis bukan berarti Anda harus berbicara mengenai produk maupun layanan bisnis secara terus menerus ya. Justru tulisan copy yang bagus akan membicarakan mengenai keresahan serta kebutuhan para pelanggan.

Pasalnya para calon pelanggan tidak memperdulikan produk maupun layanan Anda. Namun sebaliknya mereka akan peduli dengan kebutuhan pribadinya. Oleh sebab itu Anda perlu memahami kebutuhan pelanggan, sehingga bisa menyajikan perhatian sesuai kebutuhan tersebut. 

Personal

Copy yang ideal pada sebuah landing page akan membicarakan pada satu topik saja. Sebab semakin dekat serta personal dengan calon pelanggan maka akan semakin berpengaruh pada  materi promosi untuk audiens.

Luwes

Luwes dalam hal ini artinya Anda perlu menggunakan jenis bahasa yang mudah dipahami dan mudah diucapkan. Bahasanya natural mirip dengan percakapan Anda sehari-sehari. 

Itu dia keempat prinsip yang perlu Anda pahami ketika membuat copywriting. Tapi tidak cukup sampai di sini saja ya, empat prinsip tersebut juga perlu diterapkan pada formula copywriting. Formula Copywriting adalah Attention, Interest, Desire, dan Action atau (AIDA). Ini penjelasan lengkapnya. 

Attention / Perhatian

Pengunjung membutuhkan waktu yang cukup singkat dalam membentuk impresi di  sebuah landing page. Oleh sebab itu Anda perlu menyajikan hal menarik yang dapat menarik perhatian dari calon pelanggan. Caranya adalah dengan membuat judul menarik, gambar apik dengan high resolution, dan kalimat keterangan mendukung.

Interest / Minat

Ketika Anda sudah bisa memperoleh perhatian pelanggan, maka selanjutnya adalah menunjukan pada mereka bahwa Anda benar-benar memahami apa yang mereka perlukan. Caranya yakni dengan menyajikan statistik, fakta, maupun studi kasus yang berkaitan dengan masalah dari calon pelanggan. Selain itu juga bisa memaparkan realita vs ekspektasi dari permasalah para pelanggan.

Desire / Keinginan

Pada tahapan ini Anda dapat menjelaskan mengenai produk maupun layanan bisnis jangan dimiliki.  Bukan hanya menyajikan fitur maupun kelebihan dari produk saja namun informasi yang disajikan juga harus bisa diubah dalam format manfaat. Jadi jadikan informasi yang memang dibutuhkan oleh para calon pelanggan. 

Action / Aksi

Setelah melakukan pendekatan runtuhnya anda penasaran bukan seperti apa aksi yang akan diberikan oleh para pelanggan? Entah itu hanya akan memberikan data diri untuk kelas atau justru akan membeli produk maupun layanan milik Anda. 

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui aksi dari para pelanggan yaitu dengan menambahkan tombol aksi atau call to action pada landing page. Buatlah sesuai dengan prinsip dari copywriting yang telah dijelaskan di atas. 

Desain

Elemen yang pertama tadi memang cukup penting namun akan jauh lebih baik jika Anda juga memperhatikan desainnya. Desain yang menarik tentunya akan menjadikan landing page juga.  Sehingga ada besar kemungkinan jika trendingtek nantinya akan mendatangkan lead maupun conversion. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti di bawah ini. 

Desain Minimalis

Desain minimalis nantinya akan cukup membantu Anda dalam menyampaikan pesan secara lebih fokus. Jadi pakailah visual sesuai kebutuhan saja. Sebaiknya juga jangan menumpuk ataupun kombinasikan banyak visual pada satu desain.

Tidak ada salahnya juga untuk mencoba design white space. Gunakan huruf atau font menggunakan ukuran cukup besar, sekaligus call to action secara  jelas 

Foto atau Ilustrasi Visual

Cara paling mudah menjadikan tampilan dari landing page terlihat lebih menarik adalah dengan menambahkan foto maupun ilustrasi visual. Hal yang perlu digaris bawahi ilustrasinya harus sesuai dengan segmen bisnis. Jauh lebih baik lagi jika tampilan ilustrasi menggunakan video. 

Testimoni dan Penghargaan

Testimoni jadi cara klasik yang bisa Anda gunakan dalam meningkatkan kepercayaan dari pelanggan terhadap usaha. Oleh sebab itu, jauh lebih baik untuk Anda menambahkan testimoni sekaligus review pelanggan di halaman landing page.

Agar pelanggan semakin tertarik dengan bisnis Anda maka lebih baik lagi memasangkan sertifikat maupun penghargaan. Dari segi visual hal ini terlihat simpel namun tetap estetis. 

Mobile-friendly

Sangat penting bagi Anda untuk membuat tampilan mobile friendly. Sebab kebanyakan pengguna biasanya mengakses internet melalui ponsel. 

Kesesuaian Konten

Konten landing page tentunya juga harus sama dengan konten yang  diiklankan oleh Google Ads. Oleh sebab itu sesuaikan dari awal sehingga ketika mendesain land page jadi lebih mudah dan Anda tidak perlu bekerja dua kali. Kesesuaian dari konten nantinya akan menyelamatkan reputasi bisnis di mata para pelanggan. Anda pun tidak akan dicap sebagai pihak yang memberikan harapan palsu dikarenakan promosi kurang  konsisten.

Contoh Landing Page

Hal pertama yang dipikirkan ketika mencari tempat belajar mungkin adalah biaya. Masalah biaya ini dijawab langsung dari Ruang Guru pada landing pagenya. Biaya privat muncul pada bagian bawah. Berada tepat pada saat Anda akan menyesuaikan jenjang untuk kelas serta durasi dari paket langganan. 

Desain seperti inilah yang dirasa cukup friendly untuk para pengguna. Nantinya mereka tidak lagi perlu membaca daftar biaya satu per satu harga dari masing-masing kelas. Berikut beberapa hal yang mungkin bisa Anda tiru dari ruang guru:

  • Pembagian space dalam menyajikan informasi maupun form seimbang.
  • Dalam subheadline ada kalimat atau kata-kata yang mana menambah kepercayaan dari calon pelanggan.
  • Foto brand ambassador jadi memperkuat reputasi sekaligus kepercayaan brand.
  • Penyebutan fitur dari ruang ruang guru dibuat dalam bentuk ilustrasi sederhana.
  • Form responsif serta user-friendly

Anda bisa membaca uraian detail bagaimana cara membuat landing page menarik dan gratis di tautan ini. 

Sehingga, berbagai daya tarik landing page di atas bisa Anda dapatkan dengan lebih mudah dan gratis.

Adanya landing page yang bagus dan sesuai dengan pelanggan tentunya akan semakin mempermudah Anda dalam melakukan iklan. Oleh sebab itu buatlah landing page yang bagus dan berpotensi menarik pelanggan.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Ruth
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.