Ini Cara Gampang Mendaftarkan Toko di Google Maps, Gratis!

Akhmad Ilham Cahyono
3 bulan yang lalu
Bisnis
Cara mudah daftarkan toko di google maps

Salah satu cara mengenalkan bisnismu atau tokomu agar dikenal adalah dengan mengetahui cara mendaftarkan toko di google maps.

Kadang masih banyak para pebisnis yang kurang tahu caranya melakukan hal tersebut padahal jika dilakukan ini akan sangat menguntungkan bagi bisnis.

Mendaftarkan toko di Google Maps bukan hanya tentang kehadiran online, tapi juga memberikan sejumlah keuntungan yang signifikan bagi pemilik bisnis.

Kalau kamu penasaran caranya, yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Mendaftarkan Toko di Google Maps

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mendaftarkan toko di google maps, beberapa di antaranya sebagai berikut:

Gratis dan Mudah

Pendaftaran bisnis di Google Maps melalui Google Bisnisku tidak menguras budget promosi. Dengan cara yang sederhana, kamu dapat mendaftarkan bisnismu tanpa biaya.

Google Bisnisku menjadi solusi efektif untuk meningkatkan visibilitas tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Meningkatkan Ranking Lokal di Google Search

Dengan mendaftarkan bisnismu di Google Maps, kamu mendapatkan keistimewaan di laman pencarian Google.

Google akan lebih memprioritaskan penampilan bisnis lokal di hasil pencarian, memberikan peluang lebih besar untuk meningkatkan traffic dan omzet.

Memudahkan Konsumen Menemukan Alamat Fisik

Meskipun belanja online kian populer, tetapi keberadaan fisik toko tetap penting. Kadang konsumen ingin juga berkunjung ke tokomu.

Mendaftarkan lokasi bisnismu di Google Maps memudahkan calon konsumen menemukan alamat toko dengan mudah, memberikan keuntungan dalam meningkatkan kredibilitas bisnismu.

Menampilkan Informasi yang Komprehensif

Google Maps memungkinkan kamu menampilkan informasi lengkap, mulai dari alamat, nomor telepon, jam operasional, hingga ulasan pengunjung.

Semua informasi ini membantu calon konsumen membuat keputusan lebih baik sebelum mengunjungi toko. Kalau sudah mendaftar, pastikan untuk selalu update informasi ya.

Tampilan yang Menarik di Google Search

Profil bisnismu akan tampil menarik dengan informasi yang lengkap di Google Bisnis.

Kotak informasi yang muncul di hasil pencarian akan memberikan gambaran positif tentang bisnismu, menarik perhatian calon konsumen.

Analisis Data dengan Google Analytics

Dengan data lengkap dari Google Bisnisku, kamu dapat mengakses wawasan baru melalui Google Analytics.

Informasi tentang jumlah kunjungan, asal pengunjung, demografi, dan perilaku konsumen membantu dalam mengambil keputusan strategis.

Mendukung Strategi Pemasaran

Google Bisnisku dapat menjadi alat yang efektif dalam strategi pemasaran.

Dengan melengkapi profil bisnismu, mengupdate promo, dan membagikan foto menarik, kamu dapat memaksimalkan promosi secara online.

Cara Mudah Daftarkan Toko di Google Maps

Kamu bisa ikuti langkah-langkah sederhana berikut untuk mendaftarkan toko di Google Maps. Kamu bisa mencobanya langsung sekarang juga biar bisnismu bisa terlihat di maps dan gampang di-notice banyak orang nih.

Cara Mendaftarkan Toko di Google Maps Lewat Laptop/Komputer

Pertama, buka Google Maps melalui pencarian Google. Lalu, klik ikon tiga garis horizontal di pojok kiri atas. Atau kamu bisa klik gambar profil kamu.

Selanjutnya, pilih "Add your business." Muncul pop-up? Isi dengan detail yang jelas, seperti nama bisnis, alamat, kategori, email, website, dan nomor telepon.

Jangan lupa, tambahkan gambar yang menarik. Setelah itu, klik "Submit."

Cek akun Gmail kamu ya, data yang sudah didaftarkan bakal masuk ke email. Kalau belum ada email, ulangi prosesnya sampai berhasil.

Kalau udah, Google bakal konfirmasi, dan mereka akan me-review alamat emailmu.

Tunggu beberapa hari, lokasi yang didaftarkan bakal aktif. Kalau sampai mingguan masih nggak aktif, langsung hubungi Google aja!

Cara Daftarin Toko di Google Maps Pakai Smartphone Android

Kalau kamu lebih suka pakai HP, gak masalah. Unduh aplikasi Google Maps dari Play Store, buka aplikasinya, dan aktifkan lokasi pada mode notifikasi dengan jawab "Ya."

Selanjutnya, klik ikon tiga garis horizontal di pojok kiri atas. Jika tidak ada, maka klik profilmu yang ada di pojok kanan atas.

Di sana kamu bisa pilih "Tambahkan Tempat/tambahkan bisnis Anda."

Isi form dengan lengkap, mulai dari nama tempat, kategori, alamat, website, nomor telepon, sampai detail lainnya.

Setelah selesai, kamu bisa langsung bagikan lokasi toko lewat aplikasi chatting atau media sosial. Google bakal meninjau permintaanmu, jadi bersabar ya.

Tunggu beberapa hari atau minggu, dan proses selesai!

Gampang banget, kan? Dengan langkah ini, toko atau bisnismu bakal muncul di laman pencarian Google. Jadi, segera daftarkan toko mu dan biar makin banyak yang tahu!

Nah kalau sudah daftarin toko di google maps, apa nih hal selanjutnya yang harus kamu lakukan? Tentunya nggak cukup sampai di situ aja kan?

Demi membuat bisnismu makin dipercaya banyak orang, atau calon pelanggan potensial maupun yang sudah loyal, branding digital saja tidak cukup.

Kamu harus memberikan layanan paling oke dan paling dicari saat ini ketika belanja online sudah jadi kebutuhan, yaitu pengiriman paket yang cepat.

Jangan salah lho, memang kadang terdengar sepele, tapi sebenarnya dengan pengiriman paket yang andal konsumen akan senang dengan bisnismu.

Nggak usah bingung kalau mau kirim paket dengan cepat karena ada KiriminAja. KiriminAja sebagai aplikasi kirim paket #1 di Indonesia, siap membantumu untuk kirim banyak paket sekaligus tanpa ribet.

Kamu cukup daftar gratis di Dashboard KiriminAja buat merasakan semua keunggulan fiturnya yang ada. Yuk daftarkan dirimu sekarang juga biar #CashFlowAman dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Akhmad Ilham Cahyono
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.