Cara Meminta Testimoni ke Pelanggan Agar Penjualan Meningkat

Danusantoso
8 bulan yang lalu
Bisnis
cara-meminta-testimoni-ke-pelanggan

Mengetahui cara mendapatkan testimoni pelanggan akan memuluskan strategi marketing bisnis Anda. Sebab, dengan begitu, Anda bisa lebih cepat dapat testimoni positif sesuai harapan.

Seperti kita tahu bersama, testimoni merupakan umpan balik dari pelanggan yang biasanya berupa pendapat atau kesaksian mereka tentang merek atau produk yang Anda jual.

Testimoni dapat Anda gunakan sebagai alat pemasaran untuk meyakinkan calon pembeli bahwa produk yang Anda tawarkan berkualitas dan memuaskan.

Namun, bagaimana sih cara meminta testimoni yang baik agar penjualan meningkat? Berikut pembahasan lengkapnya. Yuk simak!

Cara Meminta Testimoni ke Pelanggan Agar Penjualan Meningkat

Meminta testimoni dari pelanggan adalah langkah penting dalam membangun reputasi bisnis Anda. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk meminta testimoni kepada pelanggan:

Kirimkan Email atau Pesan Pribadi

Kirimkan pesan kepada pelanggan melalui email atau platform komunikasi lainnya yang telah Anda gunakan sebelumnya. Sertakan permintaan dengan sopan dan jelas, dan berikan alasan mengapa Anda ingin mendapatkan testimoni mereka.

Buat Formulir Testimonial

Buat formulir testimonial sederhana yang dapat diisi oleh pelanggan Anda. Formulir ini harus mencakup pertanyaan terkait pengalaman mereka dengan produk Anda, serta kesan umum mereka tentang bisnis Anda. 

Tawarkan Insentif

Agar pelanggan tertarik untuk memberikan testimoni, Anda dapat memberikan imbalan/insentif. Bisa dalam bentuk diskon khusus, voucher belanja, gratis produk, dan lainnya.

Pertimbangkan dengan baik intensif yang hendak diberikan agar tidak merugikan bisnis Anda. Hal ini juga bisa Anda masukan ke dalam anggaran biaya promosi.

Permintaan Secara Langsung

Jika Anda memiliki hubungan yang dekat dengan pelanggan tertentu, Anda dapat meminta testimonial secara langsung. Selain itu, Anda juga dapat meminta testimoni saat pelanggan belanja secara langsung di toko.

Jelaskan bahwa testimoni mereka akan sangat berharga bagi perkembangan bisnis Anda,. Serta, tanyakan apakah mereka bersedia memberikan testimonial secara tertulis atau mungkin bahkan melalui wawancara singkat.

Manfaatkan Media Sosial

Gunakan platform media sosial bisnis Anda untuk meminta testimonial. Anda dapat membuat posting yang mengundang pelanggan untuk berbagi pengalaman mereka. 

Selain itu, Anda juga bisa mengirim pesan langsung kepada pelanggan yang telah memberikan umpan balik positif sebelumnya.

Jadikan Bagian dari Proses Follow-up

Setelah pelanggan menggunakan produk atau layanan Anda, jadikan permintaan testimonial sebagai bagian dari proses follow-up. Kirimkan email follow-up atau pesan untuk memastikan mereka puas dengan pengalaman mereka, dan sertakan permintaan testimoni sebagai tambahan.

Mengetahui follow up secara lengkap juga sangat penting sebab bisa membantu bisnis Anda makin berkembang. Klik cara sukseskan bisnis dengan follow up tersebut agar bisnis Anda semakin jaya.

Berikan Bimbingan

Beberapa pelanggan mungkin tidak tahu persis apa yang harus ditulis dalam testimonial. Berikan bimbingan dengan memberikan contoh-contoh testimonial yang baik atau pertanyaan panduan yang dapat membantu mereka dalam menulis testimoni yang lebih efektif.

Itu dia cara meminta testimoni kepada pelanggan agar penjualan meningkat. Pastikan Anda menghormati keputusan pelanggan jika mereka memilih untuk tidak memberikan testimonial. 

Jaga komunikasi dengan pelanggan agar tetap profesional dan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada pelanggan yang telah memberikan testimoni.

Contoh Meminta Testimoni ke Pelanggan

Cara meminta testimoni kepada pelanggan mungkin terlihat sederhana. Namun, buat Anda yang belum pernah melakukannya mungkin masih kesulitan.

Berikut KiriminAja kasih contoh cara meminta testimoni kepada pelanggan agar penjualan meningkat:

Subject: Permintaan Testimonial Anda

Halo [Nama Pelanggan],

Kami berharap Anda baik-baik saja. Kami ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan Anda dalam menggunakan produk kami. Kami sangat menghargai pelanggan seperti Anda yang telah menjadi bagian penting dari kesuksesan bisnis kami.

Kami ingin meminta bantuan Anda untuk memberikan testimonial tentang pengalaman Anda dengan produk kami. Testimonial Anda akan membantu kami dalam memperkuat reputasi kami dan juga membantu calon pelanggan lainnya dalam membuat keputusan yang tepat.

Jika Anda bersedia, berikut beberapa pertanyaan yang bisa Anda gunakan sebagai panduan untuk menulis testimonial:

  • Bagaimana Anda menilai kualitas produk kami?
  • Apa hal yang paling Anda sukai tentang penggunaan produk kami?
  • Apakah ada perubahan yang signifikan yang Anda alami setelah menggunakan produk kami?
  • Bagaimana pendapat Anda tentang layanan pelanggan kami?
  • Apakah Anda akan merekomendasikan produk kami kepada orang lain? Mengapa?

Silakan tulis testimonial Anda dengan bebas, atau jika lebih nyaman, Anda juga bisa merekam video testimonial singkat.

Sebagai tanda terima kasih atas testimonial Anda, kami ingin menawarkan diskon khusus sebesar 10% untuk pembelian selanjutnya.

Kami sangat menghargai waktu dan usaha Anda dalam membantu kami. Silakan kirim testimonial Anda ke [alamat email] atau melalui pesan langsung di media sosial kami.

Terima kasih atas kerjasamanya. Kami berharap dapat terus melayani Anda dengan baik.

Salam hangat,

[Tim Anda atau Nama Anda]

[Bisnis Anda] 

[Informasi Kontak]

Bagaimana KiriminAja Mendukung Bisnis Anda

Bagi online seller, mendapat testimoni memerlukan effort lebih karena harus mensinkronkan memastikan bisnis dan produk Anda berjalan baik di mata konsumen.

Sebagai platform penyedia jasa aggregator logistik, KiriminAja adalah solusi yang membantu Anda mengatur manajemen produk hingga manajemen pengiriman.

Sehingga distribusi produk dapat ter-record dengan jelas dan mudah dilacak. Apalagi, KiriminAja juga memungkinkan online store Anda memiliki kebebasan mengatur margin profit.

Selain itu, layanan logistik KiriminAja menawarkan harga kompetitif namun tetap memberikan kualitas pengiriman handal. 

Anda juga bisa mendapat KA Poin dalam setiap transaksi pengiriman. Sehingga, bisnis Anda tetap tumbuh sambil meraih profit tambahan, konsumen Anda puas dapat layanan kurir reliable, dan KiriminAja pun ikut tumbuh. 

Jadi, jika Anda ingin mengoptimalkan pengiriman dan memastikan cash flow bisnis tetap aman, KiriminAja siap untuk bekerja sama dengan Anda.

Untuk bisa merasakan layanan reliable aplikasi kirim paket #1 Indonesia ini, Anda hanya perlu mendaftar gratis di dashboard KiriminAja

Setelah itu, melakukan verifikasi data yang mudah dan bisa langsung mulai mengambil keuntungan dari layanan ekspedisi reliable ini. 

Artinya, cara mendapatkan testimoni pelanggan bersama KiriminAja jadi lebih mudah. Karena bisnis Anda menjalankan strategi holistik demi mencapai #CashFlowAman, profit tumbuh, retensi pembelian terjaga, dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.