Cara Menghitung Diskon untuk Memudahkan Anda Dapat Harga Terbaik

Pamungkas
1 tahun lalu
Keuangan
Tips menghitung diskon

Menawarkan diskon merupakan salah satu strategi marketing yang masih banyak digunakan. Sayangnya, tidak banyak yang tahu cara menghitung diskon dengan tepat. Kecenderungannya hanya random memberi harga diskon yang berakhir dengan bocos.  

Padahal, jika dilakukan dengan tepat, diskon dapat Anda manfaatkan untuk mendongkrak penjualan agar terus meningkat.

Istilah diskon mungkin sudah sangat familiar bagi konsumen. Namun, sebagai pelaku bisnis, apakah Anda sudah mengerti tentang strategi ini?

KiriminAja sebagai pihak yang memiliki komitmen untuk berbagi wawasan seputar bisnis kepada para pelaku usaha akan menguraikan problematika diskon ini.

Maka dari itu, dalam artikel ini telah kami rangkum tentang strategi diskon agar Anda dapat memahaminya. Yuk, mari kita baca dan pahami bersama.

Apa itu Strategi Diskon? 

Discount strategies atau strategi diskon adalah salah salah satu jenis pricing strategy yang dilakukan pebisnis dengan memberikan potongan harga produk. 

Tujuan utamanya ialah untuk meningkatkan angka penjualan. Namun di samping itu, dapat juga untuk menghabiskan persediaan lama dan meningkatkan traffic pelanggan. 

Apa Saja Jenis-jenis Diskon?

Penerapan strategi diskon perlu dilakukan dengan perencanaan yang matang agar Anda tetap mendapatkan profit. Pada dasarnya, diskon menerapkan cara kerja pricing psychology. Yaitu permainan harga yang dapat membuat konsumen tertarik membeli produk Anda. 

Berikut jenis-jenis diskon yang dapat Anda coba:

Diskon Potongan Harga

Jika menggunakan metode potongan harga, Anda hanya perlu menentukan jumlah potongan tersebut. Misalnya, Anda menetapkan potongan harga sebesar Rp. 3.500.

Hitunglah terlebih dahulu margin atau profit yang hendak Anda ambil. Setelah itu, Anda dapat menentukan harga jual yang aman jika Anda memberikan diskon sebesar Rp. 3.500.

Diskon Buy One Get One

Jenis ini dapat Anda gunakan jika persediaan barang digudang sudah terlalu banyak. Daripada menambah biaya sewa yang membebankan, tips ini dapat digunakan agar produk cepat laku.

Seperti istilahnya, diskon jenis memberikan penawaran berupa beli satu gratis satu. Sehingga, konsumen hanya perlu membayar satu item, kemudian ia akan mendapat satu item gratis.

Atau, cara ini juga dapat digunakan untuk mempromosikan produk unggulan Anda. Yaitu dengan menawarkan produk gratis yang nilainya di bawah produk unggulan tersebut.

Diskon Persenan

Diskon persenan ini banyak digunakan oleh pelaku usaha, sebab dinilai lebih eye catching. Sehingga, lebih menarik perhatian konsumen. Anda dapat menuliskan persentase diskon ini dengan ukuran dan warna yang mudah terbaca pada kemasan produk.

Diskon persenan dapat dilakukan dengan menerapkan syarat seperti join member untuk memperoleh diskon lebih. Atau metode tambahan diskon. Misalnya, diskon 30% plus 10%. Artinya diskon bertambah 10% jika konsumen membeli lebih dari satu produk.

Strategi lain yang dapat digunakan untuk diskon jenis ini bisa dengan metode up to. Misalnya diskon up to 35%, berarti tidak semua jenis produk mendapatkan diskon sebesar itu.

Namun, Anda juga dapat menerapkan diskon tanpa syarat untuk lebih menarik konsumen. Lakukan perhitungan secara matang agar Anda tetap memperoleh keuntungan.

Diskon Layanan Ongkos Kirim

Strategi diskon ini dapat digunakan untuk Anda para pelaku bisnis online. Anda tidak perlu menurunkan harga produk, tetapi dengan memberikan alternatif potongan tarif ongkos kirim.

Strategi ini banyak digunakan para pelaku bisnis yang berkecimpung di dunia e-commerce. Sebab, biaya ongkos kirim menjadi salah satu pertimbangan pelanggan untuk memutuskan membeli.

Untuk menerapkan strategi ini, Anda perlu mempelajari jenis ekspedisi pengirim beserta harganya. Tentu akan menyulitkan jika Anda harus menentukan ekspedisi yang berbeda secara manual.

Solusi untuk masalah ini, Anda dapat memanfaat fitur yang disediakan KiriminAja. Sebagai platform penyedia jasa agregator logistik, KiriminAja menawarkan kemudahan untuk mengotomatisasikan pengiriman produk.

Dengan demikian, Anda dapat memberikan penawaran ongkos kirim terbaik untuk konsumen. Strategi diskon berjalan lancar dan cash flow tetap aman.

Diskon Grosir

Diskon grosir dapat digunakan khusus untuk pembelian dalam jumlah besar atau untuk para pelaku penjualan grosir, produsen, atau pemasok kepada pedagang retail.

Untuk menerapkan diskon ini, Anda dapat memberikan persyaratan diskon berdasarkan jumlah produk yang dipesan. Misalnya, diskon 15% untuk pembelian minimal 500 item.

Agar lebih menarik lebih menarik lagi, Anda dapat menggunakan strategi loyalty member. Yaitu dengan menawarkan diskon khusus untuk member.

Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis-jenis diskon yang bisa Anda optimasi untuk menarik perhatian konsumen. KiriminAja sudah menyiapkan panduan khusus berbagai jenis diskon dan bagaimana taktik menarik perhatian konsumen ke diskon itu.

Anda hanya cukup membaca uraian yang ada di tautan tersebut untuk memahami berbagai strategi jenis diskon dan cara merangsang konsumen tertarik.

Bagaimana Cara Menghitung Diskon?

Setelah mengetahui jenis-jenis diskon, maka KiriminAja kasih salah satu contoh perhitungan diskon. Hanya saja, sebelum melanjutkan penjelasan di bawah, ada baiknya saat memahami diskon, Anda sudah mengerti soal cara berjualan online.

Karena percuma saja memahami diskon tapi tidak ada satu barang pun yang terjual. Karenanya, KiriminAja menguraikan taktik penjualan di 2023 yang diabaikan di 2022 tapi terbukti efektif meningkatkan penjualan.

Anda cukup klik tautan tersebut, membaca, memahami, dan mengkolaborasikan dengan cara perhitungan diskon di bawah ini. Yuk….

Diskon Persen Tunggal

Untuk merumuskan diskon persen tunggal, Anda perlu menetapkan harga jual produk terlebih dahulu. Pastikan Anda sudah memperhitungkan margin atau keuntungannya ya.

Kemudian, Anda dapat menentukan seberapa persen diskon yang ditawarkan. Tentu jumlah tersebut jangan sampai memotong laba dari setiap produk.

Misalnya, Anda menjual produk seharga Rp. 30.000 dengan keuntungan Rp.5000. Maka Anda dapat memberikan penawaran diskon 10% (Rp.3.000). Sehingga, Anda tetap memperoleh keuntungan Rp.2000.

Diskon Persen Ganda

Perhitungan diskon persen ganda dapat dibilang cukup rumit. Akan tetapi, cara ini cukup efektif mempengaruhi psikologi konsumen.

Jumlah diskon yang ganda akan membuat konsumen berasumsi bahwa mereka akan lebih banyak menghemat pengeluaran. Berikut perhitungan untuk diskon ganda ini:

Misalnya Anda menerapkan diskon 30% + 15%, maka perhitungannya harga jual dikali 305. Kemudian, hasilnya dikali 15%. Barulah diperoleh harga setelah mendapat potongan diskon.

Berikut rumus perhitungan agar lebih mudah dipahami:

Harga Produk Setelah Diskon Pertama = 30% x Harga Asli Produk

Harga Produk Setelah Diskon Kedua = 15% x Harga Produk Setelah Diskon Pertama

Selain menerapkan strategi diskon, sebenarnya Anda juga dapat memakai strategi lain yang yang efektif. Misalnya, strategi menekan biaya ongkos kirim.

Sebagai agregator logistik, KiriminAja mendukung Anda menekan biaya ongkir dengan cara sederhana, praktis, dan reliable.

Anda hanya perlu mendaftar di dashboard KiriminAja, lalu memilih salah satu dari sekian banyak jasa kurir yang disediakan, dan serahkan semuanya pada sistem.

Sistem otomatisasi KiriminAja yang akan membereskan semuanya untuk Anda. Jadi, Anda tidak hanya dapat harga hemat tapi juga dapat waktu proses yang singkat. Dengan begitu, Anda bisa fokus ke sektor lain di bisnis Anda.

Tak hanya itu, KiriminAja juga siap mendukung Anda dengan berbagai program pelatihan dan business talk. Tujuannya, agar bisnis Anda tetap maju dan tumbuh dengan cash flow aman serta konsumen terus bertambah, sehingga bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.