Cara Mudah Riset Produk dan Target Pasar Bisnis Online Shop Baju

Updated July 2, 2022 • Created 3 bulan yang lalu
Cara Mudah Riset Produk dan Target Pasar Bisnis Online Shop Baju

Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, untuk memulai bisnis online shop baju bagi pemula ada hal-hal yang perlu diperhatikan terlebih dulu. Kali ini kami akan menjelaskan cara riset produk dan target pasar yang benar sebelum memulai bisnis baju online.

Fungsi Melakukan Riset Produk dan Target Pasar Sebelum Memulai Jualan Online

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai caranya, ada baiknya Anda mengetahui megapa harus melakukan ini sebelum memulai bisnis online shop baju.  

Melakukan riset produk dan target pasar sebelum memulai bisnis berfungsi untuk mengenal medan pertempuran bisnis dan calon konsumen agar produk bisa laku keras di pasaran.

Dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait produk yang akan Anda jual, baik dari produk, harga, kualitas dan persaingan, maka akan memudahkan untuk bisa mendapatkan pangsa pasar yang tepat dalam menjalankan bisnisnya.

Riset produk dan target pasar ini juga bertujuan untuk memudahkan Anda dalam mengenal produk yang akan dijual serta membantu menemukan cara terbaik dalam memasarkan produk sebagai langkah pengembangan bisnis.

Lalu, bagaimana cara melakukan riset produk? Berikut ini langkah-langkahnya.

4 Cara Mudah Melakukan Riset Produk dan Target Pasar Dalam Memulai Bisnis Online

1. Memanfaatkan Aplikasi Google Trend

Cara pertama dalam melakukan riset produk adalah memanfaatkan aplikasi Google Trend.  Aplikasi ini membantu Anda dalam menentukan jenis produk baju yang bisa Anda jual.  Anda juga bisa mengetahui seberapa sering topik baju tersebut dicari oleh masyarakat.

Aplikasi ini cukup akurat untuk riset produk karena telah dilengkapi fitur lengkap yang bisa dijadikan sebagai data. Dari sini Anda bisa memperoleh informasi lokasi terbanyak orang mencari produk baju, rentang waktu pencarian produk, kategori baju, usia, hingga jenis pencariannya.

Ini juga yang kemudian bisa dijadikan sebagai patokan untuk menentukan target pasar dan strategi yang tepat dalam melakukan promosi. Bahkan Anda bisa mengetahui kepopuleran produk tersebut setiap waktu.

Cara risetnya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka aplikasi Google Trend. Lalu, ketikan kata kunci baju yang ingin Anda ketahui di kolom pencariannya. Berikut ini tampilan dari Google Trend.

Sumber: Google Trend Untuk Pencarian Gamis

2. Melakukan Survey di Lapak Pesaing

Langkah mudah berikutnya adalah melakukan survey lewat social media atau lapak langsung yang dimiliki pesaing. Hal ini bertujuan untuk melihat produk yang sedang populer dan banyak terjadi pembelian. Dengan begitu kita dapat mengetahui seberapa populer kata kunci tersebut muncul dan produk laris dan arah trend pasar kedepanya.

Misalnya, Anda mengetikan kata kunci “gamis”. Anda akan menemukan kolom pencarian Terbaru dan Produk Terlaris disana ditempat kita melihat potensi pesaing kita. Ternyata produk terbaru yang dijual di situ adalah brand Jilbrave, Abaya Tukey dan lainnya.


Sumber: Shopee

Anda juga bisa menemukan kategori lainnya untuk produk yang Anda cari. Seperti kolom terkait dan harga untuk menentukan kisaran harga dari kompetitor saat Anda akan menjual produk berupa gamis.

Bahkan Anda bisa melakukan riset lebih lanjut sesuai kebutuhan untuk memahami produk gamis yang akan dijual secara lengkap. Melalui riset produk singkat inilah, Anda bisa memperkirakan bahwa produk tersebut bisa laris di pasaran dan sudah bisa memperkirakan target pasarnya siapa saja.

3. Menggunakan Aplikasi Google Keyword Planner

Melakukan riset produk dan target pasar untuk memulai bisnis online shop baju juga bisa menggunakan aplikasi Google Keyword Planner.

Aplikasi ini bisa memberikan informasi secara lengkap terkait ide keyword yang dicari pengguna Google, jumlah volume keyword tertentu, dan estimasi performa keyword sebagai pertimbangan untuk menggunakan produk tersebut.

Misalnya, Anda mengetikan keyword “gamis”. Hasil pencarian Google Planner menunjukan data seperti di bawah ini.

Sumber: Google Keyword Planner

Untuk keyword “Gamis” dicari di Google sebanyak 20 ribu- 100 ribu kali dalam sebulan. Anda juga bisa melihat informasi terkait lainnya seperti gamis syari remaja, gamis cantik, gamis busui, dan lain-lain.

Dari hasil riset di Google Planner itu, Anda bisa menentukan. Apakah Anda akan menggunakan gamis syari untuk remaja atau gamis syari cantik untuk dijadikan sebagai keyword utama Anda berjualan baju online.

Agar hasil pencarian keyword “gamis” lebih spesifik. Anda bisa menyaring keyword dengan fitur Refine Keyword. Anda juga bisa memunculkan pencarian merk, jenis kelamin dan data lainnnya disana.

4. Melihat Review Produk Serupa Dari Kompetitor

Hal yang juga bisa Anda lakukan saat riset produk dan target pasar, yakni melihat testimoni produk serupa dari kompetitor. Biasanya, produk yang penjualannya tinggi dan sedang trending banyak diulas oleh konsumen.

Anda bisa memanfaatkan review-review konsumen kompetitor untuk melihat kualitas bahan yang digunakan, jahitan baju, kemasan produk hingga free-gift untuk pembeli. Dengan testimoni ini, Anda bisa meniru atau memodifikasi strategi promosi kompetitor untuk diterapkan di bisnis Anda.

Langkah riset produk menggunakan review dapat membantu dalam menemukan keunggulan dan kekurangan produk yang dijual.  Ketika akan menciptakan produk yang serupa untuk memulai bisnis, Anda bisa membuat strategi bagaimana menciptakan produk yang lebih baik dari kompetitor nantinya.

Tidak hanya itu, bagi Anda yang berniat menjadi seorang reseller baju online, langkah ini juga tepat untuk memutuskan apakah produk tersebut layak dijual.

Sumber: Shopee

Saran terbaik untuk melihat review produk dari kompetitor yaitu lakukan di berbagai platform seperti Youtube, Marketplace, Media Sosial Instagram, Blog hingga dari konsumen langsung yang sudah menggunakan produk tersebut.

Melalui 4 langkah di atas, Anda bisa menentukan produk baju yang akan dijual secara online tanpa ragu karena sudah memiliki cukup data untuk menyusun strategi penjualannya. Bahkan, Anda sudah bisa menentukan dimana Anda akan memasarkan produk tersebut secara besar-besaran.

Untuk membantu mempermudah dalam menjalankan usaha terutama dalam hal pengiriman barang, gunakan aplikasi KiriminAja sebagai partner bisnis Anda.

KiriminAja merupakan aplikasi untuk pengiriman paket seluruh ekspedisi, yang memudahkan para pebisnis online dalam mengelola pengiriman paketnya.  Aplikasi ini juga menawarkan berbagai diskon menarik setiap bulannya untuk Anda. Yuk, download dan instal aplikasi KiriminAja sekarang di handphone Anda! Pelajari lebih lanjut aplikasinya disini.

Related posts:
  1. Cara Mencari Distributor Skincare Terpercaya
  2. Menyiapkan Modal untuk Bisnis Skincare
  3. Keuntungan dan Tantangan Bisnis Menjadi Reseller Skincare
  4. Ini 5 Aktivitas Marketing Agar Customer Berpotensi Mau Beli
  5. 4 Langkah Dasar Sebelum Produk Diluncurkan di Market
Dwika
Author
Dwika
Tags No tags.
Bagikan