Tutorial Gojek: Panduan Lengkap Cara pakai GoSend untuk Ambil Barang

Pamungkas
1 tahun lalu
Teknologi Bisnis
Cara pakai gosend untuk ambil barang

Sebagai agregator logistik, KiriminAja memahami bagaimana ribetnya cara pakai GoSend untuk ambil barang. Padahal GoSend sangat penting sebagai jasa kurir paket jarak dekat.

Apalagi, tahun 2023 ini ditandai dengan makin maraknya transaksi jual-beli online yang menawarkan jasa pengiriman yang praktis. Seperti halnya GoJek yang menyediakan layanan Go-Send.

Go-Send adalah sistem pengiriman barang dimana driver akan mengambil barang dari alamat pengirim, kemudian langsung mengirimkan ke alamat penerima.

Melalui Go-Send, konsumen dapat lebih mudah mendapatkan barang yang diinginkan dengan cepat. Selain itu, alternatif pembayaran yang beragam juga menjadi nilai tambah. 

Untuk lebih mudah dalam mengambil barang melalui Gojek, Anda dapat langsung mendaftar di aplikasi Gojek khusus customer. Jangan lupa isikan data diri yang lengkap agar memudahkan transaksi apapun nantinya. 

Berikut telah KiriminAja rangkum ketentuan serta cara untuk mengambil barang lewat Go-Send.

Ketentuan Barang yang Dapat Dikirim Melalui Go-Send

Dikarenakan Go-Send merupakan ekspedisi khusus untuk jarak dekat dan cepat, maka diberlakukan beberapa ketentuan sebagai berikut:

  • Bukan barang berbahaya, benda terlarang, serta makhluk hidup
  • Barang berukuran maksimal panjang 70 cm, lebar 50 cm, tinggi 50 cm, dan berat 20 kg
  • Tidak ada layanan pengemasan
  • Terdapat layanan asuransi sebagai jaminan keamanan barang yang dikirim.

Selanjutnya, sebelum menggunakan fitur Go-Send, pastikan Anda sudah aktivasi akun Gojek. Jangan lupa verifikasi data pribadi Anda juga. Tujuannya agar setiap transaksi dapat dipertanggungjawabkan.

Kabar baiknya, KiriminAja sudah menyiapkan panduan cara mengirim barang lewat Gojek atau GoSend. Anda hanya perlu klik tautan tersebut.

Selain itu, kelengkapan data dan alamat juga dapat mempermudah driver dalam aktivitas pengambilan maupun pengiriman barang.

Cara Pakai GoSend Untuk Ambil Barang

Pengambilan barang lewat Go-Send, dapat menggunakan tiga alternatif. Cara tersebut berupa pengambilan barang lewat aplikasi Gojek, pengambilan barang lewat gojek melalui toko online, dan pengambilan barang lewat gojek di lokasi yang berbeda.

Untuk penjelasan lebih lanjut, Anda dapat menyimak cara-caranya sebagai berikut.

Pengambilan Barang Lewat Aplikasi Gojek

Saat hendak melakukan pengambilan barang melalui aplikasi Gojek, Anda perlu menentukan terlebih dahulu lokasi pengambilan atau pick up. Untuk lebih mudah, berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan:

  • Masuk ke aplikasi Gojek sebagai customer.
  • Pilih menu go send.
  • Kemudian akan muncul pilihan dalam kota atau juga luar kota. Pilih sesuai kebutuhan Anda.
  • Setelah itu tunggu beberapa saat sampai lokasi kalian terdeteksi dengan baik.
  • Selanjutnya Anda akan mendapat pertanyaan “mau kirim paket ke mana?”
  • Isikanlah alamat Anda secara lengkap. Jika alamat tersebut memiliki nomor khusus atau tidak terdeteksi pada lokasi Google Maps, Anda dapat menambahkan keterangan di bagian catatan.
  • Setelah itu masukkan nama dan nomor penerima agar driver mudah untuk menghubungi.
  • Selanjutnya klik pada tombol lanjut.
  • Lalu Anda akan diminta untuk mengisikan detail pengambilan paket. Isi semua data yang dibutuhkan sesuai dengan alamat, nama, dan nomor pemegang barang.
  • Pastikan data pengirim dan penerima sudah benar.
  • Kemudian Anda dapat mengklik tombol “lanjut” dan akan ditampilkan detail pengiriman beserta ongkos kirimnya.

Setelah melakukan order pengambilan barang, Anda dapat memantau keberadaan driver. Sehingga Anda dapat mengetahui estimasi kapan driver sampai.

Untuk mempermudah komunikasi dengan driver, Anda dapat menggunakan fitur chat dari Gojek. Misalnya untuk memberitahu informasi dan detail tambahan.

Cara Mengambil Barang Lewat Gojek Melalui Toko Online

Cara ini merupakan metode yang dapat memudahkan transaksi berbelanja online. Anda melakukan pesanan belanja dengan cara mengambil barang melalui toko online. Berikut cara-caranya:

  • Tentukan barang di toko online yang Anda pilih.
  • Masukkan barang tersebut ke dalam keranjang atau dapat juga check-out secara langsung.
  • Selanjutnya, Anda dapat melihat detail pesanan seperti harga, ukuran, dan sebagainya.
  • Setelah yakin untuk membeli, Anda dapat memilih ekspedisi pengiriman.
  • Ubah pengiriman menggunakan Gojek, Anda dapat memilih pengiriman instan atau same day.
  • Tentukan durasi waktu pengiriman yang ingin digunakan.
  • Kemudian, isi alamat lengkap beserta nama dan nomor penerima. Anda juga dapat menambahkan catatan jika alamat tidak terdeteksi google maps.
  • Setelah memastikan pesanan dan alamat benar, Anda dapat melakukan pembayaran harga barang dan ongkos kirimnya.
  • Pesanan Anda pun selesai. Sembari menunggu, Anda dapat melacak keberadaan driver dengan menggunakan live tracking.

Cara Mengambil Barang Lewat Gojek di Lokasi Berbeda

Alternatif yang terakhir ini dapat Anda pakai jika Anda tidak berada di lokasi penerima. Misalnya, Anda ada keperluan mendesak ke rumah saudara, tetapi barang segera Anda butuhkan.

Maka, Anda dapat mengubah lokasi penerimaan secara manual. Yaitu dengan menghubungi  driver secara langsung. Anda dapat menggunakan fitur live chat atau menghubungi driver lewat WhatsApp.

Kemudian lakukan kesepakatan dengan driver terkait perubahan lokasi penerimaan. Serta negosiasikan tambahan ongkos kirim jika lokasi lebih jauh dari lokasi awal.

Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan lokasi penerimaan sesuai dengan kebutuhan. Sehingga transaksi Anda dapat lebih fleksibel.

Sebagai konsumen, tentu Anda menginginkan kepraktisan dalam berbelanja online. Selain itu, Anda juga pasti menginginkan pengiriman yang aman dengan biaya ongkos kirim yang terjangkau.

Sebagai partner KiriminAja, Go-Send dapat menjadi salah satu alternatif Anda pilih untuk memudahkan kegiatan belanja online Anda. KiriminAja sebagai platform penyedia jasa aggregator logistik juga memberikan kemudahan-kemudahan lain dalam bisnis online.

Kami juga menyediakan berbagai fitur, seperti management order, management staff, management inventory, gudang, serta multi ekspedisi. 

Anda dapat mengakses fitur-fitur tersebut secara gratis di dashboard KiriminAja. Setelah itu, Anda melakukan beberapa verifikasi, dan langsung bisa merasakan berbagai layanan serta harga hemat layanan berbagai layanan kurir terbaik Indonesia.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.