Cara Cepat dan Praktis Cetak Resi JNE dengan Berbagai Metode

Pamungkas
1 tahun lalu
Teknologi Bisnis
Cara buat resi jne

Bagi Anda yang baru memulai bisnis online mungkin masih belum mengetahui cara cetak resi JNE. Padahal ada sejumlah metode yang bisa digunakan untuk melakukannya. 

Apalagi, menjalankan bisnis online memang tidak bisa lepas dari penggunaan layanan jasa ekspedisi. JNE adalah salah satu dari sekian banyak jasa kurir Indonesia yang diandalkan online seller..

Melalui JNE, Anda dapat menggunakan berbagai jenis pengiriman sesuai dengan kebutuhan, seperti JTR, YES, dan Reguler. 

Bagaimana Cara Cetak Resi JNE?

Bagi Anda yang membuka toko di marketplace akan lebih mudah untuk mencetak resi. Sebab, marketplace memberikan kemudahan untuk mencetak resi secara otomatis.

Sehingga, Anda tidak perlu repot-repot menulis alamat pengiriman secara manual. Pengiriman produk pun dapat lebih mudah dan cepat, serta dapat melacak pengiriman secara real time.

Namun, jika tidak menggunakan marketplace apa pun, Anda juga masih bisa mencetak resi secara otomatis dan praktis. Yaitu menggunakan fitur manajemen order yang tersedia di KiriminAja.

Sebagai platform penyedia jasa aggregator, KiriminAja dapat membantu mengotomatisasikan pengiriman produk Anda hanya melalui satu pintu. Anda dapat mengunjungi website KiriminAja untuk mengenal kami lebih jauh.

Cara Buat Resi JNE Manual

Cara manual ini dapat Anda gunakan jika tidak memiliki printer atau printer sedang rusak. Sehingga Anda tidak perlu mencetak resi sendiri.

Sebelum berbicara tentang cara mencetak resi pengiriman JNE secara manual, perlu Anda ketahui bahwa JNE juga menyediakan pelayanan bernama JOB.

JOB (JNE Online Booking) adalah layanan pemesanan tiket JNE secara online dimana Anda dapat mengisi resi pengiriman dan melakukan pembayaran biaya pengiriman secara online dimana saja.

Layanan ini dapat digunakan untuk semua jenis pengiriman. Baik pengiriman JNE Trucking, JNE YES, maupun Reguler. Selain itu, layanan ini juga terintegrasi di marketplace. Sehingga Anda juga langsung dapat menggunakannya.

Untuk membuat resi JNE secara manual adalah sebagai berikut:

  • Caranya ialah dengan melakukan prosedur pengiriman seperti biasa melalui marketplace. Kemudian Anda tidak perlu mencetaknya menggunakan printer.
  • Tuliskan saja nama penerima dan nomor resi JNE yang tertera di daftar pesanan pada kertas. Kemudian tempel pada paket yang hendak dikirim.
  • Selanjutnya tunjukkan nomor resi tersebut kepada petugas JNE dan katakana bahwa paket tersebut merupakan pengiriman dari marketplace.
  • Petugas JNE akan mencetakkan resi untuk paket Anda dan pengiriman pun selesai. Pembeli juga sudah dapat mengakses resi pengiriman melalui marketplace langsung.

Meskipun mudah, tetapi prosedur ini tidak disarankan untuk pengiriman dalam jumlah yang banyak ya. Jadi, apabila pesanan di toko online selalu banyak, akan lebih baik jika Anda memiliki printer sendiri.

Sebab akan memakan waktu lebih banyak jika Anda harus melakukan cetak resi manual ini di counter JNE langsung.

Cara Cetak Resi JNE Melalui KiriminAja

Seperti yang sudah kita singgung di awal, KiriminAja juga memberikan pelayanan untuk cetak resi bagi para pengguna JNE. Sebab, JNE telah mengintegrasikan pelayanannya bersama KiriminAja untuk mempermudah penggunanya.

Kabar baiknya lagi, KiriminAja juga memudahkan Anda mengirim paket dengan jasa kurir selain JNE. Salah satu kurir Indonesia yang bekerja bersama KiriminAja adalah J&T.

Demi memahami bagaimana collab KiriminAja dan J&T, Anda bisa melihat uraian detail cara menulis alamat paket J&T. Dari situ Anda akan tahu bagaimana KiriminAja memudahkan sistem pengiriman bisnis.

Anda dapat mencetak resi pengiriman secara otomatis melalui fitur manajemen order yang tersedia di KiriminAja. Anda hanya perlu mengunjungi dashboard KiriminAja untuk menggunakan fitur tersebut.

Untuk dapat mempermudah menggunakan fitur manajemen order, Anda perlu mendaftarkan bisnis Anda ke KiriminAja terlebih dahulu. Caranya dengan registrasi sebagai berikut:

  • Buka website KiriminAja via komputer atau smartphone. Atau juga dapat melalui aplikasi KiriminAja yang tersedia di PlayStore
  • Isi informasi seputar nama toko, nama lengkap, email, nomor WhatsApp, password, kode referral (jika ada)
  • Lakukan verifikasi
  • Selesai.

Setelah melakukan registrasi, Anda dapat langsung menggunakan fitur manajemen order untuk mencetak resi pengiriman JNE secara otomatis.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.