ChatGPT Sam Altman: Cara Kerja, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangan

Danusantoso
5 bulan yang lalu
Bisnis
cara kerja chat gpt

Belakangan ini, Chat GPT banyak diperbincangkan karena dinilai dapat mempermudah pekerjaan manusia. Chat GPT sendiri merupakan platform kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh perusahaan OpenAI.

Meskipun ramai diperbincangkan, masih banyak juga yang belum mengerti bagaimana cara kerja Chat GPT. Padahal, chatbot ini dapat membantu para pelaku bisnis dalam membuat campaign marketing. 

Selain itu, platform ini juga aman digunakan dan yang terpenting ialah gratis. Walaupun OpenAI juga membuat Chat GPT Plus dengan fitur yang lebih lengkap, tetapi berbayar.

Buat Anda yang ingin mencoba Chat GPT untuk bisnis, langsung saja yuk simak pembahasannya dalam artikel ini.

Chat GPT Adalah Inovasi Terkini

Chat GPT (Generative Pre-trained Transformer) adalah kecerdasan buatan jenis chatbot yang dikembangkan oleh perusahaan OpenAI.

Tool ini dirancang untuk dapat memproses dan memproduksi bahasa manusia. Di mana ia dapat mengerjakan perintah secara cepat dan otomatis.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu memberikan prompt atau pertanyaan. Kemudian ChatGPT akan secara cepat memberikan respons atau feedback atas perintah yang Anda berikan tersebut.

Anda dapat memulai untuk menggunakan Chat GPT dengan cara berikut:

  • Masuk ke halaman login Chat GPT
  • Masukkan email dan password untuk membuat akun terlebih dahulu
  • Kemudian klik Continue
  • Masukkan nomor telepon untuk mendapatkan verifikasi
  • Setelah mendapatkan kode verifikasi, Anda dapat login dan mulai menggunakan Chat GPT untuk keperluan bisnis dan lainnya.

Bagaimana Cara Kerja ChatGPT?

Setelah mengetahui apa itu ChatGPT, mungkin Anda masih bertanya-tanya bagaimana sih cara kerja tools ini? Kok bisa mengerjakan perintah yang diberikan dengan cepat?

Jadi, ChatGPT adalah program yang dilatih menggunakan machine learning. Yaitu sebuah kecerdasan buatan yang dirancang untuk mendidik algoritma agar dapat menjalankan tugas tanpa arahan dari manusia. 

Artinya, tools ini dilatih menggunakan data yang berisi pola bahasa manusia dengan tujuan dapat mengerjakan perintah secara otomatis. Oleh karena itu, respons yang diberikan ChatGPT dapat lebih natural seperti halnya hasil pekerjaan manusia. 

Semakin banyak data yang untuk dipelajari, maka kemampuan ChatGPT dalam menjawab perintah akan semakin meningkat.

Berikut proses ChatGPT dalam menjawab perintah:

  • Memberikan input: ini adalah tahap dimana Anda memberikan pertanyaan atau instruksi.
  • Tokenisas input: kalimat perintah yang sudah diinput akan dibagi menjadi per kata (token) dan kemudian diurutkan untuk diproses oleh mode. 
  • Embed input: proses mengubah teks yang sudah ditokenisasi menjadi vektor agar Chat GPT bisa memahami maknanya.
  • Pemrosesan model: proses dimana ChatGPT menggunakan model bahasa yang telah dilatih sebelumnya untuk menghasilkan respons.
  • Memberikan respons: Chat GPT menampilkan teks output yang merupakan jawaban dari pertanyaan atau instruksi dari pengguna.

Cara Menggunakan ChatGPT

Cara menggunakan Chat GPT sangatlah mudah. Anda hanya perlu menginput prompt atau pertanyaan dalam bentuk teks di kolom yang tersedia. Kemudian kirim ke Chat GPT dan akan secara otomatis diproses.

Setelah proses selesai, respons atas pertanyaan tersebut akan disajikan dalam bentuk teks juga. Jika jawaban tersebut kurang memuaskan, Anda juga dapat memberikan perintah yang lebih spesifik.

Selain itu, tidak ada batasan terkait kualifikasi prompt-nya. Ini berarti Anda dapat membuat prompt apa saja sesuai dengan kebutuhan.

Mulai dari membuat artikel SEO, membuat parafrase teks, melakukan coding, membuat strategi marketing, membuat cover letter, meringkas teks, membuat teks copy, dan sebagainya.

Fungsi dan Manfaat ChatGPT

Berikut adalah fungsi dan manfaat ChatGPT untuk kegiatan bisnis Anda:

Menjawab Pertanyaan Sulit

Chat GPT dapat membantu Anda dalam menjawab pertanyaan sulit secara langsung. Anda hanya perlu menginput prompt sesuai kebutuhan.

Konsep chat secara langsung membuat Chat GPT berbeda dengan Google. Jika melakukan pencarian di Google, biasanya Anda akan diberikan pilihan artikel yang membuat pertanyaan yang diajukan.

Sedangkan melalui Chat GPT, Anda akan mendapatkan respons langsung sesuai dengan prompt. Sehingga, untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan sulit akan lebih mudah.

Mengerjakan Artikel

ChatGPT juga dapat digunakan untuk membuat artikel. Ini akan membantu Anda dalam membuat konten campaign untuk situs web atau platform lainnya.

Anda hanya perlu membuat prompt yang memuat kata-kata terkait artikel, topik, gaya bahasa, model tulisan, dan sebagainya sesuai kebutuhan.

Mengerjakan Coding

Chat GPT juga berguna di bidang IT terutama untuk membantu mengerjakan coding dan debugging. Misalnya, Anda ingin mencari tahu penyebab kesalahan di coding JavaScript.

Kelebihan dan Kekurangan Chat GPT

Terakhir, KiriminAja kasih tahu nih apa saja kelebihan dan kekurang dari ChatGPT. Berikut diantaranya:

Kelebihan Chat GPT:

  • Menggunakan bahasa manusia sehingga lebih natural.
  • Dapat mengingat dan merespons pertanyaan yang sudah ditanyakan sebelumnya.
  • Dilatih untuk tidak menjawab permintaan yang kurang pantas, seperti mengandung sara, kekerasan, pembulian, dan sebagainya.

Kekurangan Chat GPT: 

  • Jawaban Chat GPT tidak selalu akurat karena data-data yang digunakan untuk training belum dicek keabsahannya. 
  • Chat GPT tidak meminta klarifikasi jika Anda memberi prompt yang ambigu, kecerdasan buatan ini justru akan menerka-nerka apa yang Anda maksud dan memberikan respons yang mungkin tidak sesuai dengan keinginan Anda.
  • Data yang digunakan untuk training Chat GPT hanya sampai tahun 2021.

Itu dia pembahasan terkait Chat GPT yang dapat Anda manfaatkan untuk aktivitas bisnis seperti campaign marketing, membuat jadwal, dan sebagainya.

Temukan informasi terkait bisnis online lainnya di blog KiriminAja. Sebagai aplikasi kirim paket #1 di Indonesia, KiriminAja berkomitmen membantu para pelaku bisnis dalam mengembangkan usahanya.

Dengan mendaftar secara gratis di Dashboard KiriminAja, Anda dapat mengatur manajemen logistik dan pengiriman dengan kebebasan menentukan margin profit.

Tunggu apalagi, yuk kerjasama bareng KiriminAja agar #CashFlowAman, bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.