Cloud Computing: Fungsi, Contoh, Jenis, Cara Kerja, & Kekurangannya

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
jenis-cloud-computing

Cloud computing adalah model pengkomputasian yang memungkinkan akses ke sumber daya komputasi, seperti server, jaringan, dan perangkat lunak, melalui internet. 

Contoh cloud computing seperti aplikasi layanan email untuk membuat domain email bisnis, cloud storage untuk penyimpanan data berbasis digital, dan masih banyak lagi.

Yuk, pelajari lebih lanjut tentang definisi cloud computing, fungsi & manfaat, contoh penggunaanya, jenis, cara kerja, serta kelebihan dan kekurangan cloud computing.

Cloud Computing Adalah Teknologi Bisnis yang Wajib Diterapkan

Cloud computing adalah model pengkomputasian yang memungkinkan akses ke sumber daya komputasi, seperti server, jaringan, dan perangkat lunak, melalui internet. 

Istilah “cloud” merujuk pada internet itu sendiri, sedangkan “computing” mengacu pada penyediaan sumber daya komputasi seperti pemrosesan data, penyimpanan, dan jaringan.

Dalam cloud computing, sumber daya komputasi disediakan oleh penyedia layanan cloud yang mengelola dan menjaga infrastruktur yang diperlukan. 

Anda dapat mengakses sumber daya ini melalui internet untuk menjalankan aplikasi, menyimpan data, dan melakukan pemrosesan yang kompleks tanpa harus memiliki infrastruktur sendiri. 

Simak juga contoh bisnis/company saas di sini.

Fungsi & Manfaat Cloud Computing

Cloud computing memiliki berbagai fungsi dan manfaat yang membuatnya populer di kalangan organisasi dan individu. Berikut beberapa fungsi dan manfaat utama dari cloud computing:

Penyimpanan Data

Cloud computing memungkinkan Anda untuk menyimpan dan mengelola data secara aman di pusat data yang dikelola oleh penyedia cloud. 

Aksesibilitas

Cloud computing memungkinkan akses ke data dan aplikasi dari mana saja dan kapan saja melalui internet. Anda dapat mengakses data menggunakan berbagai perangkat, seperti komputer, laptop, smartphone, atau tablet, tanpa batasan fisik atau lokasi geografis tertentu.

Skalabilitas

Cloud computing memungkinkan Anda untuk dengan mudah menyesuaikan skala sumber daya komputasi sesuai dengan kebutuhan saat ini. Sehingga, dapat menghindari investasi awal yang besar dan hanya membayar untuk sumber daya yang digunakan.

Kolaborasi dan Berbagi

Cloud computing memfasilitasi kolaborasi antara pengguna dengan menyediakan akses bersama ke data dan aplikasi. Sehingga, Anda dan tim dapat dengan mudah berbagi dan mengedit dokumen secara bersama-sama, serta meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja.

Optimasi Website Toko Online

Jika Anda menjalankan bisnis secara online, cloud computing juga berperan dalam optimasi website toko online. tujuannya tentu untuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan.

KiriminAja sudah menyiapkan uraian detail memahami bagaimana sistem kerja cloud computing dan bisnis Anda. Dengan memahami penjelasan tersebut, Anda akan lebih mengerti bagaimana praktik cloud computing dan optimasinya untuk bisnis Anda.

Contoh Penggunaan Cloud Computing

Berikut beberapa contoh cloud computing yang dapat Anda gunakan:

Aplikasi Layanan Email

Layanan email dapat Anda gunakan untuk membuat email khusus dengan domain bisnis. Sehingga, bisnis Anda akan terlihat lebih profesional dan  meningkatkan brand awareness. Salah satu layanan email yang dapat Anda gunakan ialah Zimbra.

Aplikasi Cloud Storage

Cloud storage adalah media penyimpanan data berbasis digital yang dapat Anda akses  kapan saja dan di mana saja menggunakan koneksi internet. Salah satu contoh cloud storage adalah FileBox yang dapat Anda gunakan melalui Cloudmatika.

Jenis Cloud Computing

Ada tiga jenis utama dalam model layanan cloud computing yang dikenal sebagai “as a Service” (aaS). Berikut pembahasan lebih lanjutnya:

Infrastructure as a Service (IaaS)

IaaS merupakan jenis cloud computing yang menyediakan akses ke sumber daya komputasi dasar seperti server virtual, jaringan, dan penyimpanan. 

Anda memiliki kontrol penuh atas lingkungan Anda dan bertanggung jawab untuk mengelola sistem operasi, perangkat lunak, dan aplikasi yang dijalankan di atas infrastruktur yang disediakan.

Platform as a Service (PaaS)

PaaS menyediakan lingkungan pengembangan lengkap, termasuk infrastruktur dasar seperti server, jaringan, dan penyimpanan, serta middleware, perangkat lunak pengembangan, dan alat pengembangan. 

Pada model ini, Anda dapat fokus pada pengembangan aplikasi dan tidak perlu mengelola infrastruktur yang mendasarinya.

Software as a Service (SaaS)

SaaS menyediakan aplikasi perangkat lunak yang siap digunakan melalui internet. Semua pemeliharaan dan manajemen aplikasi biasanya dilakukan oleh penyedia layanan cloud.

Anda dapat mengakses dan menggunakan aplikasi tersebut melalui browser web atau antarmuka khusus, tanpa perlu menginstal atau mengelola aplikasi di perangkat. 

Cara Kerja Cloud Computing

Cara kerja cloud computing melibatkan penggunaan internet. Dimana data dan aplikasi yang Anda butuhkan akan diunggah ke server cloud melalui jaringan internet.

Server cloud sendiri terletak di pusat data dan sudah dilindungi dengan sistem keamanan seperti enkripsi atau firewelling. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir data perusahaan akan bocor.

Setelah data diproses dan diunggak ke server cloud, selanjutnya akan diolah menggunakan sumber daya komputasi dalam sistem cloud. Data tersebut dapat Anda akses kapan saja dan di mana saja menggunakan internet.

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing 

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan cloud computing. 

Kelebihan Cloud Computing

  • Kemampuan untuk dengan mudah menyesuaikan kapasitas sumber daya komputasi sesuai kebutuhan.
  • Data dan aplikasi dapat diakses dari mana saja dan kapan saja melalui internet, memungkinkan kolaborasi tim yang terdistribusi dan akses yang fleksibel.
  • Mengurangi kebutuhan akan infrastruktur fisik, biaya perawatan, dan pemeliharaan, serta membayar hanya untuk sumber daya yang digunakan.
  • Keamanan dan pemulihan bencana.

Kekurangan Cloud Computing

  • Ketergantungan pada Koneksi Internet
  • Kerahasiaan dan Keamanan Data
  • Keterbatasan Kontrol
  • Ketergantungan pada Penyedia Layanan

Dengan memanfaatkan pemahaman tentang biaya marginal dan menerapkan strategi yang tepat, Anda dapat mengambil keputusan yang lebih baik dalam menentukan harga jual dan meningkatkan profitabilitas bisnis Anda.

Selain memahami konsep cloud computing, berarti Anda juga harus menerapkan bisnis tambahan yang dapat membantu menjaga bisnis online Anda tetap menarik di mata konsumen.

Misalnya, menyediakan layanan logistik dengan harga hemat namun tetap memberikan kualitas pengiriman yang handal. Dalam hal ini, KiriminAja dapat menjadi solusi yang tepat.

Dengan KiriminAja, Anda dapat memiliki toko online yang memberikan kebebasan dalam mengatur margin keuntungan, sekaligus menawarkan kemampuan manajemen produk yang baik.

Dengan mengoptimalkan margin profit dan menjaga arus kas tetap aman, Anda dapat fokus dalam menjangkau konsumen baru dan menjaga kestabilan bisnis Anda.

Salah satu keuntungan lainnya adalah KiriminAja memberikan pelayanan prima tanpa membutuhkan banyak usaha dari Anda. Anda hanya perlu mendaftar secara gratis di Dashboard KiriminAja.

Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan berbagai layanan yang ditawarkan untuk menjaga aliran kas bisnis tetap aman dan bisnis Anda tetap tenang.

Yuk, jangan ragu untuk mendaftar di dashboard KiriminAja dan bersiaplah untuk menghadapi tahun-tahun berbisnis dengan teknologi cloud computing demi #CashFlowAman dan bisnis yang tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.