Contoh Iklan Facebook & Headline untuk Menarik Audiens Bisnis Anda

Pamungkas
1 tahun lalu
Ecommerce
Contoh Copywriting Iklan di Facebook

Bagi Anda yang pebisnis digital atau praktisi digital marketing, inspirasi adalah hal penting dan harus dijemput. Karena itulah, KiriminAja merangkum sejumlah contoh iklan Facebook untuk Anda.

Apa yang ditampilkan di sini juga bisa menjadi contoh iklan Instagram. Apalagi, perlu diingat bahwa Instagram dan Facebook dimiliki oleh satu grup usaha yang sama, yaitu Meta.

Sehingga, Anda bisa mendapat inspirasi bagaimana membuat iklan media sosial yang relevan dan menarik di mata audiens.

Seperti kita tahu bersama, layanan Facebook Ads sendiri menawarkan cukup banyak opsi pemasangan iklan yang bisa Anda gunakan. Mulai dari iklan banner, video, carousel ads, poll ads, lead ads, hingga dynamic ads. 

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa melakukan eksperimen pada berbagai jenis iklan tersebut secara bergantian.

Uraian contoh iklan di media sosial yang dibahas ini diharapkan bisa jadi inspirasi Anda untuk mengenali karakteristik iklan Facebook serta memahami bagaimana cara membuatnya.

Contoh Iklan Facebook Berbagai Merk

Ada banyak contoh promosi di Facebook menarik yang bisa dijadikan sebagai referensi. Berikut ini merupakan beberapa contoh iklan Facebook menarik dari berbagai brand.

Contoh Iklan Facebook ASUS Indonesia

Contoh iklan facebook Asus

Produk elektronik merupakan salah satu komoditas yang sering diiklankan lewat media sosial. Salah satu brand yang sering menjalankan iklan ini adalah ASUS Indonesia.

Salah satu contoh iklan Facebook dari ASUS Indonesia bisa menjadi inspirasi Anda.

Konsep iklan di Facebook yang mereka gunakan pun cukup variatif sesuai target pengguna.

Contohnya seperti berikut ini dimana mereka menawarkan solusi bagi anak muda yang punya produktivitas tinggi di dunia kerja.

Apa yang bisa kita pelajari dari contoh iklan ini?

  • Menggunakan copywriting yang padat dan jelas
  • Menyertakan foto produk di dalam banner iklan
  • Memberikan penjelasan fitur unggulan dari produk yang dipromosikan

Contoh Iklan Facebook Aice FIFA World Cup 2022

Contoh iklan fb aice

Iklan tidak harus selalu menonjolkan kata-kata promosi untuk kepentingan jualan. Anda bisa melihat contoh advertisement product dari Aice tersebut.

Aice berhasil menggabungkan trend Piala Dunia 2022 dan influencer yang memang sudah familiar di tengah masyarakat.

Jenis iklan seperti ini biasanya punya tujuan untuk brand awareness, kepentingan edukasi, atau soft selling. Penggunaan konten berbasis video juga semakin menarik bagi audiens untuk mencerna pesan yang ingin disampaikan perusahaan.

Contoh Iklan Facebook Telkomsel 5G

Contoh iklan fb telkomsel 5g

Internet super cepat dan jangkauan sinyal yang luas adalah dua di antara banyak value perusahaan yang ditawarkan Telkomsel. Untuk mempertegas posisi tersebut di tengah masyarakat, Telkomsel menjalankan iklan terkait produk jaringan 5G mereka dengan cukup menarik.

Pertama, alih-alih menggunakan warna merah sebagai identitas perusahaan, Telkomsel menggunakan ilustrasi gambar dengan tone gelap yang terkesan lebih mewah dan elegan.

Penulisan copy iklan juga sangat padat dan singkat, sehingga tidak menimbulkan multi tafsir dari audiens.

Contoh Iklan Facebook AQUA

Contoh iklan fb aqua

Sebagai salah satu brand air minum dalam kemasan populer di Indonesia, AQUA kerap menggunakan materi iklan yang disesuaikan dengan calon pelanggan. 

Nah, AQUA berhasil memberikan contoh copywriting yang menarik karena memakai bahasa Jawa.

Tujuannya, tentu agar brand lebih dekat dengan target pasar yang dibidik, yaitu orang-orang yang berbahasa Jawa.

Dari contoh iklan Facebook ini Anda bisa belajar bagaimana cara menentukan brand positioning. Hal tersebut sangat penting untuk menunjang aktivitas kampanye di media sosial agar terlihat lebih natural.

Contoh Iklan Facebook Wardah Cosmetics

Contoh iklan fb wardah cosmetic

Contoh iklan Facebook menarik berikutnya bisa Anda lihat dari konten Wardah Cosmetics. Di sini Anda bisa mendapatkan beberapa ide unik untuk menarik calon pelanggan.

Pertama, Wardah menggunakan teknik penulisan AIDA Awareness (Kesadaran/Daya Tarik), Interest (Minat), Desire (Keinginan), dan Action (Aksi) untuk membuat caption lebih menarik.

Selain itu, pemilihan tone warna pada banner yang digunakan juga nyaman dilihat tanpa harus meninggalkan warna resmi perusahaan.

Terakhir, dari segi Call to Action, Wardah memilih mengarahkan calon pelanggan ke toko resmi mereka di Shopee yang relatif lebih populer dikalangan kaum perempuan.

Contoh Iklan Gojek di Facebook

Contoh iklan fb di Gojek

Salah satu kelebihan menggunakan iklan digital seperti Facebook Ads adalah bisa melakukan targeting sesuai lokasi pengguna. Gojek terlihat memanfaatkan fitur ini untuk menarik pengguna Facebook yang sedang berada di Solo untuk memakai layanan di aplikasi mereka.

Contoh Headline Iklan Facebook

Headline merupakan salah satu faktor penting dalam materi iklan. Jadi, ketika Anda memutuskan untuk mulai menggunakan Facebook Ads, pastikan untuk membuat headline iklan yang sesuai dengan tujuan pemasaran.

Ibarat sebuah toko, headline merupakan tampilan papan nama yang bisa mempengaruhi apakah calon pelanggan memutuskan untuk masuk dan membeli barang atau hanya lewat saja.

Berikut merupakan beberapa contoh headline iklan Facebook yang biasa digunakan untuk meningkatkan penjualan.

Memberikan Informasi Diskon

Diskon atau potongan harga bisa menjadi alasan seseorang untuk melakukan pembelian. Anda bisa mencoba membuat iklan dengan headline informasi diskon atau promo gratis ongkir dalam waktu tertentu sehingga menciptakan urgensi.

Membangkitkan Perasaan

Anda bisa menggunakan headline yang menjual mimpi atau iming-iming yang diinginkan banyak orang. Sehingga, Anda tidak terkesan menjual produk tapi menawarkan cara menggapai mimpi.

Contoh iklan soft selling model itu bisa dilihat di marketing perusahaan investasi yang mengklaim dengan melakukan investasi sejak dini maka masa tua akan lebih terjamin.

News Headline

Headline tipe ini relatif sering digunakan untuk menarik banyak audiens. Ciri dari news headline bisa Anda lihat dari pemilihan kata-kata yang bombastis serta menceritakan kondisi terkini.

Contoh news headline yang biasa diterapkan pada iklan Facebook:

  • Webinar Rahasia Omzet Ratusan Juta Per Hari, Gabung Sekarang!
  • Liburan di Solo tetap irit, jajan atau jalan semuanya dapet diskon!

Contoh Copywriting Iklan Facebook

Selain headline, copywriting juga punya peran penting dalam kesuksesan iklan di Facebook. Anda bisa menggunakan berbagai teknik copywriting sesuai kebutuhan marketing, misalnya seperti AIDA atau Hypnotic Writing.

Berikut merupakan beberapa contoh copywriting iklan Facebook yang bisa dijadikan sebagai referensi:

  • #SebelumGojek perkara makan, bisa mikir sampe tahunan. Telor didadar atau diceplok aja bahasannya gak kelar-kelar. Kalo udah ngandelin Gojek bisa lebih cepet, tinggal GoFood-in aja!
  • Internet Anti GABUT! Signal OK, Kuotanya GEDE, Pakai Bikin PEDE. Aktifkan Internet Sakti
  • Nggak cuma ademin panas yang bikin cranky, dengan 10x kandungan Vit C NIVEA Brightening Hijab Cool Deo bikin kulitmu cerah berseri!

Kami juga menyiapkan sejumlah kamus kata-kata jualan online untuk melengkapi strategi copywriting Anda. Sehingga, Anda punya banyak inspirasi untuk mengamati, meniru, dan mengadaptasi.

Berapa Harga Iklan di Facebook 2023?

Anda terinsiprasi dengan berbagai iklan di atas dan ingin promosi di Facebook atau Instagram? Tapi, Anda bingung berapa biaya yang harus dikeluarkan?

KiriminAja telah membuat sebuah uraian khusus dan detail tentang harga iklan di Facebook dan Instagram tahun 2023

Dalam artikel tersebut, Anda akan mendapat panduan lengkap dan mudah dipahami tentang berapa biaya memasang iklan di IG atau FB.

Anda juga akan memperoleh wawasan baru tentang cara-cara untuk mengoptimalkan strategi iklan sehingga mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Cukup klik tautan di atas tadi dan Anda akan diarahkan ke uraian lengkap terkait prosedur dan harga promo di FB atau IG.

Itulah beberapa contoh iklan Facebook yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Setelah mempelajari semuanya, sekarang saatnya bagi Anda untuk menerapkannya.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.