Jenis Usaha Online Modal Kecil Untung Besar, Wajib Kamu Coba di 2023

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
ide jenis usaha online

Memulai bisnis dari nol memang bukan hal mudah ya. Namun, bukan berarti kamu harus takut untuk mencobanya nih. KiriminAja udah merangkum sejumlah rekomendasi dan ide jenis usaha online yang bisa kamu coba bahkan dengan modal kecil di 2023 ini.

Karena 2023 ini ditandai dengan banyak sekali informasi yang dapat memudahkan kamu untuk mengembangkan bisnis. Maka, sudah bukan waktunya mengeluh nggak bisa berbisnis karena kekurangan modal.

Seperti yang kamu ketahui, sudah makin banyak tren usaha kecil sukses karena memanfaatkan kemajuan teknologi. Bahkan, usaha kecil tersebut dijadikan sebagai sumber utama penghasilan pemiliknya loh.

Jadi langsung aja yuk kita bahas bersama di bawah ini beberapa ide jenis usaha online yang bisa kamu coba dengan modal kecil!

Mengapa UKM dan Usaha Online Penti ng di Indonesia?

Usaha kecil sampai menengah atau UKM dapat menyumbang 60,07% PDB Indonesia. Angka yang nggak bisa diremehkan banget bukan?

Makanya, pemerintah sangat bahagia bila melihat banyak pelaku bisnis baru muncul dan tumbuh. Artinya semakin banyak bisnis muncul, semakin tinggi pula pendapatan negara. Bayangin kalau kamu jadi pebisnis, maka kamu turut menyumbang perkembangan ekonomi negara nih.

Karena itulah, makin banyak insentif dan kemudahan bisnis yang diberikan oleh pemerintah. Sayangnya, masih sedikit orang Indonesia mau memulai bisnis.

Untuk lebih memahami bagaimana peran UKM bagi negara, kamu bisa nih mengunjungi artikel mengenal lebih jauh tentang UKM. Artikel itu membahas contoh UKM dan seluk-beluk mendirikannya. Jadi bisa kamu coba nanti.

Usaha online saat ini juga sudah mulai marak, karena kamu nggak perlu toko offline atau toko fisik buat bisa berbisnis. Cuma butuh gawai, laptop, jaringan internet dan produk maka kamu udah bia nih buka usaha online.

Lalu bagaimana sih cara memulai bisnis online? Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan jenis usaha online shop yang akan dijalankan.

Seperti disebutkan di awal, KiriminAja telah merangkum jenis usaha, baik online maupun offline yang dapat menjadi referensi untuk kamu nih. Yuk, mari kita cari inspirasi bisnis bersama-sama di sini.

Ide Jenis Usaha Offline yang Juga Bisa Dibikin Online

Bisnis offline adalah jenis usaha yang menawarkan barang maupun jasa secara langsung di tempat. Sehingga, transaksi jual beli dilakukan secara tatap muka.

Untuk memulai bisnis ini, kamu perlu menyiapkan tempat seperti toko, ruko, dan sebagainya untuk menjual barang atau jasa. Meskipun sekarang banyak berdiri bisnis online, tetapi peluang untuk bisnis offline masih banyak lho.

Berikut beberapa jenis bisnis offline yang bisa kamu coba:

Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang tidak akan pernah redup. Sebab, makan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa dilewatkan.

Setiap hari, masyarakat cenderung ingin memakan makanan yang berbeda. Oleh sebab itu, bisnis kuliner masih tetap berjalan. Untuk itu, kamu yang memiliki hobi memasak dapat mencoba jenis usaha ini.

Bisnis kuliner ini juga bisa dibuat menjadi online loh, misalnya kamu menjual makanan frozen food. Menarik kan?

Toko Sembako

Mendirikan toko sembako juga bisa menjadi alternatif yang dapat kamu coba. Bisnis lebih mudah karena nggak perlu menciptakan produk baru.

Kamu hanya perlu menjual barang-barang sembako seperti beras, minyak, sabun, gula, dan sebagainya. Meskipun sering dianggap sepele, tetapi bisnis toko sembako biasanya memiliki perputaran yang cepat.

Karang toko sembako menjual barang tipe awet ketika disimpan, maka kamu juga bisa membuat toko onlinenya loh.

Bisnis Laundry

Bisnis laundry dapat dicoba jika tempat tinggal dekat dengan kampus ataupun lingkungan industri. Biasanya mahasiswa dan pekerja tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka.

Oleh sebab itu, keberadaan jasa laundry akan sangat membantu. Kamu dapat menawarkan pelayanan terbaik agar pelanggan tetap loyal. Misalnya menawarkan jasa ambil-antar gratis untuk pelanggan.

Bisnis Percetakan

Bisnis percetakan juga dapat dicoba, apalagi buat kamu yang tertarik dengan dunia grafis. Kamu bisa menawarkan pembuatan brosur, banner, flayer, dan yang lainnya.

Untuk menjalankan bisnis ini, kamu hanya perlu memiliki mesin cetak dan perangkat tambahan lainnya. Sehingga kamu nggak memerlukan modal yang besar. Bahkan pesanannya bisa kamu buka secara online dengan PO. Setelah barang jadi bisa kamu kirim deh.

Bimbingan Belajar

Kebutuhan bimbingan belajar bagi siswa SD hingga SMA masih selalu ada. Banyak orang tua yang tidak memiliki waktu untuk membimbing anak mereka.

Sehingga kamu dapat memanfaatkan peluang ini untuk membuat bisnis bimbingan belajar. Berikan penawaran menarik seperti kelas khusus, agar banyak yang tertarik.

Sekarang ini, bahkan sudah ada loh bimbingan belajar online. Jadi masih ngga memungkinkan gimana coba? Jangan menyerah ya, masih banyak jenis usaha online yang bisa kamu coba kok.

Jenis-jenis Usaha Online yang Bisa Kamu Coba Sekarang Juga

Maraknya penggunaan media sosial juga membuka peluang untuk menjalankan bisnis secara online. Berikut beberapa jenis usaha online shop yang bisa kamu coba.

Bisnis Dropshipper

Dropshipper dapat menjadi pilihan buatmu yang ingin menjalankan usaha tetapi tidak memiliki produk. Kamu hanya perlu bekerjasama dengan supplier dan mempromosikan produk mereka di media sosial. Jenis usaha online shop ini cocok buat kamu yang nggak mau repot mengurus stok produk.

Praktisnya lagi, kamu tidak perlu memiliki stok barang. Jika terjadi penjualan produk melalui tokomu, supplier akan mengirimkan barang ke konsumen atas namamu. Jadi, kamu tinggal menjual produk, masalah pengiriman itu urusan supplier.

Bisnis Fashion

Bisnis fashion akhir-akhir semakin naik daun. Apalagi dengan adanya tren outfit yang beraneka ragam. Untuk itu, kamu dapat memanfaatkan peluang ini dengan membuka bisnis fashion.

Buatlah toko online di berbagai platform media sosial. Selain itu, jangan lupa untuk membuat konten promosi yang kekinian agar produkmu banyak diminati.

Bisnis Kuliner

Maraknya kuliner kekinian juga dapat membuka peluang untuk kamu buat mendirikan binis kuliner secara online. Kamu dapat menjual cemilan-cemilan homemade yang enak dan menarik.

Untuk mengantarkannya ke konsumen, kamu dapat mengantarkannya sendiri atau bekerjasama dengan jasa pengantaran.

Toko Online

Tidak dipungkiri bahwa sekarang orang menginginkan kemudahan dalam segala hal. Bahkan untuk membeli keperluan sehari-hari.

Kamu dapat memanfaatkan peluang ini untuk membuka toko online yang menjual barang-barang keperluan sehari-hari. Seperti sabun, beras, minyak, sampo, dan sebagainya.

Jual Produk Handmade

Bagi kamu yang memiliki ketrampilan membuat produk handmade, dapat memanfaatkan toko online untuk menjualnya. Kamu cuma perlu membuat konten yang menarik untuk mempromosikan produk.

Biasanya produk hasil buatan tangan memiliki banyak peminat. Serta harga jualnya juga cukup menjual. Sehingga kamu akan memperoleh banyak keuntungan.

Selain itu, apapun jenis bisnis online, pasti memerlukan jasa pengiriman untuk mengantarkan produk ke tangan konsumen. Kamu tentu ingin memberikan penawaran terbaik kepada konsumen bukan.

Namun, mengelola pengiriman dengan berbagai jenis ekspedisi tentu tidak mudah. Untuk itu, kamu dapat memakai KiriminAja agar dapat mengotomatisasikan pengiriman hanya lewat satu pintu.

KiriminAja memungkinkan kamu memiliki online store yang punya kebebasan mengatur margin keuntungan dan memiliki kemampuan manajemen produk.

Iya, KiriminAja membuat kamu mampu mengatur margin profit, menjaga cash flow tetap aman, fokus menjangkau konsumen baru, sehingga bisnis jadi tenang.

Kabar baik lainnya, untuk berbagai layanan prima semacam itu, kamu tidak perlu effort banyak. Kamu hanya perlu mendaftar gratis di Dashboard KiriminAja.

Yuk, KiriminAja sudah siap untuk kamu ajak kerja bareng di tahun ini demi #CashFlowAman dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.