Contoh Label Makanan yang Bikin Konsumen Jatuh Cinta In First Sight

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
jenis-label-makanan

Mendapatkan contoh label makanan bisa menjadi inspirasi bagi para pengusaha kuliner. Tentu saja, Anda yang baru merintis makanan bisa dapat banyak manfaat dari label makanan.

Selain sebagai identitas, label makanan memiliki fungsi lain yang bisa menunjukkan kualitas produk kuliner Anda. Label yang menarik dan unik bisa memikat banyak calon pelanggan sehingga akan membeli produk dari Anda.

Ini akan mendatangkan banyak keuntungan baik secara finansial seperti pendapatan dan non-finansial seperti loyalitas konsumen. Lalu, bagaimana contoh label makanan yang baik, menarik dan bisa memikat pelanggan?

Dalam artikel kali ini, KiriminAja akan memberikan penjelasan lengkap tentang pengertian, jenis, cara membuat, dan contoh label makanan yang mampu menarik konsumen.

Anda bisa menyimak penjelasan lengkap di bawah ini dan bisa dijadikan referensi dalam membuat label makanan yang menarik.

Pengertian dan Definisi Label Makanan Adalah

Label makanan atau label pangan adalah setiap keterangan yang ada pada bagian kemasan makanan berupa gambar, tulisan, kombinasi antara keduanya atau bentuk lain yang dimasukkan, ditempelkan serta didesain sedemikian rupa untuk memberikan informasi sejelas mungkin.

Bagi pebisnis atau produsen, label makanan menjadi sarana untuk berkomunikasi dengan para konsumen. Lewat label makanan, Anda bisa memberikan informasi, menawarkan serta mempromosikan produk agar menarik para pelanggan.

Sementara itu, bagi konsumen, label makanan penting untuk diperhatikan, dibaca dan dipahami agar sesuai dengan kebutuhan serta keinginannya.

Sederhananya, label makanan adalah bagian dari kemasan yang berisi banyak keterangan mengenai produk yang siap dikonsumsi pelanggan sesuai dengan kebutuhan sehari-harinya.

Apa Saja Jenis Label Makanan?

Label makanan memiliki beberapa jenis yang memuat informasi khusus sesuai dengan produknya, berikut ini adalah jenis label makanan yang bisa Anda baca:

Label Halal dan Kosher

label ini menunjukkan bahwa produk tersebut dibuat sesuai dengan aturan halal atau kosher.

Label Organik

Informasi yang dimuat dalam label ini adalah bahwa produk tersebut dibuat dengan menggunakan bahan-bahan organik yang tidak terkontaminasi oleh pestisida atau bahan kimia lainnya.

Label Non-GMO

Jenis label ini memberikan keterangan bahwa produk tersebut tidak mengandung bahan-bahan yang dimodifikasi secara genetik.

Label Informasi Gizi

Label informasi gizi memberikan informasi tentang kandungan nutrisi dari produk makanan, seperti jumlah kalori, lemak, protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat.

Tujuannya adalah untuk membantu konsumen dalam memilih makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi dan kesehatan mereka.

Cara Membuat Label Makanan

Saat Anda ingin memasarkan produk makanan Anda, label makanan yang menarik dan informatif sangatlah penting. Berikut ini adalah beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan dalam membuat label makanan:

Warna Label

Warna label yang Anda gunakan dapat mempengaruhi daya tarik visual dari produk. Sebaiknya pilihlah warna yang cocok dengan jenis makanan yang Anda produksi dan yang menarik perhatian konsumen. Misalnya, warna hijau cocok untuk produk organik dan alami.

Gambar/Grafis Label

Menggunakan gambar atau grafis pada label makanan dapat membantu meningkatkan daya tarik visual dan membantu konsumen memahami produk Anda. Pastikan gambar atau grafis yang Anda gunakan cocok dengan jenis produk dan tidak menyesatkan.

Bahan Label

Pilihlah bahan label yang kuat dan tahan air agar tidak mudah rusak atau luntur. Bahan label yang berkualitas juga membantu menjaga citra merek Anda dan menghindari klaim palsu dari pesaing.

Jenis Huruf

Pilihlah jenis huruf yang mudah dibaca dan jelas untuk label makanan Anda. Hindari penggunaan font yang terlalu rumit dan sulit dibaca.

Ukuran Huruf

Pastikan ukuran huruf yang Anda gunakan cukup besar agar mudah dibaca oleh konsumen. Sesuaikan pula dengan ukuran kemasan dan cari ukuran paling tepat agar tidak membuat konsumen kesusahan saat membacanya.

Nama Produk/Usaha

Pastikan nama produk atau usaha Anda jelas terlihat pada label makanan. Nama produk atau usaha yang menarik dapat membantu meningkatkan daya tarik produk dan membantu konsumen mengingat merek Anda.

Informasi Kontak

Sertakan informasi kontak Anda pada label makanan, seperti alamat website atau nomor telepon. Hal ini dapat membantu konsumen menghubungi Anda jika mereka memiliki pertanyaan tentang produk makanan Anda.

Dalam membuat label makanan, pastikan untuk mematuhi persyaratan peraturan pemerintah setempat untuk label makanan. De

ngan memperhatikan faktor-faktor di atas, Anda dapat membuat label makanan yang menarik dan informatif yang dapat membantu meningkatkan daya tarik dan citra merek produk makanan Anda.

Contoh Label Makanan

Berikut ini adalah contoh label makanan yang memuat informasi jelas dan terlihat sederhana namun menarik:


Dalam contoh label di atas kita bisa melihat berbagai informasi yang dibutuhkan konsumen seperti komposisi/ingredients, contains, alamat informasi kontak serta tabel nutrisi.

Informasi-informasi di atas bisa memberikan konsumen pengetahuan bagaimana produk tersebut dibuat dan mengandung apa saja. Selain itu desain depannya yang menarik dan jelas saat dibaca bisa memudahkan konsumen.

Anda bisa menerapkan dan meniru contoh label di atas, namun tetap perlu diingat berikan sentuhan mengenai identitas bisnis Anda dan buat berbeda atau unik daripada yang lainnya.

Itulah informasi mengenai pengertian hingga contoh label makanan yang bisa Anda jadikan informasi. Jika ada konsumen yang tertarik dan akhirnya membeli produk Anda karena label makanan yang menarik maka hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah pelayanan.

Misalnya memberikan layanan logistik berharga murah dengan kualitas pengiriman yang reliable sebab di zaman online ini pengiriman seperti itu sangat disukai pelanggan.

Dengan KiriminAja Anda bisa mendapatkannya bahkan akan mempunyai online store yang bisa bebas mengatur margin profit dan manajemen produk sehingga cash flow tetap terjaga.

Kabar baiknya, mewujudkan hal tersebut tak memerlukan effort yang besar. Cukup daftar gratis di dashboard KiriminAja, lakukan verifikasi dokumen, dan segera rasakan kemudahan akses ekspedisi dari aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Segera gabung bareng KiriminAja untuk melancarkan usaha di tahun ini supaya #CashflowAman dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.