Copywriting, Strategi Paling Handal Untuk Pemasaran Bisnis Online

Ruth
1 bulan lalu
141
Copywriting, Strategi Paling Handal Untuk Pemasaran Bisnis Online

Bisa dikatakan saat ini perkembangan bisnis online cenderung sangat signifikan dari waktu ke waktu. Perkembangan yang terjadi di satu sisi memberikan efek yang baik di mana peluang pasar terbuka lebih lebar. Namun, di sisi yang lain, persaingan pebisnis pun semakin ketat dan diperlukan strategi promosi yang efektif. Hal inilah yang menjadikan copywriting diperlukan.

Apakah Anda sebelumnya pernah mendengar istilah tersebut?

Bisa dikatakan jika copywriting merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah pemasaran online. Pasalnya, dengan menggunakan teknik penulisan ini, maka Anda nantinya bisa memberikan tulisan promosi persuasif yang lebih efektif untuk menarik minat dari pelanggan.

Lebih dari itu, teknik penulisan ini juga bisa menjadi salah satu pertimbangan pembelian. Seorang konsumen yang jeli tentu akan memperhatikan bagaimana sebuah bisnis melakukan promosi pada produk atau layanan yang diberikan. Cara promosi yang berkelas, tentu menandakan jika produk dan layanan yang diberikan juga berkualitas.

Apa Itu Copywriting?

Secara singkat, copywriting bisa diartikan sebagai salah satu teknik menulis yang digunakan guna menghasilkan sebuah produk tulisan di mana bisa membuat pembaca memberikan respons sesuai dengan apa yang diinginkan. Tujuan dari teknik penulisan ini adalah membujuk para pembaca agar menggunakan jasa atau membeli produk yang ditawarkan.

Dari paparan tersebut, bisa dikatakan jika tujuan dari teknik penulisan ini adalah menghasilkan konversi. Sebagaimana diketahui bahwa penjelasan detail pada promosi yang dilakukan nantinya akan menghasilkan engagement rate yang cukup tinggi dengan target konsumen. Dalam hal inilah copywriting diterapkan.

Selain itu, dapat pula disimpulkan bahwa teknik penulisan ini seperti ketika pebisnis mempekerjakan sales untuk melakukan promosi. Artinya, kemampuan sales, dalam hal ini detail tulisan yang dibuat dalam copywriting tersebut, memiliki pengaruh besar pada kesuksesan promosi. Oleh karenanya, pembuatan tulisan promosi ini harus dilakukan dengan serius.

Siapa yang Menggunakan Copywriting?

Tentu saja, semua pebisnis dan pengusaha yang menggunakan media internet sebagai salah satu platform pemasaran perlu menggunakan copywriting. Hal ini sangat beralasan karena saat ini internet menjadi salah satu media yang paling banyak diakses untuk mencari informasi tentang apa saja, terlebih terkait kebutuhan yang harus dipenuhi.

Selain mendapatkan konversi yang lebih baik, ditandai dengan peningkatan order atau transaksi yang terjadi, teknik penulisan ini sangat tepat untuk membangun brand yang Anda miliki. Sebagaimana diketahui, brand adalah roh dari bisnis yang dijalankan. Dengan upaya pembangunan brand yang maksimal, maka usaha yang dijalankan akan lebih luas dikenal.

Perlu diketahui bahwa teknik penulisan ini tidak hanya diperlukan oleh mereka atau pengusaha yang menggunakan website sebagai media promosi. Jika Anda memanfaatkan media online seperti Facebook dan Instagram, sebagai sarana promosi, copywriting tetap diperlukan demi meningkatkan engagement.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Copywriting

Sebagaimana disinggung di awal bahwa copywriting menjadi salah satu teknik penulisan materi promosi yang cukup penting dan tentu saja bisa dijadikan cara promosi dan cara membangun brand yang tepat. Oleh karenanya, agar tujuan tersebut tercapai, maka tulisan yang dibuat harus memiliki kualitas yang bagus.

Berbincang tentang copywriting sebagai strategi pemasaran dalam bisnis online, ada beberapa hal mendasar yang perlu dijadikan perhatian yang lebih agar teknik pemasaran ini bekerja secara optimal. Apa saja hal yang dimaksud tersebut?

1)      Kemampuan menulis yang baik dan benar

Untuk membuat copywriting yang tepat, maka diperlukan kemampuan menulis yang baik dan benar. Ya, kemampuan menulis tersebut adalah modal awal yang sangat penting di mana akan sangat berpengaruh pada hasil tulisan yang dibuat.

Ada beberapa standar tentang kemampuan menulis yang perlu dijadikan patokan. Beberapa hal seperti pemahaman tentang tata bahasa, ejaan penulisan, penggunaan kata baku, penggunaan tanda baca dan lainnya merupakan acuan jika seseorang memiliki kemampuan yang bagus untuk membuat sebuah tulisan.

Tentu saja, dalam pembuatan copywriting, Anda akan dituntut tidak hanya sekadar memiliki kemampuan menulis yang baik saja, melainkan juga memiliki kreativitas yang tinggi. Dengan kombinasi ini nantinya tulisan yang dibuat bisa dikembangkan dengan lebih menarik dan lebih mudah dibaca.

Lebih dari itu, dengan materi tulisan yang lebih mengalir dan mudah dipahami, konversi yang diharapkan pun bisa tercapai. Anda pun nantinya akan dikenal sebagai salah satu pemilik bisnis dengan promosi yang paling menarik.

2)      Membuat headline yang menarik dan unik

Headline atau juga bisa disebut judul adalah hal yang paling penting dan berpengaruh terkait tulisan untuk promosi. Seiring judul yang ditulis di bagian paling atas dengan ukuran font yang paling besar, tentu saja headline akan menjadi fokus pertama dari pembaca.

Nah, ketika Anda hendak membuat sebuah copywriting untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda miliki, maka Anda perlu membuat headline yang menarik serta unik. Detail headline tersebut nantinya bisa meningkatkan rasa ingin tahu dari pembaca. Mereka yang tertarik akan membaca tulisan dari awal hingga akhir untuk kemudian melakukan transaksi.

Ada banyak teknik penulisan headline yang bisa diterapkan. Tentu, Anda perlu mempelajari teknik tersebut guna meningkatkan kemampuan tulisan Anda menarik calon konsumen.

3)      Isi yang bermanfaat

Tidak dimungkiri bahwa tujuan utama dari copywriting adalah promosi. Oleh karenanya, tulisan yang dibuat rata-rata merupakan deskripsi dan juga review dari produk atau layanan yang ditawarkan. Hal ini baik agar calon konsumen mengetahui detail produk atau layanan tersebut. Hanya saja, ada baiknya jika Anda juga menambah dengan isi yang lebih bermanfaat.

Apa maksud dari poin ini?

Isi copywriting yang bermanfaat tidak hanya berisi tentang deskripsi dari produk atau layanan yang Anda tawarkan. Libatkan konsumen dalam teknik promosi tersebut. Dalam hal ini, berikan alasan-alasan yang memberikan penekanan kenapa si konsumen tersebut harus menggunakan produk atau layanan yang Anda berikan.

Selain itu, buat tulisan yang menjawab rasa ingin tahu dari calon konsumen. Jika strategi ini bisa dijalankan dengan baik, bukan tidak mungkin conversion rate dari promosi yang dilakukan akan lebih maksimal.

4)      Tentukan target konsumen yang tepat

Meskipun memiliki fungsi sama, sales dan copywriting memiliki detail yang berbeda. Sales akan langsung menembak sasaran konsumen yang mereka temukan, sementara copywriting cenderung lebih umum.

Nah, untuk meningkatkan conversion rate pada promosi, maka Anda harus menentukan target konsumen yang tepat. Dengan penentuan target yang tepat tersebut Anda nantinya bisa menyesuaikan detail konten promosi yang akan dibuat. Dengan demikian, meskipun sifatnya umum dan cakupannya luas, promosi Anda tetap ter-target.

 

Beberapa hal di atas adalah ulasan tentang copywriting sebagai salah satu strategi yang cukup penting perihal promosi dan pemasaran menggunakan media online. Pelajari lebih jauh tentang teknik penulisan ini demi promosi yang tidak hanya masif, tetapi efektif untuk mendapatkan konsumen yang jauh lebih banyak. Semoga bermanfaat.