CPC atau Cost per Click Adalah Strategi Beli Iklan demi Dapat Pembelian

Danusantoso
9 bulan yang lalu
Bisnis
CPC Cost Per Click Adalah

CPC adalah strategi iklan yang sangat efektif bagi para penjual dan pengusaha. Hanya saja, Anda perlu strategi yang jelas dan tepat.

Alasannya karena ketika Anda memutuskan untuk memasang iklan online, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah biayanya. Ingat, CPC atau Cost per Click adalah tindakan beriklan yang menuntut biaya setiap ada klik.

Masalah yang sering dihadapi oleh para penjual dan pengusaha adalah sulitnya mengatur dan mengoptimalkan biaya per klik agar tetap terjangkau dan menghasilkan ROI yang positif.

Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas secara lengkap apa itu CPC, cara menghitung, dan rumus CPC yang sesuai untuk memastikan keberhasilan kampanye periklanan online Anda.

CPC Adalah Membayar Setiap Ada Klik Iklan

Cost per Click adalah istilah dalam dunia periklanan online yang mengacu pada biaya yang dibayarkan oleh seorang pengiklan ketika iklannya di klik oleh pengguna.

Dalam model pembayaran ini, pengiklan hanya membayar ketika pengguna mengklik iklan tersebut, bukan ketika iklan ditayangkan.

CPC digunakan sebagai salah satu metrik untuk mengukur keberhasilan kampanye periklanan online. Semakin tinggi CPC, semakin mahal biaya per klik, dan semakin tinggi nilai persaingan untuk menempatkan iklan di posisi yang lebih baik.

Hanya saja, untuk memahami apa itu cost per click secara lebih komprehensif, masih ada beberapa parameter lain yang perlu Anda kuasai juga.

Karenanya, KiriminAja sudah merangkum 2 parameter penting dalam strategi beriklan di dunia digital. Parameter pertama yang perlu Anda pahami adalah metrik digital marketing. Metrik tersebut sangat penting bagi bisnis sebab bisa diketahui sejauh mana bisnis menguasai pasar.

Parameter kedua adalah pay per click. Parameter ini lanjutan dari strategi CPC. Oleh sebab itu, Anda bisa membaca uraian detail pay per click untuk membantu pemahaman soal CPC dan bagaimana pemakaian metrik digital marketing.

Bagaimana Cara Menghitung CPC?

Untuk menghitung CPC, Anda harus membagi biaya iklan dengan jumlah klik yang diterima. Sebagai contoh, jika Anda membayar Rp 1.000.000 untuk iklan Anda dan menerima 100 klik, maka CPC Anda adalah Rp 10.000.

Rumus menentukan CPC adalah:

CPC = Biaya Iklan / Jumlah Klik

Namun, perlu diingat bahwa CPC adalah strategi iklan yang dipengaruhi banyak faktor. Variasi variabel CPC ini tergantung pada platform periklanan, jenis iklan, kata kunci yang ditargetkan, dan faktor lainnya.

Rumus di atas adalah yang paling umum digunakan dalam industri periklanan online untuk mengukur biaya per klik.

Namun, jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih akurat, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan metrik lain seperti Cost Per Acquisition (CPA) atau Return On Investment (ROI) untuk mengukur keberhasilan kampanye periklanan online.

Memperhitungkan CPA dan ROI ini adalah jawaban efektif atas pertanyaan mengapa iklan online mahal. Kenapa begitu?

CPA mengukur biaya untuk mendapatkan satu konversi atau tindakan dari pengguna, seperti pembelian atau pendaftaran. CPA dapat dihitung dengan membagi biaya kampanye dengan jumlah konversi yang diterima.

Sementara ROI mengukur keuntungan bersih yang dihasilkan dari kampanye periklanan online. ROI dapat dihitung dengan membandingkan pendapatan bersih dengan biaya kampanye.

Dalam penggunaan rumus tersebut, perlu mempertimbangkan tujuan kampanye periklanan dan jenis bisnis yang dijalankan.

Maksimalkan Cost Per Click (CPC) dalam Bisnis Anda

Berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana Anda dapat memaksimalkan CPC dalam bisnis yang sedang dijalani.

Fokus pada Target Pasar Anda

Pertama-tama, Anda perlu memfokuskan kampanye iklan Anda pada target pasar yang tepat. Misalnya, jika Anda menjual produk kecantikan, pastikan iklan Anda ditargetkan pada wanita dan usia tertentu yang memiliki minat pada produk kecantikan.

Dengan cara ini, Anda dapat memperoleh lebih banyak klik yang dihasilkan oleh konsumen yang lebih tertarik dengan produk Anda.

Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Kata kunci adalah elemen penting dalam kampanye periklanan online Anda. Pastikan Anda menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda dan sesuai dengan target pasar Anda.

Jangan lupa untuk melakukan riset kata kunci dan mencari kata kunci yang paling populer dan efektif untuk bisnis Anda. Hal ini akan membantu Anda menemukan kata kunci yang sesuai dan menghasilkan cost per click yang lebih rendah.

Buat Iklan yang Menarik

Iklan yang menarik dan relevan akan lebih cenderung dilihat dan diklik oleh pengguna. Pastikan Anda membuat iklan yang menarik dan mudah dipahami oleh target pasar Anda.

Anda dapat mencoba menggunakan gambar, video atau tulisan yang kreatif dan menarik untuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan jumlah klik.

Pantau dan Analisis Data

Anda perlu memantau dan menganalisis data kampanye periklanan online Anda secara teratur. Hal ini akan membantu Anda untuk melihat performa iklan Anda, dan dapat mengoptimalkan biaya per klik yang lebih rendah.

Dengan melihat data, Anda dapat menyesuaikan kata kunci, target pasar, atau bahkan membuat perubahan pada iklan Anda.

Atur Batasan Biaya Harian

Dalam kampanye periklanan online, Anda dapat mengatur batasan biaya harian untuk membatasi pengeluaran Anda. Dengan menetapkan batasan biaya harian, Anda dapat membatasi jumlah klik yang diterima dan menghindari biaya per klik yang mahal.

Sekedar tambahan, untuk memastikan bisnis Anda tetap menarik di mata konsumen, ada baiknya Anda mengimplementasikan strategi lain yang dapat meningkatkan kualitas layanan. 

Salah satu cara efektif dalam memasarkan produk adalah dengan memberikan layanan logistik harga murah tapi tetap dengan kualitas pengiriman yang reliable.

Tahu kan bagaimana kecenderungan konsumen Indonesia yang sangat memperhitungkan faktor ekspedisi ini.

Konsumen kita ingin dapat layanan kurir yang reliable tapi punya harga hemat. Karena itulah, layanan ekspedisi sangat menentukan apakah konsumen jadi check out atau tidak.

KiriminAja memberikan kemampuan bagi Anda dan pemilik toko online lain mengelola margin keuntungan lebih fleksibel, serta membantu mengatur produk lebih efisien. Sehingga pengiriman barang akan terjamin dan membuat konsumen senang.

Dengan KiriminAja, Anda bisa menjaga arus kas tetap stabil dan fokus pada upaya untuk menjangkau konsumen baru, sehingga bisnis Anda dapat berjalan dengan lebih tenang.

Yang lebih menggembirakan lagi, untuk menikmati berbagai layanan terbaik dari KiriminAja, Anda tidak perlu melakukan banyak usaha. Cukup mendaftar secara gratis di dashboard KiriminAja.

Bergabung dengan KiriminAja di tahun ini berarti menjaga #CashFlowAman sehingga strategi CPC adalah aktivitas yang bisa menaikkan profit dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.