Delivery Artinya Taktik Kunci Anda Jadi Juara di Dunia Bisnis Online

Danusantoso
1 tahun lalu
Ecommerce
Arti on delivery

Delivery artinya pengiriman. Anda pasti tahu itu, kan?! Sebagai online seller, Anda mungkin sudah familiar dengar kata delivery.

Dalam konteks bisnis online, delivery paket adalah pada proses atau status pengiriman barang dari lokasi awal ke tempat tujuan. Delivery sendiri sering ditemukan pada pelacakan paket menggunakan nomor resi yang memberitahukan status dari paket tersebut.

Dalam pengiriman ada beberapa istilah lain yang menyangkut hal ini seperti cash on delivery, on delivery dan delivery order. Lalu apa maksud dan arti hal-hal tersebut? Anda bisa membaca artikel tentang arti delivery dan dan ketiga hal di atas.

Untuk lebih memahami apa itu deliveri, cara kerja, dan bagaimana peran delivery menjadikan bisnis Anda unggul, mari bahas di sini.

Bagaimana Delivery Artinya Strategi Kunci Bisnis Anda?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, delivery adalah istilah dalam bahasa inggris yang berarti pengiriman. Istilah ini sering muncul dalam bisnis online terutama jika penjual telah mengirimkan paket yang dibeli konsumen ke alamat tujuan.

Status delivery ini penting untuk Anda sebagai pebisnis dan konsumen karena berguna untuk memberitahukan status dari paket yang sedang dikirim. Dengan demikian, konsumen akan bisa melacak dan menghitung estimasi waktu ketika paket akan sampai ke tangan mereka.

Apa Artinya On Delivery?

Lalu apakah delivery dan on delivery sama? Pada dasarnya, kedua istilah tersebut memiliki dasar yang sama yaitu berhubungan dengan pengiriman. Namun, istilah on delivery artinya adalah status/proses yang sedang dialami paket ketika pengiriman.

Mudahnya, arti on delivery adalah sedang dikirim. Ini menunjukkan jika paket yang memiliki status on delivery berarti sedang dalam proses pengiriman, sudah dikirim atau dalam perjalanan. Artinya paket dengan status tersebut sudah “bergerak” ke lokasi tujuan.

Jika Anda ingin mengetahui di mana bisa melihat status tersebut maka bisa dilihat pada rincian informasi yang ada dalam marketplace atau dengan melacak paket menggunakan nomor resi.

Apa Artinya Cash on Delivery?

Jika delivery dan on delivery menyangkut hal pengiriman, maka cash on delivery agak berbeda dari pengertian dan arti kedua istilah sebelumnya. Cash on delivery atau yang sering disebut COD adalah salah satu metode pembayaran offline yang disediakan oleh penjual ataupun marketplace.

Meskipun istilah ini masih berhubungan dengan pengiriman, tetapi lebih mengacu pada cara pembayaran yang mungkin dilakukan pembeli dengan memberikan sejumlah uang tunai ketika barang pesanan sudah diterima.

Metode COD ini cara kerjanya adalah “bayar belakangan” atau membayar sejumlah uang tunai ke kurir yang mengantar paket dengan syarat paket tersebut sudah diterima oleh pelanggan. Sederhananya adalah pembayaran yang dilakukan saat barang telah tiba di alamat tujuan.

Sistem ini merupakan sebuah adaptasi dan alternatif bagi konsumen yang belum terbiasa dengan pembayaran secara online seperti transfer dan semacamnya. Sistem COD dan pembayaran online seperti transfer adalah dua hal yang sangat berbeda.

Jika transfer artinya pembayaran dilakukan di awal sebelum barang dikirim maka COD adalah pembayaran yang dilakukan di akhir setelah barang dikirim dan diterima oleh konsumen secara langsung.

Sebagai seller online, Anda tentunya harus memahami preferensi pelanggan dalam cara membayar produk yang ingin dibelinya. Memberi layanan pembayaran yang baik dalam proses delivery artinya bisnis Anda membuat pelanggan merasa aman dan nyaman.

Maka dari itu, alangkah baiknya Anda memahami perbedaan antara COD dan transfer dalam sistem belanja online terlebih dahulu. Hal ini penting agar tidak terjadi kesalahpahaman dan membuka peluang supaya penjualan meningkat karena konsumen bisa memilih metode yang diinginkannya.

Dengan demikian, usaha atau bisnis Anda akan lebih fleksibel karena tidak terikat dengan satu metode pembayaran saja. Untuk bisa lebih memahami hal tersebut Anda bisa mengklik dan membaca tautan yang telah dicantumkan di atas.

Apa Arti Delivery Order?

Sebagai seller online Anda pasti sudah familiar dengan delivery order bukan? Atau Anda masih belum mengetahui sama sekali apa itu delivery order? Tenang saja, tak perlu cemas sebab KiriminAja akan menjelaskannya kepada Anda.

Masih berhubungan dengan hal pengiriman, tapi arti delivery order cukup berbeda dengan semua istilah di atas. Delivery order merupakan sebuah dokumen yang berguna untuk memfasilitasi barang dari satu pihak ke pihak lainnya.

Sebagai seller online yang bergelut di dunia bisnis digital dan mengandalkan jasa ekspedisi pengiriman, Anda harus mengetahui betul tentang delivery order ini. Dalam bisnis, delivery order mempermudah proses kirim barang antara penjual dan pembeli.

Dokumen ini berisi berbagai informasi seperti jenis barang, jumlah dan keterangan lainnya yang berhubungan dengan produk. Dalam prosesnya, delivery order dibuat oleh penjual yang kemudian diberikan pada pihak jasa pengiriman.

Fungsi dari hal tersebut adalah untuk memastikan jika barang yang akan dikirim sudah sesuai dengan informasi yang ada. Maka dari itu, delivery order ini penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan dengan meminimalisir kekeliruan jenis, jumlah atau semacamnya dari barang yang ada.

Nah, jika Anda sudah tahu apa itu delivery order, langkah selanjutnya adalah bagaimana caranya agar pengiriman berjalan sesuai keinginan Anda dan konsumen yang bersangkutan.

Jawabannya cukup mudah, Anda bisa memberikan layanan logistik harga hemat namun kualitas pengiriman reliable. Ini bisa menjadi poin penting dari image bisnis Anda. Sebab dengan begitu, delivery artinya jadi strategi vital bagi bisnis Anda.

Di mana Anda bisa mendapatkannya? Anda bisa menikmati layanan tersebut dengan KiriminAja.

Apa arti delivery bisnis Anda bagi KiriminAja? Sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, aktivitas delivery adalah strategi yang terlihat sepele tapi jadi faktor signifikan bagi bisnis online.

Karena itulah, KiriminAja hadir sebagai partner bisnis Anda dengan cara memberikan kemudahan serta kebebasan dalam mengatur margin profit serta manajemen produk dalam setiap proses delivery bisnis.

Solusi yang sangat praktis bukan? Nah kabar baiknya, Anda tak perlu effort besar untuk itu karena cukup dengan mendaftar gratis di dashboard KiriminAja semua kemudahan dan keunggulan tersebut dapat Anda nikmati.

Jadi, tunggu apalagi? KiriminAja sudah siap Anda ajak kerja sama di tahun ini demi #CashflowAman dan bisnis jadi tenang. Dengan begitu, memakai KiriminAja delivery artinya bisnis Anda makin reliable di mata konsumen Anda.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.