Delivery Order Adalah Cara Agar Paket datang Secepat Cinta yang Hangat

Danusantoso
1 tahun lalu
Ecommerce
contoh-surat-delivery-order

Dalam aktivitas bisnis online tentu istilah DO atau Delivery Order sudah tidak asing lagi. Ini berkaitan dengan proses pengiriman produk dari penjual kepada pelanggan.

Nah, sebagai pelaku usaha pastikan Anda sudah memahami istilah tersebut ya. Sebab, ini akan menjadi penunjang untuk memperlancar proses pengiriman dalam bisnis Anda.

Namun tak perlu khawatir, sebagai partner bisnis Anda, KiriminAja sudah merangkum pembahasan tentang DO dalam artikel ini. Mulai dari definisi dan kepanjangannya, contoh, dan pentingnya DO dalam jual beli online. Yuk simak penjelasan lengkapnya!

Definisi dan Kepanjangan DO

Kepanjangan DO dalam jual beli adalah Delivery Order. Yaitu instruksi tertulis yang diberikan penjual kepada pihak jasa pengiriman untuk mengantarkan pesanan ke pembeli.

Pada dasarnya, fungsi DO adalah sebagai kontrak antara penjual dan pihak jasa pengiriman. Artinya, penjual telah menyerahkan barang dan pihak jasa pengiriman bertanggung jawab untuk mengantarkannya ke alamat pembeli.

Dalam jual beli online, delivery order biasanya dibuat secara otomatis oleh platform e-commerce seperti Tokopedia, Lazada, dan Shopee. Dimana prosesnya setelah pembeli melakukan pembayaran. 

Kemudian, barulah dokumen DO dikirimkan penjual ke pihak jasa pengiriman barang untuk memulai proses pengiriman kepada pembeli.

Biasanya, DO mengacu pada dokumen yang berisi informasi detail terkait paket. Meliputi jenis barang, jumlah barang, informasi penerima, dan metode pengiriman yang dipilih.

Selain itu, bisa juga memuat informasi tambahan seperti nomor resi yang dapat digunakan untuk melacak status pengiriman secara real time.

Hal tersebut dapat memudahkan pembeli untuk mengetahui posisi barang yang mereka beli dan estimasi waktu kedatangannya.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa dokumen DO ini penting dalam aktivitas jual beli online.  Sebab, menjadi bukti bahwa penjual telah menyerahkan barang ke jasa pengiriman.

Contoh DO (Delivery Order)

Setelah memahami definisi dan kepanjangannya, KiriminAja akan kasih tau seperti apa sih contoh Delivery Order itu. Sehingga, Anda memiliki gambaran yang lebih konkrit.

Berikut ini adalah contoh delivery order dalam format sederhana:

  • Delivery Order
  • Nomor Invoice: 54321
  • Tanggal Order: 13 Maret 2023 
  • Tanggal Pengiriman: 15 Maret 2023
  • Penerima: Nama: Kim Taehyung 
  • Alamat: Jalan Anggrek Layu No. 77, Jakarta Utara
  • Barang: 
  • Nama Barang: Botol Minum Karakter 
  • Jumlah: 2 buah 
  • Harga Satuan: Rp 50.000 
  • Total Harga: Rp 100.000
  • Metode Pengiriman: JNE Reguler
  • Catatan: Mohon diperhatikan bahwa barang harus dikirimkan pada tanggal 15 Maret 2023. Mohon konfirmasi nomor resi dan tanggal perkiraan sampai di alamat tujuan. Terima kasih.
  • [Space untuk tanda tangan penjual]

Pentingnya DO (Delivery Order) dalam Jual Beli Online

Delivery order memiliki peran penting bagi penjual karena menyangkut proses pengiriman produk ke pembeli. Dimana Anda harus memastikan pesanan sampai ke tangan pembeli dalam keadaan aman dan tepat waktu.

Lalu, saja sih peran Delivery Order ini? Berikut telah KiriminAja rangkum apa saja manfaat penting Delivery Order untuk bisnis online Anda:

Legalitas dan Bukti Pengiriman Barang 

Peran penting DO yang pertama adalah sebagai legalitas dan bukti pengiriman pesanan. Hal ini menunjukkan bahwa penjual telah memenuhi kewajiban memberikan barang yang dipesan pembeli.

Oleh karena itu, DO dapat bermanfaat untuk menghindari masalah hukum dengan pembeli yang mengklaim tidak menerima barang.

Melindungi Penjual dari Potensi Penipuan 

Delivery order juga melindungi penjual dari potensi penipuan seperti klaim bahwa barang tidak dikirim atau diterima, serta pengembalian barang palsu. 

Dokumen ini menjadi bukti bahwa barang telah dikirim dan diterima oleh pihak jasa pengiriman. Serta menjadi bukti jika terjadi masalah dalam proses pengiriman.

Memastikan Efisiensi Pengiriman Barang 

Delivery order memastikan bahwa pengiriman barang dilakukan secara efisien dan tepat waktu. Sehingga mempercepat proses pengiriman barang dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Meningkatkan Transparansi dan Kepercayaan Pelanggan 

Dengan memberikan delivery order kepada pembeli, bisnis Anda menunjukkan profesionalitas dan transparansi kepada pelanggan.

Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan memungkinkan untuk melakukan pembelian lagi di toko online Anda.

Setelah melihat beberapa manfaat tersebut, dapat kita simpulkan bahwa delivery order memiliki peran penting untuk penjual online. 

Oleh karena itu, sebagai pelaku bisnis Anda perlu menyusun manajemen pengiriman agar proses delivery order dapat berjalan lancar.

Pastikan Anda telah memberikan layanan pengiriman yang terbaik kepada pelanggan. Seperti memberikan penawaran metode pengiriman yang beragam agar pelanggan dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Untuk layanan optimal seperti itu, tentu Anda perlu bekerjasama dengan banyak ekspedisi sekaligus. Hal ini mungkin akan sedikit merepotkan karena Anda tentu harus mengatur aspek lainnya juga.

Nah, sebagai platform penyedia jasa aggregator logistik, KiriminAja bisa membantu Anda untuk memberikan layanan optimal tanpa effort banyak lho.

Cukup daftarkan bisnis Anda secara gratis di dashboard KiriminAja, lakukan beberapa verifikasi, dan langsung nikmati layanan berbagai fitur aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Dengan KiriminAja, memungkinkan Anda memiliki online store yang punya kebebasan mengatur margin profit serta manajemen produk yang baik.

Tunggu apalagi!? Yuk kerjasama bareng KiriminAja sekarang juga. Sehingga delivery order lancar, cashflow aman, dan Anda pun tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.