Paket Tertahan di Drop Point Artinya Keribetan. Cari Tahu Solusinya di Sini

Pamungkas
1 tahun lalu
Ecommerce
Drop point artinya

Dalam bisnis digital, drop point atau titik pengiriman adalah salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam proses pengiriman barang atau paket. Sebenarnya, kehadiran drop point artinya mempermudah pelanggan mengambil barang yang dikirimkan.

Namun terkadang masih ada beberapa masalah yang sering terjadi seperti kesalahan alamat drop point, barang yang tidak ditemukan di drop point, dan sebagainya.

Hal ini tentu menimbulkan kekecewaan bagi pelanggan dan dapat mempengaruhi reputasi bisnis. Oleh karena itu, drop point harus dikelola dengan baik dan efisien agar pengiriman barang atau paket berjalan lancar.

Sebagai seorang pebisnis, sebaiknya Anda mengenal terlebih dahulu arti lengkap dari drop point supaya dapat menjelaskan kepada pembeli jika bertanya. Berikut akan kami paparkan hal tersebut sebagai berikut.

Apa Itu Drop Point?

Drop point merupakan sebuah tempat di mana barang atau paket diletakkan. Biasanya hal ini juga disebut sebagai titik pengiriman. Tempat ini berguna untuk menyimpan sementara barang atau paket yang dikirimkan melalui jasa ekspedisi.

Selain itu drop point berguna untuk memastikan jika barang yang dikirimkan sampai dengan aman dan tanpa kurang suatu apapun.

Dalam perkembangannya, drop point tidak hanya berupa kantor ekspedisi tempat di mana Anda mengirimkan barang, namun juga bisa berupa rumah atau tempat khusus yang berfungsi untuk menyimpan barang dan paket.

Tujuan dari drop point yang pertama adalah untuk mempermudah pelanggan ketika ingin mengambil paket. Dalam sistem ini, konsumen tidak perlu lagi menunggu paket sampai rumah, jika mereka ingin segera mengambilnya maka bisa mendatangi drop point terdekat.

Kedua, drop point bisa membuat barang atau paket yang dikirimkan tiba dengan aman dan tepat waktu. Dalam proses pengiriman barang, drop point menjadi salah satu titik penting yang memastikan bahwa barang yang dikirimkan diterima dengan baik dan tidak rusak.

Drop point biasanya dilengkapi dengan sistem pengawasan yang ketat dan dioperasikan oleh tenaga kerja yang terlatih.

Hal ini untuk memastikan bahwa barang yang dikirimkan tersimpan dengan baik dan dapat diambil oleh pelanggan dengan aman. Hal ini membuat proses pengiriman barang menjadi lebih terpercaya dan memastikan kepuasan pelanggan.

Apa Artinya Barang Sedang Diantar ke Drop Point?

Dalam pelacakan paket, terutama yang menggunakan drop point, biasanya muncul tulisan “barang sedang diantar ke drop point.” Apa arti notifikasi tersebut?

Keterangan itu berarti jika barang atau paket yang dikirimkan jasa ekspedisi sedang dalam perjalanan atau proses pengiriman ke titik drop point. Lebih mudahnya, barang Anda atau konsumen sedang menuju ke drop point terdekat.

Jika Anda membaca tulisan atau keterangan tersebut dalam pelacakan, tak usah bingung sebab barang sedang dikirim ke drop point terdekat dengan rumah Anda atau konsumen.

Jadi maksud keterangan tersebut adalah kurir sedang mengantarkan paket menuju ke drop point untuk selanjutnya dikirim ke rumah pelanggan atau diambil sendiri.

Apa artinya Paket Telah Sampai di Drop Point?

Jika penjelasan sebelumnya menerangkan bahwa paket sedang diantar, maka “paket telah sampai di drop point” artinya barang yang tadinya masih dalam perjalanan dan proses pengiriman kini telah sampai di drop point dan diterima dengan baik.

Artinya, barang Anda sudah ada di drop point. Informasi dan keterangan tersebut berguna untuk memberitahukan jika paket Anda sudah dekat. Menunggu atau mengambilnya sendiri adalah pilihan yang bisa dipilih.

Jika tak terburu-buru Anda bisa menunggunya sampai di rumah, atau jika tak ada waktu Anda bisa mengambilnya di drop point tersebut.

Namun terkadang, untuk beberapa daerah drop point jaraknya agak jauh karena adanya keterbatasan. Maka dari itu, Anda bisa menunggu paket agar sampai di rumah saja.

Anda tak perlu risau dengan hal ini sebab ketika paket masih dalam proses ini akan menjadi tanggung jawab ekspedisi sehingga jika terjadi sesuatu pihak pengirim akan mempertanggungjawabkannya.

Telah Melewati Jam Operasional Drop Point Artinya?

Drop point menyediakan jasa pengiriman atau pick up sendiri dari konsumen. Namun, hal ini tidak berjalan terus menerus selama 24 jam. Titik pengiriman biasanya mempunyai jam operasionalnya sendiri.  

Telah melewati jam operasional drop point artinya bahwa waktu yang tersedia untuk mengambil barang atau paket di drop point sudah lewat dari jam operasionalnya.

Drop point biasanya memiliki jam operasional tertentu selama hari kerja, dan setelah melewati jam operasional tersebut, pelanggan tidak dapat lagi mengambil barang yang dikirimkan di drop point.

Pelanggan mungkin perlu menunggu hingga hari berikutnya atau menghubungi jasa ekspedisi untuk menentukan solusi alternatif jika mereka tidak dapat mengambil barang pada waktu yang ditentukan.

Maka dari itu, sebagai pebisnis yang baik, ada baiknya Anda menjelaskan terlebih dahulu mengenai aturan jam operasional kepada para pelanggan agar tidak terjadi hal yang mengecewakan.

KirimanAja dan Drop Point Artinya Masalah Sepele yang Bisa Cepat Dibereskan

Sebagi online seller, Anda pasti pernah mengalami paket tertahan di drop point, dikejar-kejar konsumen, dan bingung harus bagaimana. Iya, KiriminAja tahu rasanya bagaimana harus mengalami hal tersebut. Memang bukan hal yang mudah tapi mau tidak mau harus segera diatasi, kan?!

Oleh karena itu, KiriminAja hadir untuk memberikan solusi bagi Anda. KiriminAja adalah platform manajemen jasa ekspedisi satu pintu yang memberikan harga hemat dan layanan prima. 

Dengan KiriminAja, Anda bisa memilih salah satu dari sekian banyak jasa kurir unggulan yang disediakan. KiriminAja juga bisa memberikan berbagai jenis transaksi antara konsumen dengan Anda. KiriminAja juga menyediakan layanan komplain konsumen sepanjang waktu.

Iya, KiriminAja selalu memastikan layanan yang diberikan reliable, aman, dan tepat waktu. Yuk, bergabung bersama 200.000++ online seller yang optimis tumbuh dan berani memajukan bisnis. 

Anda hanya perlu klik dashboard KiriminAja sekarang juga, melakukan beberapa verifikasi, dan langsung menikmati layanan KiriminAja. Dengan KiriminAja, kendala di drop point artinya tak lebih dari masalah kecil yang bisa segera dibereskan.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.