Memahami Pentingnya Emotional Branding Pada Bisnis Online Saat Ini

Pamungkas
1 tahun lalu
Ecommerce
Contoh emotional branding

Emotional branding adalah aktivitas membangun kesadaran merek dengan jalur memancing reaksi emosi konsumen sehingga terbentuk hubungan positif antar keduanya.

Sebagai pelaku bisnis online di zaman digital seperti sekarang ini, kepuasan pelanggan adalah hal utama yang harus diperhatikan. Banyak cara yang bisa digunakan untuk melakukan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan emotional branding.

Emotional branding merupakan salah satu strategi branding dan pemasaran yang cukup menarik. Anda bisa menerapkannya untuk menarik banyak konsumen. Selain itu, strategi ini berguna bagi bisnis Anda supaya lebih maju.

Apa Itu Emotional Branding?

Emotional branding merupakan salah satu teknik yang menghubungkan sebuah brand dengan emosi. Emosi yang dimaksud di sini adalah perasaan para pelanggan.

Emosi pelanggan ini merupakan salah satu faktor penting dan nantinya akan digunakan serta diterapkan pada strategi branding. Tujuannya untuk memperkuat hubungan antara merek dagang dengan pelanggan.

Emotional branding ini berfokus pada pengalaman dan perasaan pelanggan terhadap suatu merek dan berusaha untuk menciptakan pengalaman yang berkesan.

Dari pengalaman yang berkesan ini, pelanggan akan merasa senang dan memiliki hubungan emosional sendiri dengan brand. Maka dari itu, strategi ini bisa membuat pelanggan Anda menjadi setia atau loyal.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan ketika membuat emotional branding, beberapa di antaranya seperti teknik story telling, pemilihan warna yang cocok, ikon, tipe atau font huruf dan lain sebagainya.

Emotional branding bisa membuat merek Anda menjadi berbeda dengan brand pesaing lain. Jika Anda memanfaatkannya dengan baik, maka bisa mengambil hati para calon pelanggan.

Tujuan dan Pentingnya Emotional Branding

Emotional branding dilakukan tentunya dengan beberapa tujuan, sebagai berikut:

Membangun Hubungan Emosional dengan Pelanggan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, emotional mempunyai tujuan utama yaitu membangun emosi dan hubungan yang kuat dengan pelanggan melalui sebuah brand. Dengan teknik yang tepat pelanggan akan merasa dekat dan tertarik dengan barang tersebut.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Terhadap Brand

Tujuan lain dari emotional branding adalah meningkatkan loyalitas atau kesetiaan pelanggan terhadap brand. Dengan emotional branding yang menarik pelanggan akan tertarik dan terpersuasi untuk jatuh hati pada brand, sehingga membuat diri mereka loyal.

Membuat Brand yang Berbeda dari Para Pesaing

Selain tujuan di atas, emotional brand juga merupakan teknik bersaing di pasaran. Dengan emotional branding, Anda bisa membuat citra brand yang unik dan berbeda. Dengan perbedaan ini, brand Anda bisa terlihat berbeda dengan pesaing lainnya.

Meningkatkan Nilai Jual Brand dan Produk

Karena karakter brand yang unik dan berbeda serta bisa menarik pelanggan, maka hal ini bisa meningkatkan adanya nilai jual brand dan produk. Dengan nilai jual yang tinggi, keuntungan yang didapatkan juga bisa sebanding.

Menciptakan Pengalaman Berkesan bagi Pelanggan

Pelanggan yang memiliki hubungan emosional dengan brand akan merasa senang. Dengan demikian bisa menciptakan pengalaman yang amat berkesan. Jika pengalaman berkesan ini menarik pelanggan maka secara tidak langsung akan membuat citra bisnis juga baik.

Dengan membangun hubungan emosional yang kuat dengan pelanggan, emotional branding berusaha untuk meningkatkan brand awareness dan membuat merek lebih diingat dan dikenal oleh pelanggan.

Meningkatkan loyalitas pelanggan juga membantu merek untuk menjaga basis pelanggan dan memperoleh lebih banyak pelanggan baru melalui rekomendasi.

Membedakan brand dari pesaing dan meningkatkan nilai jual dan pemasaran suatu merek juga membantu merek untuk berdiri keluar di pasar dan mempertahankan posisi kompetitif.

Maka dari itu emotional branding menjadi penting bagi para pelaku bisnis. Kalau Anda bisa memanfaatkan secara baik dan benar, pasti pelanggan akan datang dengan sendirinya dan bisa membeli produk Anda.

Langkah-langkah dan Tahapan Emotional Branding

Ada beberapa langkah dan tahapan yang perlu dilakukan ketika ingin melakukan emotional branding, berikut langkah-langkahnya:

Menentukan Identitas Brand

Langkah pertama adalah Anda harus memahami dan menentukan esensi merek, menciptakan tagline dan logo yang kuat dan membedakan brand dari pesaing. Hal ini berguna untuk membuat karakter brand yang unik.

Mengenali Target Audience

Selanjutnya Anda perlu memahami dan menentukan target audience, dan memastikan bahwa strategi emotional branding terfokus pada kebutuhan dan harapan mereka. Fokus pada hal tersebut menjadi nilai penting dalam tahap ini.

Menciptakan Konten Emosional

Menciptakan konten yang mempengaruhi perasaan dan pikiran pelanggan, seperti storytelling, video, dan iklan. Maka dari itu Anda harus memahami apa perasaan dan pikiran pelanggan

Integrasi Emosi Dalam Pengalaman Pelanggan

Memastikan bahwa pengalaman pelanggan dengan merek mencerminkan brand promise dan menjadi berkesan serta membekas dalam memori pelanggan.

Meningkatkan Brand Awareness

Meningkatkan kesadaran merek dan memastikan bahwa merek terlihat dan dikenal oleh target audience. Hal ini adalah sesuatu yang tidak boleh Anda lewatkan sebab dengan brand awareness pelanggan akan makin sadar dengan kehadiran merek yang ada.

Evaluasi Dan Adaptasi

Melakukan evaluasi secara terus-menerus dan mengadaptasi strategi emotional branding untuk meningkatkan hasil dan memastikan relevansi dengan pasar dan target audience. Anda harus selalu beradaptasi dengan perubahan yang ada.

Contoh Emotional Branding

Berikut salah satu contoh dari emotional branding:

Coca-Cola menciptakan kampanye iklan yang mencerminkan cinta, kebahagiaan, dan koneksi sosial.

Hal ini bisa membangun hubungan emosional dengan pelanggan dan membantu merek terlihat sebagai simbol dari "moment-moment yang menyenangkan". Dengan begitu pelanggan akan merasa tertarik dan dekat dengan brand yang ada.

Cara KiriminAja Mendukung Bisnis Anda Punya Emotional Branding 

Anda pasti tahu betapa pentingnya pengiriman paket yang cepat dan aman dalam bisnis online? Banyak konsumen memilih terikat dengan sebuah brand dibanding kompetitor hanya karena layanan pengiriman paketnya.

Artinya, pengiriman paket adalah sesuatu yang terkait erat dengan emotional branding sebuah produk atau bisnis.

Sayangnya, jasa kurir yang baik dan aman cenderung punya harga mahal dan merugikan kantong online seller?  Karena itulah, KiriminAja hadir sebagai solusi Anda dan para online seller lainnya.

KiriminAja adalah platform manajemen jasa pengiriman paket satu pintu yang memberikan harga hemat dan layanan prima.

Bersama KiriminAja, Anda bisa memberikan pelayanan berkualitas ke konsumen tanpa perlu khawatir dengan biaya pengiriman yang mahal.

Selain itu, KiriminAja juga menawarkan berbagai layanan pengiriman yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kalian, seperti pengiriman dalam dan luar kota, transaksi COD, dan lain sebagainya. 

Semua layanan KiriminAja dilengkapi dengan tracking number, sehingga kalian bisa memantau status pengiriman paket kalian dengan mudah. Selain itu, Anda juga bisa melihat transaksi yang pernah dilakukan sebelum-belumnya.

KiriminAja hadir untuk mendukung Anda tampil prima di mata konsumen, punya emotional branding yang baik dengan konsumen, sekaligus mampu menjaga #CashFlowAman, sehingga bisnis jadi tenang. 

Cukup klik dashboard KiriminAja untuk mendaftar gratis, melakukan beberapa verifikasi, dan langsung menikmati layanan manajemen jasa kurir unggulan Indonesia. 

Yuk, bergabung dengan 200.000++ online seller yang berhasil menawarkan produknya dengan layanan kurir reliable. Karena KiriminAja adalah salah satu kunci Anda menghasilkan emotional branding dengan konsumen.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.