Definisi, Keunggulan, dan Contoh Penggunaan Pengiriman EMS

Danusantoso
1 tahun lalu
Teknologi Bisnis
EMS singkatan dari apa

Express Mail Service atau EMS adalah layanan pengiriman berskala internasional yang ditawarkan oleh Uni Pos Universal.

EMS merupakan layanan komersial yang dapat digunakan oleh siapa saja. Para pelaku bisnis biasanya memanfaatkan EMS karena pengirimannya yang tergolong cepat dan aman.

Tentu saja ada layanan pengiriman internasional selain EMS. Anda bisa membaca daftar lengkap jasa ekspedisi internasional yang bisa Anda andalkan selain EMS di sini. Sebagai alternatif EMS, daftar lengkap jasa ekspedisi internasional di atas bisa menjadi rujukan penting Anda.

Sedangkan, untuk kebutuhan pengiriman domestik, kami juga menyiapkan panduan memahami berbagai istilah dan layanan Pos Indonesia. Harapannya, Anda punya berbagai wawasan terkait sistem logistik sehingga memudahkan operasional bisnis.

Lalu bagaimana sih EMS itu dan berapa lama waktu pengirimannya? Dalam artikel ini telah KiriminAja rangkum untuk Anda. Yuk simak penjelasannya di sini.

Jangan lupa juga buat daftar di Dashboard KiriminAja ya karena pengiriman paket Anda bisa dilacak dengan mudah, selain itu banyak juga promo diskon ongkir yang bikin biaya pengiriman makin hemat.

Definisi dan Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Tentang EMS

EMS (Express Mail Service) adalah layanan pengiriman dokumen dan barang secara internasional yang ditawarkan oleh Uni Pos Universal (Universal Postal Union).

Layanan EMS biasanya didahulukan daripada pengiriman lainnya. Oleh karena itu EMS merupakan pengiriman paling cepat dan handal yang tersedia di seluruh dunia.

Seperti halnya pengiriman yang lain, EMS juga dilengkapi dengan fitur pelacakan sehingga pengirim dapat memantau barang yang dikirim.

Berikut beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui tentang pengiriman EMS:

Waktu Pengiriman

Pengiriman EMS membutuhkan waktu yang bervariasi tergantung tujuan pengiriman dan kondisi cuaca. Namun, biasanya antara 2-7 hari kerja untuk pengiriman internasional dan 1-2 hari kerja untuk pengiriman domestik.

Biaya Pengiriman

Biaya pengiriman EMS ditentukan berdasarkan berat paket, jarak pengiriman, dan negara tujuan. Biayanya terbilang cukup mahal dibandingkan dengan layanan pos reguler, tapi hal ini sebanding dengan kecepatan pengiriman dan keandalan layanan yang diberikan.

Pelacakan Pengiriman

Pengiriman EMS juga memungkinkan Anda untuk melacak status pengiriman secara real-time. Caranya melalui situs web penyedia layanan EMS atau melalui aplikasi seluler yang disediakan.

Asuransi Pengiriman

Layanan EMS juga memberikan opsi asuransi paket. Tujuannya untuk melindungi paket Anda dari kerusakan atau kehilangan selama pengiriman. Untuk menambahkan opsi ini, Anda perlu membayar biaya tambahan.

Persyaratan Dokumen

Pengiriman EMS memerlukan dokumen persyaratan yang biasanya disesuaikan dengan negara tujuan dan jenis barang yang dikirim. 

Dokumen yang biasanya diperlukan berupa faktur komersial, izin ekspor, dan sertifikat kesehatan (jika barang yang dikirim adalah makanan atau obat-obatan).

Batasan Barang

Ada batasan pada jenis barang yang dapat dikirim melalui layanan EMS. Barang-barang yang dilarang termasuk bahan peledak, senjata api, obat-obatan terlarang, dan barang-barang yang melanggar hukum di negara tujuan.

Keunggulan Pengiriman EMS

Buat Anda yang masih ragu menggunakan pengiriman EMS, berikut KiriminAja kasih tahu apa saja keunggulannya:

Kecepatan Pengiriman

EMS adalah salah satu layanan pengiriman tercepat di dunia dengan jangkauan internasional. Waktu yang diperlukan biasanya 2-7 hari kerja untuk pengiriman internasional dan 1-2 hari kerja untuk pengiriman domestik.

Keandalan

EMS menawarkan keandalan yang tinggi dalam pengiriman dokumen dan paket. Layanan ini juga menggunakan sistem pelacakan online yang memungkinkan Anda memantau status pengiriman secara real-time.

Dengan demikian, Anda dapat mengetahui di mana posisi paket berada setiap saat. Serta estimasi waktu paket sampai tujuan.

Jangkauan Internasional

Layanan EMS tersedia di hampir seluruh negara di dunia. Hal ini memudahkan pengiriman dokumen dan paket ke hampir semua destinasi internasional.

Keamanan

EMS menyediakan opsi asuransi pengiriman yang melindungi paket dari kerusakan atau kehilangan selama pengiriman. Hal ini memberikan keamanan dan perlindungan bagi barang yang Anda kirim.

Pilihan Kemasan

EMS menyediakan berbagai pilihan kemasan, sehingga Anda dapat memilih kemasan yang sesuai dengan ukuran dan jenis barang yang akan dikirim.

Contoh Penggunaan Pengiriman EMS

Meskipun terkesan formal dan eksklusif, pengiriman EMS merupakan layanan komersial yang dapat digunakan oleh siapa saja.

Namun, biasanya memang digunakan oleh individu atau pihak yang membutuhkan pengiriman cepat dan handal, baik dalam skala domestik maupun internasional.

Berikut beberapa contoh penggunaan pengiriman EMS:

Bisnis

Dalam lingkup bisnis, layanan EMS dapat digunakan untuk mengirim dokumen penting, seperti kontrak atau faktur, dengan cepat dan aman ke pelanggan di seluruh dunia. 

Selain itu, bisnis juga dapat menggunakan EMS untuk mengirim barang-barang penting seperti produk elektronik atau farmasi.

Pengiriman Dokumen Pemerintah

Layanan EMS sering digunakan oleh pemerintah untuk mengirim dokumen penting seperti paspor, visa, dan dokumen resmi lainnya ke negara tujuan dengan cepat dan aman.

Pengiriman Barang Pribadi

Individu juga dapat menggunakan layanan EMS untuk mengirim barang pribadi seperti hadiah, dokumen penting, atau benda berharga lainnya dengan cepat dan aman ke tujuan internasional atau domestik.

Pengiriman Barang Dagangan

Pedagang online sering menggunakan layanan EMS untuk mengirim barang dagangan ke pelanggan di seluruh dunia. 

Dengan EMS, memungkinkan pedagang memberikan pengiriman cepat dan aman sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan reputasi bisnis.

Pengiriman Medis

Layanan EMS juga kerap digunakan untuk mengirim produk-produk medis yang membutuhkan pengiriman yang cepat dan aman seperti obat-obatan atau alat kesehatan.

Selain layanan EMS, masih banyak pengiriman ke luar negeri yang juga dapat Anda gunakan untuk menjangkau pasar internasional. 

Jadi tidak ada lagi alasan susah menjangkau pasar yang lebih luas karena banyak jasa ekspedisi yang menawarkan layanan pengiriman yang beragam.

Sedangkan untuk urusan logistik Indonesia, Anda juga dapat mengoptimalkan KiriminAja sebagai layanan kirim paket yang tidak perlu effort banyak, lho. 

Anda hanya perlu mendaftar secara gratis di dashboard KiriminAja, melakukan beberapa verifikasi, dan bisa langsung menikmati layanan aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.