ETD Adalah Waktu yang Tepat untuk Berpisah dengan Produk Bisnis Anda

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
etd-adalah-kepanjangan-dari

Estimated Time of Departure atau ETD adalah istilah yang perlu diketahui oleh para pelaku bisnis online. Sebab, hal ini berkaitan dengan proses pengiriman produk.

ETD sendiri merupakan waktu perkiraan produk mulai dikirim. Informasi tersebut sangat diperlukan oleh pelanggan sehingga harus akurat. Apa sih sebenarnya manfaat dari adanya estimasi pengiriman barang? Jangan salah, ini bisa jadi acuan seberapa cepat barang sampai.

Oleh karena itu, penting untuk Anda mempelajari tentang definisi, peran penting ETD untuk bisnis online, dan tips agar ETD akurat.

Berikut telah KiriminAja rangkum pembahasannya untuk Anda. Yuk simsak!

Definisi dan Kepanjangan ETD

Kepanjangan dari ETD adalah Estimated Time of Departure yang dalam bahasa Indonesia berarti Waktu Keberangkatan Perkiraan.

Secara umum ETD biasanya digunakan dalam dunia penerbangan. Namun, istilah ini juga dipakai dalam kegiatan pengiriman barang.

Oleh karenanya, istilah ETD juga berkaitan dengan bisnis online. Sebab, pendistribusian produk bisnis online biasanya dilakukan melalui aktivitas pengiriman.

Dalam pengiriman sendiri, ETD merupakan perkiraan keberangkatan suatu ekspedisi dari satu tempat. Biasanya, dinyatakan dalam format jam dan menit. Misalnya pukul 15.15 atau 12.00.

Tujuannya agar dapat memperkirakan kapan barang mulai dikirim. Informasi tersebut diperlukan akan berguna untuk pengirim maupun penerima.

Keduanya dapat memantau status pengiriman dan berjaga-jaga kalau terjadi kendala. Selain itu, penerima juga dapat mengestimasikan kapan barang datang.

Selain itu, penyimpanan barang atau gudang juga hal yang tidak boleh dilupakan dan juga berpengaruh terhadap sistem bisnis, maka dari itu memahami metode penyimpanan barang yang tepat adalah langkah penting.

Mengapa ETD Penting Untuk Bisnis Online?

Estimated Time of Departure (ETD) sangat penting bagi seller online karena membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan dan memberikan informasi yang jelas tentang kapan barang akan tiba.

Selain itu, ETD juga membantu penjual untuk menjaga kualitas layanan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Berikut telah KiriminAja rangkum apa saja sih alasan pentingnya ETD untuk bisnis online:

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

ETD memberikan informasi yang jelas tentang kapan barang akan dikirim dan kapan estimasi sampai. 

Hal tersebut dapat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap penjual dan memperkuat hubungan bisnis jangka panjang.

Menghindari Kekecewaan Pelanggan

Pelanggan tidak memiliki patokan pasti produk akan sampai jika tidak ada ETD. Selain itu, juga dapat menjadi pertanda bahwa produk memang sudah dikirim.

Tanpa ETD, pelanggan bisa saja kecewa karena menunggu produk tanpa kejelasan. Hal tersebut akan berdampak pada reputasi bisnis Anda.

Meningkatkan Efisiensi Pengiriman

Dengan memiliki ETD yang tepat, penjual dapat merencanakan pengiriman barang dengan lebih efisien dan menghindari keterlambatan pengiriman yang tidak terduga. 

Hal ini dapat membantu mengurangi biaya pengiriman dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Menunjukkan Profesionalisme

Dengan memberikan ETD yang akurat dan konsisten, dapat menjadi wujud profesionalisme dan keahlian dalam bisnis online Anda. Hal ini dapat menjadi pertimbangan pelanggan dan meningkatkan citra merek.

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dengan memberikan ETD yang tepat, Anda dapat memastikan pelanggan memperoleh layanan optimal.

Tentunya, hal tersebut dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang yang lebih baik dengan mereka.

Kesimpulannya, ETD sangat penting bagi penjual online karena dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, menghindari kekecewaan pelanggan, meningkatkan efisiensi pengiriman, menunjukkan profesionalisme, dan meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

Tips ETD Akurat untuk Bisnis Online

Dari pembahasan sebelumnya, dapat kita ketahui pentingnya ETD untuk bisnis online Anda. Oleh karena itu, ETD yang diberikan haruslah akurat.

Berikut beberapa hal yang perlu bisnis online Anda pertimbangkan agar ETD akurat:.

Tentukan Waktu Pemrosesan Pesanan

Setelah menerima pesanan, tentukan waktu yang dibutuhkan untuk memprosesnya. Hal ini termasuk menyiapkan produk, memverifikasi pembayaran, dan mengemas produk untuk pengiriman.

Tentukan Metode Pengiriman

Setelah pesanan diproses, pilih metode pengiriman yang tepat dan tentukan waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman. 

Hal ini termasuk waktu yang dibutuhkan oleh jasa pengiriman atau kurir untuk mengambil dan mengantarkan paket ke alamat tujuan.

Pertimbangkan Faktor Luar

Faktor luar seperti cuaca buruk, kondisi jalan yang macet, atau kerusakan kendaraan dapat mempengaruhi waktu pengiriman. Pertimbangkan faktor-faktor ini dalam estimasi ETD Anda.

Berikan Batas Waktu

Berikan batas waktu terakhir pengiriman yang dapat diambil oleh pelanggan. Jangan lupa untuk menambahkan waktu cadangan agar pelanggan tidak kecewa jika paket sampai di alamat mereka terlambat.

Berikan Informasi yang Jelas

Berikan informasi yang jelas tentang ETD di halaman produk dan pada email konfirmasi pesanan. Sertakan estimasi waktu pengiriman, tanggal dan waktu pasti pengiriman, dan nomor pelacakan paket jika tersedia.

Berikan Dukungan Pelanggan yang Baik

Selalu siap menjawab pertanyaan pelanggan tentang waktu pengiriman dan memberikan dukungan jika ada masalah dengan pengiriman. 

Berikan informasi yang terbaru tentang status pengiriman agar pelanggan merasa tenang dan puas dengan pengalaman belanja mereka.

Dengan mempertimbangkan langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat ETD yang akurat dan memberikan pengalaman belanja yang baik bagi pelanggan Anda. 

Hal ini dapat meningkatkan reputasi bisnis Anda dan membantu Anda membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, KiriminAja memudahkan Anda mengelola pesanan dan pengiriman bisnis online Anda, seperti menyediakan ETD.

Dengan memilih KiriminAja sebagai mitra bisnis di sektor logistik, Anda akan mendapatkan layanan manajemen ekspedisi paket yang punya biaya efisien dan reliable.

Melalui KiriminAja, Anda tidak perlu cemas pada masalah pengiriman, seperti paket yang hilang atau rusak. Apabila ada kendala, layanan pelanggan kami yang responsif siap membantu Anda.

Ditambah lagi, Anda juga bisa mendapatkan fitur inovatif KiriminAja yang bernama COD Advance. Dengan fitur ini, Anda dapat mencairkan dana COD sampai 50% saat paket telah berada di tangan kurir.

Benar sekali, Anda tak perlu menunggu hingga paket sampai ke tangan pelanggan. Dengan demikian, bisnis Anda dapat menjaga #CashFlowAman.

Ini artinya, KiriminAja memberikan kontrol penuh atas sistem logistik bisnis, memungkinkan Anda untuk mengatur margin keuntungan, serta menjaga cash flow bisnis tetap stabil.

Dengan begitu, Anda dapat lebih leluasa mengembangkan bisnis, seperti menjangkau pelanggan baru tanpa takut adanya error berlarut-larut.

Berita baiknya, untuk mendapatkan semua manfaat dan layanan premium ini, Anda tidak perlu repot.

Anda hanya perlu melakukan registrasi gratis di dashboard KiriminAja, melakukan verifikasi data, dan langsung merasakan manfaat aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi?! Coba KiriminAja sekarang, demi menjaga #CashFlowAman Anda, fokus pada inovasi produk baru, memaksimalkan keuntungan, dan menjadikan bisnis lebih tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.