Exposure Adalah Indikator Seberapa Banyak Orang Terpapar Brand Anda

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
double-exposure-adalah

Exposure adalah istilah yang merujuk pada sejauh mana bisnis Anda dikenal oleh masyarakat. Ini tentu berkaitan dengan strategi branding bisnis Anda.

Sebelum kita membahas mengenai exposure, sudahkah Anda mendaftar di Dashboard KiriminAja? Jika belum maka segera mendaftar saja ya karena banyak fitur yang bisa memudahkan pengiriman paket Anda ke konsumen.

Yuk sekarang mari kita pelajari lebih lanjut tentang exposure agar Anda dapat merancang strategi bisnis yang lebih matang.

Istilah Exposure dalam Bisnis 

Dalam dunia bisnis, terdapat istilah exposure yang merujuk pada sejauh mana bisnis Anda dikenal oleh masyarakat luas atau target pasar.

Exposure yang baik dapat membantu meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness. Sehingga, dapat memperkuat posisi bisnis Anda di pasar yang tentunya akan lebih mempermudah dalam mencapai tujuan bisnis.

Seperti yang kita ketahui, banyak pelaku usaha yang berlomba-lomba melakukan branding bisnisnya agar lebih dikenal oleh masyarakat.

Tapi sebelum membahas lebih lanjut tentang exposure, Anda dapat mengunjungi uraian kenapa branding itu penting. Cukup kilk tautan tersebut untuk mendapat insight lebih detail soal branding. 

Dengan begitu, Anda bisa memahami arti pentingnya branding demi bisa mendapat insight yang kuat soal exposure.

Brand Exposure Adalah Kunci Branding

Seperti halnya definisi exposure yang sudah disebutkan di atas, brand exposure juga merujuk pada sejauh mana merek atau brand Anda dikenali oleh masyarakat luas atau target pasar.

Brand exposure juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek, memperluas jangkauan pasar, meningkatkan penjualan, dan memperkuat posisi merek Anda di pasar.

Selain itu, ada cara lain yang patut Anda coba seperti sponsorship, mari kenali bersama jenis-jenis sponsorship di sini sebagai tambahan wawasan.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan brand exposure:

Iklan

Ada banyak alternatif iklan yang dapat Anda gunakan sebagai sarana promosi agar meningkatkan brand exposure. Namun, iklan yang lebih banyak digunakan saat ini ialah iklan digital atau iklan online.

Event

Event dapat membantu meningkatkan brand exposure dengan memperkenalkan merek Anda kepada banyak orang. Anda dapat mengadakan event seperti launching produk, seminar, workshop, atau pameran.

Endorsement

Membuat kerja sama dengan influencer atau public figure dapat membantu meningkatkan brand exposure Anda. Influencer dapat membantu mempromosikan merek Anda kepada pengikut mereka.

Sponsorship

Melakukan sponsorship pada event atau kegiatan dapat membantu meningkatkan brand exposure Anda. Dengan menjadi sponsor, nama merek Anda akan terpampang pada materi promosi event tersebut.

Public Relations

Melakukan public relations dapat membantu meningkatkan brand exposure Anda dengan memperoleh media coverage dari berbagai media massa baik online maupun offline seperti surat kabar, majalah, TV, dan radio.

SEO

Meningkatkan posisi website Anda di hasil pencarian search engine dapat membantu meningkatkan brand exposure Anda. SEO dapat dilakukan dengan mengoptimalkan kata kunci yang relevan dan kualitas konten pada website Anda.

Risk Exposure Dalam Bisnis 

Risk exposure atau paparan risiko dalam bisnis adalah sejauh mana bisnis Anda terpapar risiko-risiko yang mungkin terjadi dalam operasional bisnis. 

Setiap bisnis memiliki paparan risiko yang berbeda-beda, tergantung pada jenis bisnis dan faktor-faktor lain seperti lingkungan bisnis, regulasi, sumber daya manusia, dan lain-lain.

Beberapa contoh risiko yang mungkin terjadi pada bisnis Anda dan dapat menjadi paparan risiko adalah sebagai berikut:

  • Risiko Finansial: risiko likuiditas, risiko kredit, risiko keuangan, dan risiko mata uang asing.
  • Risiko Operasional: risiko proses, risiko teknologi, risiko manajemen, dan risiko logistik.
  • Risiko Hukum: risiko kepatuhan hukum, risiko litigasi, dan risiko peraturan.
  • Risiko Pasar: risiko persaingan, risiko perubahan pasar, dan risiko volatilitas pasar.
  • Risiko Lingkungan: risiko terhadap lingkungan dan dampak yang ditimbulkan pada lingkungan, serta risiko keselamatan dan kesehatan kerja.

Untuk mengatasi paparan risiko dalam bisnis, Anda dapat mengambil beberapa langkah seperti melakukan analisis risiko, melakukan manajemen risiko, serta melakukan mitigasi risiko.

Double Exposure Dalam Bisnis

Double exposure dalam bisnis adalah istilah yang mengacu pada gabungan dua atau lebih bidang bisnis atau produk yang berbeda. Tujuannya adalah menciptakan nilai tambah yang lebih besar untuk pelanggan dan bisnis Anda sendiri.

Dalam double exposure, kedua bidang bisnis atau produk yang digabungkan harus saling melengkapi dan memberikan nilai tambah. Sehingga dapat meningkatkan pangsa pasar dan keuntungan untuk bisnis Anda.

Contoh double exposure dapat terjadi ketika sebuah perusahaan teknologi memasuki industri lain, seperti perusahaan teknologi mobil yang memproduksi mobil listrik. 

Dalam hal ini, perusahaan menggabungkan teknologi dan industri otomotif untuk menciptakan produk baru yang ramah lingkungan dan dapat meningkatkan pangsa pasar mereka.

Under Exposure dalam Bisnis

Dalam bisnis, under exposure dapat mengacu pada situasi ketika produk atau layanan yang Anda tawarkan tidak dikenal atau kurang mendapat perhatian pasar.

Hal ini tentu akan menyebabkan kegagalan bisnis Anda dalam mencapai target penjualan atau pangsa pasar. Sebab, kurangnya kesadaran konsumen terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan under exposure dalam bisnis antara lain:

  • Kurangnya pemasaran yang efektif
  • Tidak memanfaatkan media sosial dengan baik
  • Tidak memiliki situs web yang responsif dan teroptimasi SEO
  • Kurangnya perhatian terhadap merek atau identitas merek
  • Produk atau jasa yang tidak menarik atau tidak memenuhi kebutuhan pasar
  • Tidak memiliki afiliasi atau kemitraan dengan merek atau organisasi terkait

Dalam mengatasi under exposure bisnis, perlu dilakukan analisis terhadap faktor-faktor yang menyebabkan under exposure tersebut dan melakukan upaya-upaya yang diperlukan untuk memperbaikinya.

Salah satu metode yang dapat membuat produk Anda lebih menarik di mata konsumen adalah dengan memberikan penawaran ekspedisi menarik.

Alasannya karena konsumen Indonesia cenderung sangat ketat saat memilih jasa kurir untuk mengirimkan produknya. 

Konsumen kita ingin dapat layanan kurir yang reliable tapi punya harga hemat. Karena itulah, layanan ekspedisi sangat menentukan apakah konsumen jadi check out atau tidak.

Makanya, KiriminAja hadir untuk membantu Anda bisa memberikan treatment ekstra dalam pengiriman paket.

Iya, KiriminAja memungkinkan bisnis Anda bisa mengirim paket tanpa kendala, cepat, aman, tepat, dan berharga hemat.

Anda hanya perlu mendaftar di dashboard KiriminAja, melakukan verifikasi data, dan langsung merasakan layanan prima dari aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Jadi, bisnis Anda yang tumbuh itu bisa disokong oleh layanan kirim paket yang mampu menjaga #CashFlowAman sehingga bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.