Paham Metode FIFO, LIFO, dan FEFO Adalah Cara Menjaga Produk Anda

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
Manfaat FIFO FEFO LIFO

Metode FIFO, LIFO, dan FEFO adalah rangkaian manajemen barang yang akan menyelamatkan bisnis Anda. Ketiga metode itu terdengar menarik, kan?! 

Selain gampang diingat, ketiga istilah tersebut juga bisa membantu Anda dalam manajemen barang biar tertata dan menghindari ketidak karuan.

Jika ketiga hal di atas bermanfaat dalam manajemen barang, maka dengan Anda daftar di Dashboard KiriminAja, Anda bisa melakukan manajemen order dan pengiriman barang atau paket dengan cukup mudah nih. Jadi, daftar sekarang yuk!

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, LIFO, FIFO dan FEFO adalah metode yang digunakan para pebisnis untuk mengelola barang yang keluar masuk dalam bisnisnya. 

Demi memahami konsep apa itu FIFO, FEFO, dan LIFO, maka KiriminAja membahas semuanya di sini. Jadi, mari kita bahas bersama-sama.

FIFO Adalah Konsep Antrian Kasir

FIFO singkatan dari First In First Out. Konsep FIFO berarti barang atau item yang masuk terlebih dahulu akan keluar atau diproses terlebih dahulu juga. Metode ini dapat diterapkan pada berbagai jenis pengolahan barang seperti di gudang atau toko.

Dalam FIFO, metode dasarnya mengacu pada aturan "siapa datang duluan maka dilayani duluan". Sebagai contoh, bayangkan Anda memiliki sebuah toko buku. Setiap hari, Anda menerima pengiriman baru dari penerbit untuk mengisi stok di toko.

Dalam metode FIFO, buku-buku yang masuk pertama kali akan ditempatkan di depan atau di atas tumpukan buku-buku yang masuk kemudian. Saat pelanggan membeli buku, maka Anda akan mengambil dari tumpukan paling depan atau atas terlebih dahulu.

FEFO Adalah Konsep Mengeluarkan yang Tua

Sedangkan FEFO adalah kepanjangan dari First Expired First Out. Pada metode FEFO, prioritas utama diberikan pada barang yang akan kadaluarsa atau expire date-nya lebih dekat.

Metode FEFO biasanya diterapkan pada produk yang memiliki masa kadaluarsa atau expire date cepat. Seperti misalnya susu, obat-obatan, atau makanan. 

Dalam metode ini, Anda akan mengambil barang yang akan expired date-nya lebih dekat untuk diproses atau dijual terlebih dahulu, sehingga barang tidak terbuang sia-sia. 

Paham konsep keluar barang dalam metode FEFO dan FIFO ini akan membantu Anda memahami sistem berikutnya, yaitu LIFO.

LIFO Adalah Kebalikan FIFO

Secara prinsip, metode FIFO dan FEFO cukup berbeda dan tidak terkait secara langsung. 

Sedangkan, metode LIFO FIFO cukup berkaitan. Hanya saling berlawanan. Iya, metode LIFO adalah kebalikan dari FIFO, yakni Last In First Out.

Konsep yang digunakan dalam LIFO yaitu barang atau item yang terakhir masuk akan diproses terlebih dahulu sebelum barang yang masuk sebelumnya. Metode ini seringkali digunakan pada industri makanan dan minuman, serta farmasi.

Lalu ada metode LIFO, metode ini seringkali digunakan pada industri makanan dan farmasi karena pada kedua industri tersebut terdapat unsur spoilage atau penguraian.

Pada metode ini, barang yang masuk terakhir akan dikeluarkan atau diproses terlebih dahulu. Sebagai contoh, pada toko roti, roti yang dipanggang terakhir akan diletakkan di depan, sehingga roti yang lebih lama akan bertumpuk di belakang.

Contoh FIFO

Dalam sebuah toko buku, buku-buku baru yang masuk ditempatkan di depan atau di atas tumpukan buku-buku yang sudah ada sehingga pelanggan membeli buku dari tumpukan paling depan atau atas terlebih dahulu.

Pada toko pakaian, pakaian yang baru tiba akan diletakkan di depan atau di atas tumpukan pakaian yang sudah ada sehingga pelanggan memilih pakaian dari tumpukan paling depan atau atas terlebih dahulu.

Contoh FEFO

Pada sebuah toko obat, obat-obatan yang akan expired date-nya lebih dekat akan diberikan prioritas untuk dijual terlebih dahulu sehingga barang tidak terbuang sia-sia.

Di sebuah toko bahan makanan, produk-produk dengan tanggal kadaluarsa yang lebih dekat akan diambil untuk dijual terlebih dahulu agar tidak menimbulkan kerugian. Tolong diingat bahwa metode FIFO FEFO adalah 2 prinsip yang berbeda.

Contoh LIFO

Dalam toko roti, roti yang dipanggang terakhir akan diletakkan di depan sehingga roti yang lebih lama akan bertumpuk di belakang.

Dalam sebuah gudang bahan baku, barang yang masuk terakhir akan diproses terlebih dahulu agar tidak terjadi penguraian atau spoilage.

Apa saja Manfaat Metode FIFO , FEFO, dan LIFO?

Metode-metode di atas tentunya memiliki manfaatnya masing-masing yang bisa membantu bisnis Anda dalam mengelola produk agar sesuai dan tepat serta tak sia-sia atau ada yang terbuang.

Berikut ini adalah manfaat-manfaatnya:

Manfaat FIFO (First In First Out)

  • Membantu dalam mengurangi kelebihan stok barang.
  • Meningkatkan rotasi persediaan sehingga barang yang sudah lama tersimpan dapat segera dijual.
  • Mengurangi risiko kerusakan atau kadaluwarsa pada barang.

Manfaat FEFO (First Expired First Out)

  • Mengurangi risiko penjualan barang kadaluarsa yang dapat membahayakan kesehatan konsumen.
  • Meningkatkan kualitas produk yang dijual.
  • Mengurangi kerugian dan pemborosan yang disebabkan oleh penjualan barang kadaluarsa.

Metode LIFO (Last In First Out)

  • Meningkatkan penggunaan bahan mentah yang masih segar sehingga menghasilkan produk dengan kualitas yang lebih baik.
  • Mengurangi risiko kerusakan atau spoilage pada barang yang tersimpan terlalu lama.
  • Meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam proses produksi.

Menerapkan metode FIFO, LIFO, atau FEFO adalah cara bisnis Anda dapat mengoptimalkan persediaan dan meningkatkan efisiensi operasional.

Hal ini akan meningkatkan keuntungan dan mengurangi kerugian yang disebabkan oleh kerusakan, pemborosan, atau penjualan barang kadaluarsa.

Jika Anda berjualan online, metode di atas juga bisa digunakan untuk bisnis yang sedang dijalani. Agar lebih mudah dalam manajemen produk online Anda perlu platform khusus yang menyediakan kemudahan tersebut.

Yaitu dengan KiriminAja, di dalamnya Anda akan mendapatkan online store yang bahkan bisa bebas mengatur margin profit dan manajemen produk. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah menyortir dan menatanya.

Bahkan Anda bisa memberikan layanan logistik berharga murah dengan kualitas pengiriman yang pastinya reliable. Dengan kelebihan-kelebihan ini cash flow bisnis akan lancar dan tak mandeg.

Kabar baiknya, tak perlu effort besar untuk dapat semua layanan itu. Anda hanya cukup mendaftar gratis di dashboard KiriminAja semuanya akan jadi nyata. Demi #CashflowAman dan bisnis jadi tenang maka Anda berhak mencoba KiriminAja.

Sehingga berbagai metode FIFO , LIFO, dan FEFO adalah opsi yang bisa Anda coba serta sesuaikan dengan bisnis Anda.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.