Framework Meta Ads: Kunci Sukses Campaign Digital Marketing

Danusantoso
7 bulan yang lalu
Bisnis
tahapan framework meta ads

Framework Meta Ads adalah pendekatan strategis yang dapat Anda gunakan untuk merencanakan dan menjalankan campaign digital marketing.

Framework Meta Ads sendiri merupakan kerangka kerja (framework) yang dikembangkan oleh Meta. Sedangkan Meta Ads adalah platform periklanan yang digunakan untuk membuat, mengelola, dan melacak campaign iklan di jaringan Meta.

Nah, sebelum membahas bagaimana tahapan framework, kita pelajari terlebih dahulu apa itu campaign, Adeset (Audience), Ad (Iklan dan Landing Page.

Pengertian Campaign

Dalam dunia bisnis, istilah campaign mengacu pada serangkaian kegiatan pemasaran yang dirancang untuk mencapai tujuan tertentu. Biasanya berupa strategi dan taktik yang digunakan untuk mempromosikan produk, merek, atau tujuan lainnya kepada target audiens.

Tujuan dari sebuah campaign dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan perusahaan. Beberapa tujuan umumnya antara lain: meningkatkan brand awareness, penjualan, partisipasi pelanggan, memperluas pangsa pasar, dan membangun citra merek.

Untuk melakukan campaign, Anda dapat menggunakan berbagai saluran pemasaran. Salah satunya ialah jaringan Meta (Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger).

Sebagai informasi tambahan, kami juga merangkum bagaimana strategi dan penerapan campaign menggunakan Facebook. Anda hanya perlu klik tautan tersebut untuk mendapat panduan lengkapnya.

Pengertian Adset (Audience)

Adset atau audience set adalah istilah yang sering digunakan dalam platform periklanan digital seperti Facebook Ads atau Google Ads. Dimana Adset merujuk pada kelompok target audiens yang ditentukan oleh parameter tertentu dalam campaign marketing.

Anda dapat menentukan kriteria demografis, geografis, perilaku, minat, atau karakteristik lainnya yang digunakan untuk mengarahkan iklan kepada kelompok audiens yang relevan.

Selain itu, Anda juga dapat menentukan jenis perangkat yang digunakan oleh target audiens, bahasa yang mereka gunakan, atau kelompok demografis lainnya.

Pengertian Ad (Iklan & Landing Page)

Ad (iklan) adalah pesan pemasaran yang ditampilkan dalam berbagai media untuk mempromosikan produk, layanan, merek, atau tujuan lainnya kepada audiens target.

Iklan dirancang untuk menarik perhatian dan minat audiens, serta menggerakkan mereka untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengunjungi situs web, melakukan pembelian, atau berlangganan.

Sedangkan, landing page (halaman arahan) adalah halaman khusus yang dirancang sebagai tujuan akhir dari sebuah iklan. Ketika seseorang mengklik atau merespons iklan, mereka diarahkan ke landing page yang relevan dengan pesan dan tindakan yang diiklankan.

Iklan dan landing page saling terkait dan saling mendukung dalam upaya pemasaran. Iklan menarik perhatian dan mengarahkan lalu lintas ke landing page, sedangkan landing page memberikan informasi lebih lanjut dan mendorong tindakan yang diinginkan.

Tahapan Framework Meta Ads

Framework Meta Ads adalah pendekatan strategis untuk merencanakan dan menjalankan campaign digital marketing. Adapun tahapan dalam strategi ini meliputi: Awareness (kesadaran), Consideration (pertimbangan), dan Conversion (konversi).

Setiap tahapan memiliki tujuan dan strategi khusus yang berfokus pada perjalanan pelanggan dari awal hingga mengambil tindakan yang diinginkan. Berikut adalah penjelasan singkat untuk setiap tahapan:

Awareness (Kesadaran)

Tahap awareness bertujuan untuk memperkenalkan merek, produk, atau layanan kepada target audiens yang mungkin belum mengenal. Fokusnya adalah menciptakan kesadaran dan membangun minat awal.

Strategi yang umum digunakan dalam tahap ini seperti branding, pemasaran konten, iklan display, iklan video, dan sebagainya.

Ciri-ciri atau kriteria audience set konten yang dapat digunakan dalam tahap Awareness (Kesadaran):

  • Audiens yang belum mengenal merek atau produk.
  • Demografi luas untuk menjangkau khalayak yang lebih besar.
  • Minat dan perilaku yang relevan dengan industri atau kategori produk yang ditawarkan.
  • Segmentasi geografis yang mencakup area yang relevan untuk tujuan pemasaran.

Consideration (Pertimbangan)

Tahap consideration bertujuan untuk mempertahankan minat yang telah dibangun dan mendorong audiens untuk lebih mempertimbangkan dan mempelajari lebih lanjut tentang produk.

Strategi yang umum digunakan dalam tahap ini meliputi: Iklan Riset Produk, Iklan Re-Targeting, Ulasan dan Rekomendasi, Konten Edukasi

Ciri-ciri atau kriteria audience set konten yang dapat digunakan dalam tahap Consideration (Pertimbangan):

  • Audiens yang sudah menunjukkan minat awal atau interaksi sebelumnya dengan merek atau produk.
  • Demografi yang lebih terfokus untuk mengidentifikasi kelompok target yang paling mungkin tertarik dengan penawaran.
  • Minat dan perilaku yang lebih spesifik terkait dengan produk yang ditawarkan.
  • Segmentasi geografis yang mencakup area yang lebih terbatas, jika relevan.

Conversion (Konversi)

Tahap conversion bertujuan untuk mendorong audiens untuk mengambil tindakan yang diinginkan, seperti melakukan pembelian, mendaftar, atau mengisi formulir.

Strategi yang umum digunakan dalam tahap ini meliputi: Tawaran Khusus, Call-to-Action (CTA), Landing Page Optimalisasi.

Ciri-ciri atau kriteria audience set konten yang dapat digunakan tahap Conversion (Konversi):

  • Audiens yang telah menunjukkan minat yang signifikan atau niat untuk melakukan tindakan yang diinginkan, seperti mengunjungi halaman pembayaran, menambahkan produk ke keranjang belanja, atau mengisi formulir.
  • Demografi yang sangat terfokus untuk mengidentifikasi kelompok target yang paling mungkin untuk mengkonversi.
  • Minat dan perilaku yang sangat relevan dan menunjukkan kesiapan untuk melakukan tindakan yang diinginkan.
  • Segmentasi geografis yang sangat terbatas, jika relevan untuk penawaran dan tujuan konversi.

Agar konversi dapat meningkat, Anda perlu menekankan kelebihan produk atau merek dalam konten campaign. Untuk itu, Anda perlu menambahkan strategi lain yang sekiranya menarik bagi pelanggan.

Salah satu strategi pelayanan yang sangat krusial bagi konsumen adalah servis logistik reliable dengan harga hemat. Sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, KiriminAja sudah terbukti melayani berbagai jenis dan skala bisnis.

Iya, kami ingin memudahkan berbagai bisnis, termasuk bisnis Anda, menjalankan sistem pengiriman paket reliable bagi konsumen dan tetap menguntungkan bisnis itu sendiri.

Sehingga Anda bisa lebih fokus menjangkau konsumen baru, mengembangkan operasional usaha, dan lain sebagainya yang lebih esensial bagi pertumbuhan bisnis Anda.

Ada banyak fitur di KiriminAja yang memungkinkan bisnis Anda menjaga #CashFlowAman sehingga bisnis jadi tenang dan bisa lebih fokus menjangkau konsumen baru.

Anda juga bisa mendapat KA Poin dalam setiap transaksi pengiriman. Jadi, bisnis Anda tetap tumbuh sambil meraih reward tambahan, konsumen Anda puas dapat layanan kurir reliable, dan kami juga ikut tumbuh.

Berita baiknya, Anda cuma perlu mendaftar gratis di dashboard KiriminAja! Setelah itu, langsung akses semua layanan dan fitur berkualitas tinggi yang kami miliki untuk memperkuat bisnis Anda.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.