Tentang Facebook Ads Manager dan Fitur Terbaiknya

Ruth
1 bulan lalu
151
Tentang Facebook Ads Manager dan Fitur Terbaiknya

Sekarang ini sosial media tidak hanya digunakan sebagai hiburan saja apalagi jika Anda seorang pebisnis. Mengapa? Karena bisa digunakan untuk mempromosikan beragam produk, jasa atau layanan lainnya. Kemudian, pengguna yang cukup besar dengan latar belakang yang berbeda menjadikannya satu hal yang unik dan menarik. Dan salah satunya adalah Facebook yang menawarkan fitur khusus untuk promosi diantaranya adalah Ads Manager. 

Adapun beragam fasilitas yang ditawarkan bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam membuat iklan. Kita tahu bahwa pengguna dari sosial media yang satu ini cukup banyak sehingga sangat sayang bila dilewatkan begitu saja. Kuncinya adalah rajin membuat iklan dan melakukan uji coba berulang kali agar memahami algoritma Facebook yang memang sering mengalami perubahan. 

Ingin beriklan? Yuk, cari tahu apa saja yang berkaitan dengan fitur menarik dari Facebook ini. 

Tentang Facebook Ads Manager

Sebagai pengiklan, maka hal yang perlu diketahui adalah apa yang dimaksud dengan Facebook Ads Manager. Yaitu fitur yang diberikan kepada pengguna untuk mengelola iklan agar hasilnya maksimal. Untuk memanagenya sendiri cukup mudah, lengkap dan praktis. Tentu, disamping kemudahan yang ditawarkan maka ada juga kelebihannya seperti mampu membatasi akun yang memang tidak memiliki pengaruh pada iklan Anda. Sehingga, aset bisnis yang Anda kelola pun akan aman. Oh ya, fitur ini sendiri sudah terhubung secara otomatis dengan akun personal Anda. 

Cara membuat Akun Facebook Ads Manager 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa fitur ini memang sangat membantu para pengguna untuk membuat iklan sesuai dengan target market yang diinginkan. Berikut ini cara membuat akun facebook Ads Manager dengan mudah seperti :

Login ke akun Facebook pribadi Anda. Kemudian, buka link://www.facebook.com/business/tools/ads-manager https /. Setelah itu, buka pengelola iklan dimana nantinya akan ada informasi tentang nama akun, ID, status serta pengeluaran. 

Langkah selanjutnya adalah klik akun dan tunggu beberapa saat sampai pengelolaan iklan pun muncul. Kalau sudah begini, maka Anda sudah berhasil membuat akun Ads Manager. Untuk bisa menghasilkan iklan yang baik dan memberi keuntungan, maka tidak ada salahnya untuk melihat beberapa fitur yang ada akun iklan. 

Apa saja sih kelebihan FB Manager 

Bagi mereka yang sering menggunakan Facebook sebagai media iklan berbayar maka istilah Boost Post dan Promote bukan satu hal yang baru lagi. Keduanya sama sama memudahkan pengguna untuk membuat iklan yang baik, mudah dan tertarget. Namun, dibalik itu semua ternyata Facebook Ads Manager memiliki banyak kelebihan dibandingkan keduanya. Apa saja itu?

Memiliki platform yang cukup kompleks

Jika Anda menggunakan Ads Manager, maka Anda akan mendapatkan kemudahan untuk beriklan di platform yang berbeda. Anda bisa memasang iklan di Instagram, Facebook, Audience Network dan Messenger. Tentu akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk menyesuaikan target pasar sesuai dengan platform yang digunakan. 

Terkadang, produk A lebih menyukai sosial media seperti Instagram namun jika produk B ternyata lebih laku jika dijual di Facebook. Nah, guna mempermudah kegiatan untuk memasang iklan ini maka menggunakan fitur ini sangatlah baik. Selain itu, masing masing platform sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Tugas Anda hanya memastikan apakah pangsa pasar yang dituju memang berada di ‘kolam’ yang tepat atau tidak. 

Menawarkan pilihan objektif yang cukup banyak

Seperti kita ketahui bahwa fitur Ads Manager memiliki tiga pilihan menarik yaitu Awareness, Consideration dan Conversion. Nah, dengan beragam fitur ini nantinya Anda bisa mensetting tipe iklan yang bagaimana ingin dibuat. Anda bisa menyesuaikan dengan target pasar yang dituju setelah melakukan survey seperti menuliskan buyer persona misalnya. 

Menawarkan pilihan iklan yang cukup bervariasi

Anda bebas membuat iklan dengan berbagai bentuk. Apakah iklan yang berbentuk teks saja, atau menggunakan format carousel. Atau, bisa juga membuat iklan dengan bentuk slide show, single video maupun single image. Tugas Anda hanyalah membuat iklan semenarik mungkin sehingga memancing pelanggan untuk melakukan action. 

Menawarkan audience yang lebih spesifik

Kelebihan dari Ads Manager ini adalah Anda bisa menentukan target pelanggan secara spesifik. Tentu, dengan fitur ini akan membuat biaya iklan lebih hemat namun keuntungan besar bisa diraih. Mengapa? Itu tadi, karena pelanggan yang diinginkan sudah masuk dalam evaluasi iklan yang Anda buat nantinya. Enaknya lagi, ada fitur yang bisa dikustomisasi sesuai dengan target pelanggan. 

Apa saja Fitur Ads Manager

Ada banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan saat membuat iklan seperti :

Commerce Manager

Commerce manager merupakan fitur yang disediakan oleh Facebook untuk mengatur katalog serta penjualan. Enaknya lagi, semua pengguna bisa menggunakannya untuk mempromosikan produk mereka di Instagram maupun Facebook. Kelebihannya adalah Anda tidak perlu memiliki toko online agar bisa menggunakan fitur tersebut. 

Pengelola Iklan

Di fitur ini Anda dengan mudah mengelola iklan secara bersamaan. Misalnya saja untuk membuat iklan, kemudian duplikat iklan, edit iklan dan fitur lainnya. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mengaktifkan serta menonaktifkan iklan dengan sangat mudah yang ada di dashboard iklan.

Mengatur iklan

Di fitur ini Anda bisa mengatur cara pembayaran, pengelolaan metode untuk pembayaran serta mengedit informasi bisnis. Bahkan, akun iklan pun bisa Anda nonaktifkan dan juga bisa menambahkan admin pada akun iklan. 

Mengatur Tagihan

Di fitur ini Anda bisa melihat transaksi pembayaran terlebih untuk mengetahui sisa saldo iklan yang sedang berjalan. 

Mengatur dan Melihat Pemirsa

Fitur ini bisa memudahkan Anda untuk melihat pemirsa khusus, kemudian pemirsa serupa dan pemirsa yang tersimpan. 

Pengaturan Bisnis

Di fitur ini dengan mudah Anda bisa melihat akun halaman apa saja yang Anda miliki sesuai dengan target market yang dituju. 

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu FB Ads Manager dimana cukup banyak sekali fitur yang memudahkan Anda untuk melakukan iklan. Yang penting, sebelum membuat iklan ada baiknya mengetahui pangsa pasar yang dituju karena berhasil tidaknya iklan adalah target market yang tepat. Seperti memastikan jika Anda memiliki landing page yang mampu menarik perhatian calon pelanggan.

Yang penting, Anda harus ‘berani’ mengulik setiap fitur yang ada pada Ads Manager tersebut. Tujuannya jelas agar iklan Anda berhasil namun biaya iklan bisa ditekan seminimal mungkin. Selain itu, Facebook juga memberikan reward bagi setiap pengguna iklan di Facebook atau Instagram berupa nilai klik yang cukup murah.

Terakhir, jangan lupa untuk terus membekali diri dengan ilmu marketing menggunakan Facebook karena fitur yang ditawarkan memang kerap mengalami perubahan. Anda bisa bergabung dengan salah satu komunitas yang membahas seputar iklan Facebook Ads Manager atau mencari dari berbagai sumber yang terpercaya yang sering membahas seputar iklan berbayar. Selamat beriklan!