Panduan Memahami Franco Gudang: Definisi, Jenis, dan Contohnya

Danusantoso
5 bulan yang lalu
Bisnis
jenis franco gudang

Istilah franco gudang mungkin masih asing bagi sebagian orang. Akan tetapi, sebagai pelaku bisnis Anda perlu memahaminya.

Kata franco sendiri memiliki arti bebas atau gratis. Sedangkan istilah franco gudang merujuk pada sistem pengiriman barang yang biaya pengirimannya ditanggung oleh penjual.

Langsung saja yuk, pelajari selengkapnya terkait pengertian franco gudang, jenis franco gudang, dan manfaat menggunakan franco gudang.

Franco Gudang Adalah Konsep Pembayaran Kurir

Istilah franco memiliki arti bebas atau gratis. Sedangkan istilah franco gudang merujuk pada sistem pengiriman barang yang biaya pengirimannya ditanggung oleh penjual. Dengan demikian, pembeli tidak perlu membayar biaya pengiriman jika menggunakan metode ini.

Otoritas Jasa Keuangan menyebutkan bahwa franco gudang merupakan syarat penyerahan barang dalam proses menentukan harga yang ongkos kirimnya ditanggung oleh penjual hingga barang tersebut sampai tujuan.

Adapun biaya yang biasanya ditanggung oleh penjual meliputi biaya pengemasan, biaya pengiriman, biaya ongkos bongkar barang, hingga pajak.

Sistem franco gudang ini akan berlaku ketika Anda setuju dengan berbagai biaya terkait produk, baik itu biaya intrinsik maupun ekstrinsik.

Franco ini biasanya dicantumkan di bagian akhir surat penawaran, yaitu pada bagian keterangan tambahan untuk melakukan distribusi barang secara domestik.

Banyak pelaku bisnis menggunakan sistem ini dengan tujuan untuk menekan biaya ongkos pengiriman barang. Selain itu, sistem ini juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan karena semua sistem pengiriman dilakukan oleh penjual.

Apa Saja Jenis-jenis Franco Gudang?

Terdapat dua jenis franco gudang, yaitu franco gudang Penjual dan franco gudang pembeli. Berikut penjelasannya:

Franco Gudang Penjual

franco gudang Penjual ini merupakan jenis franco yang banyak digunakan oleh seller di berbagai platform online. Jenis membebankan semua biaya pengiriman kepada pembeli.

Dengan metode ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya pengiriman ke pelanggan. Akan tetapi, Anda perlu melakukan kerjasama dengan vendor untuk pengiriman.

Franco Gudang Pembeli

Jenis franco ini mengharuskan penjual untuk menanggung biaya pengiriman hingga barang sampai di tangan pelanggan. Agar Anda tidak perlu menanggung biaya terlalu besar, Anda perlu bekerjasama dengan berbagai ekspedisi yang untuk memperoleh promo pengiriman.

Biasanya, metode ini digunakan dalam berbagai platform e-commerce dengan memberikan voucher gratis ongkir kepada pembeli. Cara ini dapat menarik konsumen untuk lebih tertarik berbelanja di online store Anda.

Manfaat Franco Gudang untuk Bisnis

franco gudang sangat membantu kegiatan bisnis, terutama bagi Anda yang menjalankan usaha dalam skala besar yang melibatkan pembelian produk dengan jumlah banyak.

Berikut beberapa manfaat dari franco gudang untuk bisnis Anda:

Efisiensi Biaya

Dengan menggunakan franco gudang, Anda dapat menghemat biaya transportasi, manajemen stok, dan operasional lainnya. Selain itu, Anda juga akan memperoleh manfaat dari skala ekonomi karena aktivitas operasional yang terpusat.

Penyimpanan yang Terpusat

Anda dapat mengelola stok secara lebih efisien dengan menggunakan gudang yang terpusat. Hal ini memudahkan dalam pengawasan persediaan dan mengoptimalkan proses logistik. Sehingga dapat menghindari terjadinya kekurangan atau kelebihan stok.

Mengurangi Lead Time

Dengan sistem penyimpanan terpuas, lead time untuk pengiriman barang dapat dikurangi karena tidak ada lagi waktu yang terbuang untuk memindahkan barang dari gudang-gudang yang terpisah.

Dukungan Ekspansi Pasar

Bagi Anda yang ingin melakukan perluasan pasar ke berbagai wilayah, franco gudang ini dapat menjadi solusi logistik yang efektif untuk mendukung rencana tersebut.

Mempercepat Waktu Pengiriman

Sistem franco memungkinkan Anda untuk menyimpan stok di gudang yang strategis dan dekat dengan pasar. Hal ini tentu dapat mengurangi waktu pengiriman.

Meningkatkan Hubungan dengan Mitra Bisnis

Konsep franco juga dapat memperkuat hubungan antara bisnis Anda dengan penerima barang dan mitra bisnis lainnya. 

Penerima barang merasa diuntungkan karena mendapatkan fasilitas penyimpanan tanpa biaya tambahan. Sedangkan, Anda akan mengalami peningkatkan permintaan atas produk yang ditawarkan.

Kelebihan Franco Gudang

Franco gudang merupakan sistem atau mekanisme yang memiliki berbagai kelebihan yang dapat menguntungkan pembeli maupun penjual. Beriku penjelasannya:

Menghindari Resiko Kerugian Bagi Pembeli

Untuk pihak pembeli, franco gudang dapat menghindari resiko kerugian dari biaya tambahan untuk pembelian sebuah produk. Selain itu, sistem ini juga dapat memudahkan dalam perhitungan biaya tambahan saat proses pembelian.

franco gudang juga sangat membantu dalam pembelian barang dari luar negeri. Sebab, dengan sistem ini dapat langsung diketahui harga akhir tanpa perlu melalui perhitungan panjang.

Dapat Menambah Pemasukan untuk Penjual

Tambahan pemasukan ini berlaku bagi para produsen atau penjual karena bisa menaikkan harga pengiriman dalam persentase yang masuk akal. Selain itu, penjual juga tidak perlu pusing dan repot dalam menghitung harga.

Penjual hanya perlu melakukan perhitungan harga sesuai dengan franco dan memberikan harga sesuai penawaran. Dalam hal ini, Anda perlu memiliki ekspedisi yang terpercaya untuk pengiriman sehingga tidak jarang mendapatkan harga diskon atau potongan.

Namun, untuk melakukan kerjasama dengan banyak ekspedisi sekaligus tentu akan sangat merepotkan. Kabar baiknya, kini tidak perlu effort banyak untuk itu.

Anda dapat memanfaatkan fitur KiriminAja Plus untuk mengelola transaksi secara terintegrasi. Sehingga, Anda dapat mengelola dan mengirim produk hanya dari satu tempat di platform.

Untuk dapat mengakses fitur tersebut, Anda harus terverifikasi sebagai member KiriminAja terlebih dahulu. Cukup daftar secara gratis di Dashboard KiriminAja untuk bergabung.

Sebagai aplikasi pengiriman no#1 di Indonesia, KiriminAja dapat membantu Anda mengatur manajemen logistik, pengiriman, dan menentukan margin profit yang menguntungkan. Makannya, kerjasama dengan KiriminAja dapat membantu #CashFlowAman dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.