Bagaimana Cara Mengaktifkan Discover Google? Bahas Optimasinya, Yuk

Danusantoso
7 bulan yang lalu
Bisnis
google-discover-settings

Bagaimana Cara Mengaktifkan Discover Google? Apa manfaat Google Discover bagi bisnis? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, KiriminAja sudah menyiapkan artikel pembahasan detailnya di sini.

Sebagai pelaku bisnis, Anda dapat mengoptimasi Google Discover ini untuk menaikkan traffic website Anda. Bagaimana cara optimasinya? Yuk, simak pembahasan dalam artikel ini sampai akhir. 

Definisi Google Discover

Google Discover adalah fitur yang disediakan oleh Google untuk memberikan konten yang relevan dan terpersonalisasi kepada pengguna di beranda perangkat seluler mereka atau di halaman utama Google di desktop. 

Google Discover bekerja dengan algoritma dan kecerdasan buatan untuk mempelajari minat dan preferensi pengguna berdasarkan riwayat pencarian mereka, lokasi geografis, dan aktivitas online lainnya. 

Kemudian, fitur ini akan menampilkan berita, artikel, video, dan konten lain yang relevan atau menarik bagi pengguna.

Sebagai pelaku bisnis, Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk meningkatkan traffic website bisnis Anda. Untuk itu, Anda perlu membuat konten website secara optimal dan gunakan ilustrasi yang menarik agar pengguna tertarik membuka konten Anda yang muncul di Google Discover.

Cara Masuk Google Discover

Untuk mengakses Google Discover, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pastikan Anda memiliki perangkat yang terhubung ke internet, baik itu perangkat seluler seperti ponsel pintar atau tablet, maupun komputer desktop.
  • Buka peramban web di perangkat Anda, seperti Google Chrome, Safari, atau Mozilla Firefox.
  • Di bilah alamat peramban, ketik “www.google.com”  dan tekan tombol Enter.
  • Halaman utama Google akan muncul. Jika Anda menggunakan perangkat seluler, biasanya halaman ini adalah beranda perangkat Anda. Jika Anda menggunakan komputer desktop, halaman ini adalah tampilan pencarian Google.
  • Di halaman utama Google, gulir ke bawah hingga Anda melihat daftar kartu atau konten yang dipersonalisasi. Ini adalah area Google Discover.
  • Anda dapat melihat artikel berita, video, gambar, dan konten lainnya yang dipilih berdasarkan minat dan preferensi Anda.

Google Discover Settings

Google Discover Settings merupakan fitur yang disediakan Google untuk mengatur Google Discover. Baik untuk mengaktifkan (turn on Google Discover) atau pun menonaktifkannya (turn off Google Discover).

Turn On Google Discover

Turn on Google Discover adalah istilah yang digunakan untuk mengaktifkan fitur Google Discover di aplikasi Google atau peramban web. 

Dengan kata lain, mengaktifkan Google Discover berarti mengizinkan Google untuk menampilkan konten yang dipersonalisasi berdasarkan minat dan preferensi Anda. Sehingga, Anda dapat menjelajahi berbagai topik yang menarik dan relevan dengan yang diminati.

Turn Off Google Discover

Turn off Google Discover adalah istilah yang digunakan untuk menonaktifkan fitur Google Discover di aplikasi Google atau peramban web. 

Dengan kata lian, mengnonaktifkan Google Discover berarti menghentikan Google untuk menampilkan konten yang dipersonalisasi berdasarkan minat dan preferensi Anda. Sehingga, konten Google Discover tidak akan muncul di beranda atau halaman utama Google.

Cara Optimasi Google Discover

Seperti yang sudah KiriminAja singgung di atas, Google Discover dapat Anda optimasikan untuk mendorong traffic website bisnis Anda.

Berikut beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan untuk optimasi Google Discover:

Konten Berkualitas

Google Discover cenderung menampilkan konten yang memberikan nilai tambah bagi pengguna. Gunakan penelitian yang baik, sumber yang terpercaya, dan bahasa yang jelas untuk menulis artikel atau membuat konten yang menarik.

Struktur Konten yang Jelas

Pastikan konten Anda memiliki struktur yang jelas dengan penggunaan judul yang menarik dan meta deskripsi yang ringkas. Penggunaan subjudul, paragraf pendek, dan poin-poin penting dalam konten juga dapat membantu pembaca memahami dengan mudah.

Optimalisasi SEO

Terapkan praktik SEO yang baik untuk meningkatkan visibilitas konten Anda. Gunakan kata kunci yang relevan dalam judul, meta deskripsi, dan konten agar mudah dibaca oleh mesin pencari. 

Anda juga memanfaatkan beberapa tools Google untuk mencari keyword yang relevan. Sebagai informasi dan refrensi tambahan, KiriminAja sudah menyiapkan panduan bagaimana mengoptimalkan 3 Tools Riset Keyword dari Google. Ketiga tools khas Google bisa Anda gunakan untuk melakukan riset pasar.  

Kecepatan dan Responsif

Google Discover banyak digunakan di perangkat seluler, jadi memastikan tampilan yang responsif dan waktu pemuatan yang cepat adalah penting.

Gambar dan Media yang Menarik

Sertakan gambar dan media visual yang menarik dan relevan dalam konten Anda. Gambar yang menarik dapat membantu konten Anda menjadi lebih menonjol di Google Discover dan menarik perhatian pengguna.

Update Konten secara Teratur

Tetaplah memperbarui konten Anda dengan informasi terbaru dan relevan. Konten yang diperbarui secara teratur dapat meningkatkan peluangnya untuk muncul di Google Discover.

Pantau Kinerja dan Analisis

Gunakan alat analisis seperti Google Analytics untuk melacak kinerja konten Anda di Google Discover. Pantau traffic, interaksi, dan metrik lainnya untuk memahami apa yang berfungsi dan memperbaiki strategi optimasi Anda.

Dengan memperhatikan beberapa faktor tersebut, Anda dapat melakukan optimasi Google Discover untuk meningkatkan traffic website bisnis Anda. 

Agar konversi pengguna juga ikut meningkat, Anda perlu menambahkan strategi lain yang dapat menarik calon pelanggan untuk melakukan transaksi.

Sebagai contoh, Anda dapat menambahkan layanan logistik dengan harga hemat tapi memiliki kualitas pengiriman reliable.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu effort banyak untuk layanan prima seperti itu. Cukup daftar secara gratis di dashboard KiriminAja dan lakukan beberapa verifikasi.

Sebagai aplikasi pengiriman no #1 di Indonesia, KiriminAja memungkinkan Anda memiliki manajemen pengiriman dengan kebebasan mengatur margin profit. Jasi, #CashFlowAman, bisnis tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.