Pentingnya Google Search Console untuk Optimasi Organik Website

Danusantoso
6 bulan yang lalu
Bisnis
fungsi dan manfaat google search console

Google Search Console adalah tool webmaster yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi performa website bisnis Anda sekaligus melakukan optimasi secara organik.

Tools yang dapat Anda gunakan secara gratis ini juga memungkinkan untuk melakukan indexing. Yaitu upaya mendaftarkan halaman website agar bisa muncul dalam mesin pencarian.

Langsung saja yuk pelajari selengkapnya tentang Google Search Console dalam artikel ini.

Google Search Console Adalah All in One Dashboard

Google Search Console adalah tool webmaster dari Google yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi performa website bisnis Anda secara gratis.

Tools ini dapat membantu Anda melakukan optimasi website secara organik. Mulai dari mencari tahu keyword terpopuler, traffic website, referring domain, kinerja website di perangkat mobile, eksternal dan internal link, dan sebagainya.

Dengan demikian, GSC sangat berguna untuk menunjang aktivitas campaign digital marketing bisnis Anda. 

GSC bisa melihat sejauh mana traffic yang dihasilkan. Apakah Anda ingin tahu cara meningkatkan traffic website agar GSC semakin maksimal? Simak dalam tautan tersebut ya!

Fungsi Google Search Console

Dari penjelasan di atas mungkin Anda sudah memiliki gambaran umum fungsi GSC untuk bisnis Anda seperti apa. Nah, berikut KiriminAja kasih tahu beberapa fungsi spesifik dari Google Search Console:

Meningkatkan Traffic Organik

Google Search Console dapat membantu Anda untuk meningkatkan traffic website secara organik. Sebab, tools ini memiliki fitur yang berguna untuk mencari keyword atau kata kunci yang populer.

Anda dapat mencari kata kunci yang relevan dengan bisnis, kemudian membuat konten yang berkualitas. Sehingga, akan menarik semakin banyak pengunjung dan meningkatkan traffic.

Agar riset keyword semakin optimal, Anda juga dapat memanfaatkan tools lain yang disediakan oleh Google. Seperti Google Trends dan Google Keyword Planner Tool.

Sebagai informasi tambahan, Anda dapat mengunjungi artikel detail yang bisa membantu Anda mempelajari lebih jauh tentang  Tools Keyword dari Google

Memperbaiki HTML

GSC juga dapat membantu dalam mengidentifikasi masalah pada HTML. Mulai dari menemukan judul duplikat, kesalahan pada deskripsi meta, dan konten yang tidak bisa diindex website bisnis Anda.

Dengan mengetahui sumber masalah, Anda dapat melakukan perbaikan dengan cepat agar situs website tetap bekerja dengan optimal.

Mengidentifikasi Performa Website

Seperti yang sudah KiriminAja sebut sebelumnya, Google Search Console memiliki menu yang berguna untuk mengidentifikasi performa website bisnis Anda.

Dengan menggunakan tools ini, Anda dapat melihat jumlah traffic, impression, CTR, broken link dan berbagai matriks seperti page rank, melakukan riset keyword, dan sebagainya.

Inspeksi URL

GSC juga dapat digunakan untuk postingan baru di website yang tak kunjung diindex search engine. Dengan tools ini Anda dapat menginspeksi url baru agar lebih cepat terindex. 

Walaupun sudah terdapat sitemap yang berguna untuk inspeksi url secara otomatis, tetapi terkadang sitemap mengalami error sehingga tidak dapat melakukan inspeksi url.

Maka dari itu Anda bisa melakukan inspeksi url baru dengan search console agar postingan di website bisnis Anda bisa terindex dengan cepat.

Mengetahui Internal dan Eksternal Link

GSC memungkinkan Anda untuk mengetahui internal dan eksternal link. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui backlink dari website bisnis Anda.

Informasi tersebut berguna untuk memudahkan pengelolaan dan monitoring link pada website bisnis Anda. Sehingga, ketika ada backlink spam yang terdeteksi bisa langsung diatasi.

Cara Menggunakan Google Search Console

Setelah mengetahui definisi dan fungsinya, kita lanjutkan pembahasan tentang cara menggunakan Google Search Console untuk optimasi website bisnis Anda. Berikut langkah-langkahnya:

Buka Laman Google Search Console

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah mengunjungi halaman Google Search Console. Di halaman awal tersebut akan mendapatkan informasi tentang tools ini. Anda dapat mempelajarinya terlebih dahulu sebelum menggunakan GSC.

Setelah memahami lebih dalam tentang GSC, Anda dapat mendaftarkan website bisnis dengan mengklik “Mulai Sekarang”.

Daftarkan Website ke Google Search Console

Kunjungi halaman admin dan masukkan nama domain website bisnis Anda ke dalam kolom yang tersedia. Tunggu Google menganalisa website Anda untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

Terdapat dua pilihan untuk mendaftarkan website di google search console, yaitu dengan menggunakan Domain  atau URL Prefix.

Jika Anda memiliki beberapa subdomain, dapat menggunakan Domain. Namun, jika hanya memiliki satu website dalam satu domain, sebaiknya gunakan URL Prefix saja. 

Setelah memasukkan domain, pilih Continue. Kemudian Anda akan disuruh melakukan verifikasi domain tersebut.

Verifikasi Domain

Anda beberapa cara untuk melakukan verifikasi domain. Dua cara mudah yang sering digunakan ialah melalui HTML  file dan HTML Tag.

Menambahkan XML Sitemap

Cari menu Sitemap pada Google Search Console, kemudian masukkan sitemap pada form di dalamnya. Anda dapat membuat sitemap secara otomatis dengan menggunakan Plugin SEO.

Menganalisa Performa Website

Kunjungi menu Performance untuk menganalisa performa website bisnis Anda. Dari menu tersebut Anda dapat mengetahui jumlah klik dan impresi, CTR, keyword, page rank, laman terpopuler, device yang digunakan, dan metrik lainnya.

Beberapa langkah tersebut perlu Anda lakukan untuk optimasi website secara organik menggunakan Google Search Console. Selain memastikan traffic meningkat, Anda juga perlu membuat strategi agar tingkat konversi juga tinggi.

Anda dapt memberikan penawaran yang menarik kepada pengunjung. Seperti layanan pengiriman berkualitas reliable dengan harga hemat dan bisa COD.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak effort untuk layanan prima seperti itu. Cukup daftar secara gratis di Dashboard KiriminAja, kemudian atur pengiriman dengan kebebasan menentukan margin profit.

Sebagai aplikasi kirim paket #1 di Indonesia, KiriminAja dapat memastikan arus kas bisnis Anda lancar karena pencarian COD yang tidak perlu waktu lama. 

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.