Google Trends Adalah Kompas Biar Bisnis Anda Tidak Krisis Awareness

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
fungsi-Google-Trends

Google Trends adalah aplikasi gratis yang dapat membantu Anda menemukan tren pencarian terbaru di Google. Apa pentingnya Google Trends bagi online seller?

Sebagai seorang seller online, Anda pasti ingin menjual produk kepada banyak orang. Namun, dalam dunia bisnis online, pesaing Anda pasti banyak, sehingga Anda perlu mencari cara untuk meningkatkan visibilitas dan menarik lebih banyak pengunjung ke toko online Anda.

Itulah sebabnya Google Trends bisa menjadi alat yang sangat berguna bagi Anda. Anda dapat menggunakan alat ini untuk melacak dan memahami apa yang sedang dicari oleh orang-orang saat ini, sehingga Anda dapat memperkirakan apa yang akan menjadi populer di masa depan.

Untuk memahami lebih jauh tentang kegunaan, fungsi dan cara menggunakan Google Trends agar bisnis bisa mengikuti perkembangan pasar, simak artikel berikut yang akan membahas mengenai hal tersebut.

Kegunaan Google Trends dalam Strategi Digital Marketing

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Google Trends bisa membantu Anda untuk menemukan tren pencarian terbaru di Google atau jagat internet.

Dengan mengetahui apa saja hal tren dan sedang naik daun, Anda bisa menentukan untuk riding the wave ataupun menyediakan produk yang berhubungan dengan tren.

Secara umum, berikut ini adalah beberapa kegunaan Google trend yang bisa membantu Anda dalam menerapkan strategi digital marketing:

Mengidentifikasi Kata Kunci yang Relevan dengan Produk Anda

Dengan menggunakan Google Trends, Anda dapat melihat kata kunci apa yang sedang trend dan meningkat dalam pencarian. Anda dapat menyesuaikan kata kunci Anda untuk memasukkan tren pencarian tersebut dan meningkatkan kemungkinan produk Anda muncul di hasil pencarian Google.

Menciptakan Konten yang Lebih Menarik

Dengan mengetahui apa yang sedang trend, Anda dapat membuat konten yang lebih menarik untuk target pasar Anda.

Misalnya, jika tren saat ini adalah produk kecantikan alami, maka Anda dapat membuat artikel yang membahas topik tersebut dan menampilkan produk-produk yang relevan dengan trend tersebut.

Memilih Waktu yang Tepat untuk Memasarkan Produk Anda

Dengan memahami tren pencarian, Anda dapat memilih waktu yang tepat untuk memasarkan produk Anda. Misalnya, jika Anda menjual produk untuk anak-anak, Anda dapat memanfaatkan momen-momen seperti ulang tahun atau musim liburan untuk meningkatkan penjualan Anda.

Selain Google Trends, ada alat lain yang bisa Anda gunakan untuk membantu proses digital marketing dengan memaksimalkan keyword. Iya, ada berbagai perangkat Google yang bisa Anda manfaatkan secara gratis untuk kebutuhan digital marketing awal.

KiriminAja sudah menyiapkan panduan tools riset dari Google yang bisa Anda pakai untuk kebutuhan digital marketing.

Fungsi Google Trend dalam Bisnis

Google Trends memiliki beberapa fungsi yang sangat berguna, seperti berikut:

Melacak Tren Pencarian

Google Trends memungkinkan Anda untuk melacak tren pencarian di seluruh dunia atau di wilayah tertentu. Anda dapat melihat kata kunci yang paling sering dicari oleh pengguna dan mengetahui seberapa populer suatu topik atau produk di suatu waktu.

Menemukan Kata Kunci Baru

Google Trends dapat membantu Anda menemukan kata kunci baru yang relevan dengan bisnis Anda. Anda dapat memasukkan kata kunci tertentu dan melihat tren pencariannya dalam jangka waktu tertentu

Membandingkan Tren Pencarian

Dengan Google Trends, Anda dapat membandingkan tren pencarian untuk dua atau lebih kata kunci. Ini dapat membantu Anda menentukan kata kunci mana yang lebih populer dan dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih cerdas dalam strategi pemasaran Anda.

Menganalisis Tren Musiman

Google Trends dapat membantu Anda menganalisis tren musiman dan membantu Anda menentukan waktu terbaik untuk memasarkan produk Anda.

Anda dapat melihat tren pencarian untuk kata kunci tertentu selama beberapa tahun terakhir dan mengetahui kapan saat yang tepat untuk meningkatkan penjualan.

Melacak Topik Terkait

Google Trends juga dapat membantu Anda melacak topik terkait dengan bisnis Anda. Anda dapat memasukkan kata kunci tertentu dan melihat topik terkait yang paling sering dicari oleh pengguna.

Hal ini dapat membantu Anda menemukan ide untuk konten yang menarik dan relevan untuk target pasar Anda.

Jika Anda masih bingung dan tidak tahu caranya dalam menerapkan beberapa fungsi di atas, KiriminAja sudah menyiapkan panduan riset produk dan bisnis online ini agar bisnis bisa mengikuti trend yang ada.

Anda bisa membaca panduan tersebut untuk memahami bagaimana cara riset produk. Anda juga bisa mendapatkan trik yang membuat riset Anda lebih singkat dan efektif.

Cara Menggunakan Google Trends

Berikut ini adalah panduan cara menggunakan Google Trends dengan langkah-langkah sederhana:

  • Buka situs Google Trends: Pertama-tama, buka situs Google Trends di peramban web Anda.
  • Masukkan kata kunci: Masukkan kata kunci atau topik yang ingin Anda teliti di kolom pencarian di atas halaman.
  • Pilih wilayah dan rentang waktu: Pilih wilayah atau negara yang ingin Anda periksa tren pencariannya. Anda juga dapat memilih rentang waktu dari beberapa hari hingga beberapa tahun terakhir.
  • Tampilkan tren: Tekan tombol "Tampilkan Tren" untuk menampilkan grafik tren pencarian untuk kata kunci atau topik yang Anda masukkan.
  • Analisis tren: Analisis grafik tren untuk melihat perubahan popularitas kata kunci atau topik dalam rentang waktu yang Anda tentukan. Anda dapat melihat data yang lebih spesifik dengan mengatur filter di bagian bawah grafik.
  • Misalnya, Anda dapat memilih jenis pencarian (Web, Gambar, Berita, YouTube) dan kategori topik (Bisnis, Hiburan, Kesehatan, dll.).

Itulah langkah sederhana yang bisa Anda gunakan untuk menggunakan Google Trends sebagai media untuk mensukseskan digital marketing Anda.

Anda juga perlu strategi lain yaitu dengan memberikan layanan logistik yang handal dan hemat.

Salah satu strategi yang bisa Anda terapkan adalah memberikan layanan logistik dengan harga hemat tapi tetap menjamin kehandalan pengiriman.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan KiriminAja untuk memiliki online store dengan kemampuan mengatur margin keuntungan dan manajemen produk yang mudah.

Dengan KiriminAja, Anda dapat mengelola bisnis dengan lebih efisien dan fokus pada mencari konsumen baru, sehingga Anda dapat memperkuat cash flow bisnis Anda.

Kabar baiknya, semua layanan ini dapat Anda akses dengan mendaftar gratis di dashboard KiriminAja.

Selain itu, Anda juga bisa mendapat KA Poin dalam setiap transaksi pengiriman. Sehingga, bisnis Anda tetap tumbuh sambil meraih profit tambahan, konsumen Anda puas dapat layanan kurir reliable, dan KiriminAja pun ikut tumbuh. 

Iya, kami memang sangat concern dengan hubungan bisnis yang fair dan tidak merugikan salah satu pihak.

Dengan KiriminAja, bisnis Anda akan dapat memiliki layanan logistik yang dapat diandalkan dan dapat membantu bisnis Anda untuk terus menarik perhatian konsumen.

Jadi, yuk ajak KiriminAja untuk bekerja sama demi memastikan #Cashflow Anda tetap aman dan bisnis Anda menjadi lebih tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.