Panduan Strategi Promosi Harga Coret Bisnis Online

Danusantoso
5 bulan yang lalu
Bisnis
kenapa harga coret penting

Fenomena harga coret di toko online maupun offline mungkin kerap Anda jumpai. Meskipun terlihat sepele, tetapi ini merupakan strategi promosi yang dapat mendatangkan banyak pembelian lho.

Pasalnya, strategi ini merupakan salah satu metode promosi yang menggunakan trik psikologi marketing yang dapat mempengaruhi keputusan membeli para konsumen.

Sebelum membahas lebih jauh tentang strategi harga coret, Anda dapat mempelajari terlebih dahulu berbagai trik psikologi marketing untuk memaksimalkan promosi dalam artikel tersebut.

Artikel itu akan membantu Anda memahami bagaimana pengaruh harga coret pada psikologi konsumen yang kemudian memberikan dorongan untuk membeli sebuah produk.

Setelah itu baru kita lanjutkan pembahasan terkait strategi harga coret dalam artikel ini.

Apa Itu Strategi Promosi Harga Coret?

Strategi promosi harga coret adalah metode diskon dengan mencantumkan harga normal yang dicoret, kemudian dicantumkan pula harga yang sudah mendapat potongan.

Biasanya, promosi ini dilakukan untuk jangka waktu tertentu saja. Sehingga, hal ini dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk tersebut.

Apa Saja Manfaat Strategi Promosi Harga Coret?

Strategi promosi harga coret dapat memberikan beberapa manfaat bagi bisnis Anda. Berikut diantaranya:

Meningkatkan Penjualan

Diskon harga merupakan salah satu strategi yang terbukti dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian. Sehingga, promosi harga coret juga dapat meningkatkan volume penjualan bisnis Anda.

Menarik Konsumen Baru

Diskon harga dapat menjadi cara yang efektif untuk menarik konsumen baru yang sebelumnya tidak tertarik atau tidak mampu membeli produk dengan harga normal. 

Dengan harga yang lebih terjangkau, Anda dapat membuka pintu bagi pelanggan baru untuk mencoba dan mengenal merek atau produk tersebut.

Meningkatkan Kesadaran Merek

Strategi promosi harga coret juga dapat membantu meningkatkan kesadaran merek. Sebab, diskon harga sering kali menarik perhatian konsumen dan dapat menghasilkan promosi positif melalui word-of-mouth atau berbagi di media sosial. 

Dengan demikian, akan lebih banyak orang yang tahu tentang merek dan produk yang Anda tawarkan.

Mengalahkan Pesaing

Dalam persaingan yang ketat, diskon harga dapat menjadi senjata yang efektif untuk menarik pelanggan dari pesaing. 

Jika konsumen melihat bahwa produk yang ditawarkan dengan harga diskon lebih menguntungkan daripada yang ditawarkan oleh pesaing, mereka akan memilih untuk membeli yang menawarkan harga lebih murah.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Diskon harga dapat menjadi cara yang efektif untuk membangun loyalitas pelanggan. Ketika konsumen merasa mendapatkan nilai yang baik dengan mendapatkan harga lebih murah, mereka cenderung merasa puas dan mungkin akan kembali membeli produk di masa depan. 

Diskon juga dapat memberikan kesempatan bagi bisnis Anda untuk memperkenalkan pelanggan kepada produk baru yang mungkin mereka belum coba sebelumnya.

Itu dia beberapa manfaat dari promosi harga coret. Sebelum menerapkan strategi ini, akan lebih baik jika Anda mempertimbangkan dengan cermat implikasi jangka panjang dari diskon harga ini.

Selain itu, pastikan juga untuk mengintegrasikannya dalam rencana pemasaran yang komprehensif dan berkelanjutan agar tujuan promosi harga coret dapat tercapai.

Contoh Strategi Promosi Harga Coret

Berikut beberapa contoh strategi promosi harga coret:

Harga Coret Penjualan

Strategi harga coret penjualan melibatkan penurunan harga suatu produk untuk sementara waktu dengan tujuan meningkatkan volume penjualan. 

Strategi Loss Leaders

Strategi Loss Leaders melibatkan penawaran suatu produk dengan harga jual yang sangat rendah atau di bawah biaya produksi. Tujuannya adalah menarik pelanggan ke toko atau bisnis dengan harapan mereka akan membeli produk lain yang memiliki profitabilitas yang lebih tinggi. 

Harga Coret Permanen

Harga Coret Permanen adalah strategi harga di mana bisin secara permanen menurunkan harga produknya. Strategi ini biasanya dilakukan untuk menghadapi persaingan yang kuat atau untuk mencapai posisi harga yang lebih kompetitif di pasar. 

Predatory Price Cutting

Predatory Price Cutting (Pemotongan Harga Predator) adalah strategi harga agresif di mana bisnis menetapkan harga produknya di bawah biaya produksi atau di bawah harga normal pasar dengan tujuan mengalahkan pesaing dan mendominasi pasar. 

Diskriminasi Harga

Diskriminasi harga adalah strategi di mana bisnis menetapkan harga yang berbeda untuk kelompok pelanggan atau segmen pasar yang berbeda. Ini dilakukan berdasarkan perbedaan dalam tingkat permintaan, preferensi, atau karakteristik pelanggan. 

Mengapa Strategi Promosi Harga Coret Penting?

Strategi promosi harga coret merupakan salah satu metode marketing yang penting untuk Anda coba karena terbukti efektif. 

Dengan menurunkan harga sementara dapat menarik perhatian pelanggan baru dan mendorong mereka untuk mencoba produk yang bisnis Anda tawarkan. Hal ini dapat menghasilkan peningkatan volume penjualan dan memperluas pangsa pasar bisnis Anda. 

Selain itu, strategi harga coret juga dapat merangsang pembelian impulsif atau pembelian yang lebih besar dari pelanggan yang ada. Sehingga, dapat meningkatkan pendapatan sekaligus memperkuat loyalitas pelanggan. 

Terakhir, dengan menjalankan strategi harga coret, Anda juga dapat merespons persaingan yang kuat atau mengatasi fluktuasi pasar, mempertahankan daya saing, dan membangun citra merek yang positif sebagai penawaran yang terjangkau dan kompetitif.

Tips Agar Strategi Promosi Harga Coret Sukses

Selain menerapkan strategi promosi dengan mencoret harga, Anda perlu menambahkan strategi lain yang membuat konsumen semakin tertarik untuk membeli.

Misalnya, Anda menawarkan layanan pengiriman dengan pilihan ekspedisi yang beragam, ongkos kirim hemat, dan juga kualitas yang reliable.

Kabar baiknya, kualitas prima seperti itu dapat Anda berikan hanya dengan bekerjasama bersama KiriminAja. Sebagai aplikasi pengiriman no #1, kami juga dapat membantu Anda mengatur pengiriman dengan bebas menentukan margin profit.

Anda hanya perlu daftar secara gratis di Dashboard KiriminAja untuk mengintegrasikan online store Anda dengan KiriminAja. #CashFlowAman, bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.