Cara Tingkatkan Penjualan Anda Dengan Ide Bingkisan Lebaran yang Unik

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
paket-bingkisan-lebaran

Saat bulan puasa, pasti berseliweran berbagai ide bingkisan lebaran. Apalagi masyarakat Indonesia memiliki tradisi untuk memberikan bingkisan kepada orang tua, teman, ataupun kerabat kerja.

Tidak aturan pasti bingkisan tersebut berisi apa. Namun, umumnya berupa paket sembako, parsel buah-buahan dan sayur, aneka kue kering, hampers spesial, dan sebagainya.

Karena menjelang Lebaran banyak yang perlu dipersiapkan, kebanyakan masyarakat memilih untuk mencari bingkisan yang sudah jadi agar lebih praktis.

Nah, Anda dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk mencoba peruntungan di Ramadhan tahun ini. Siapa tahu ini menjadi awal bisnis yang bisa berkelanjutan kemudian hari.

Berikut telah KiriminAja rangkum ide bingkisan Lebaran untuk Anda yang berminat memulai bisnis ini. Yuk simak penjelasannya!

Ide Bingkisan Lebaran untuk Bisnis

Setiap orang tentu ingin memberi bingkisan yang spesial untuk orang terdekatnya. Untuk itu, Anda perlu mencari ide bingkisan yang menarik agar diminati oleh konsumen.

Berikut beberapa rekomendasi ide bingkisan Lebaran dari KiriminAja:

Paket Sembako

Meskipun terlihat sepele, tetapi paket sembako akan sangat berguna lho. Sebab, kerabat atau orang tua dapat menghemat pengeluaran di masa Lebaran karena memiliki persedian kebutuhan pokok.

Anda dapat membuat aneka paket sembako yang berisi beras, gula, minyak goreng, tepung, mi instan, kopi, dan lainnya. Kemudian bungkus dengan semenarik mungkin dengan hiasan khas Lebaran.

Hampers Spesial 

Selain paket sembako, hampers spesial juga dapat menjadi ide bingkisan yang berkesan. Anda dapat menyediakan paket perhiasan, hiasan rumah yang unik, fashion item, atau lainnya.

Anda dapat menyediakan paket yang beragam atau atau membuat sistem PO. Sehingga pelanggan dapat memesan paket yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Parcel Makanan Lebaran

Bingkisan ini dapat berupa makanan khas lebaran seperti kue kering, snack kekinian, makanan tradisional. Selain itu juga dapat dilengkapi dengan minuman instan seperti sirup, minuman soda, dan sebagainya.

Anda dapat membuat paket yang beragam agar pelanggan memiliki pilihan yang bervariasi. Jangan lupa untuk mengemas bingkisan semenarik mungkin.

Peralatan Dapur 

Memberikan peralatan dapur seperti panci, wajan, atau set pisau juga bisa menjadi pilihan untuk membuat bingkisan.  Hal tersebut akan lebih bermanfaat karena dapat digunakan untuk memasak sehari-hari. 

Carilah supplier yang menjual peralatan masak berkualitas dengan harga terjangkau. Sehingga Anda dapat memberikan penawaran terbaik kepada pelanggan.

Uang Tunai 

Uang tunai juga dapat dibuat menjadi bingkisan yang menarik untuk orang tua dan kerabat. 

Bingkisan uang tunai diberikan sebagai bentuk ucapan selamat menyambut hari raya dan juga membantu orang tua untuk membeli barang yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan.

Keuntungan Usaha Bingkisan Lebaran

Berikut KiriminAja kasih tahu apa saja sih keuntungan membuka usaha bingkisan Lebaran. Jadi, Anda bisa semakin yakin memulai usaha bersama KiriminAja.

Permintaan yang Tinggi 

Permintaan akan bingkisan Lebaran di bulan Ramadhan sangat tinggi, karena banyak orang yang ingin memberikan hadiah kepada keluarga, sahabat, dan kolega.

Sebab, bingkisan dapat menjadi tanda kasih sayang dan ucapan khusus di momen yang spesial seperti hari Lebaran.

Peluang Bisnis yang Besar 

Bisnis bingkisan lebaran dapat memberikan peluang yang besar, karena produk-produk yang ditawarkan bisnis ini cukup beragam beragam.

Oleh karenanya, peluang bisnis ini cukup beragam. Anda dapat memilih produk yang paling familiar sehingga strategi penjualan dapat lebih optimal karena pengetahuan yang banyak tentang produk.

Meningkatkan Omset Penjualan 

Jika Anda sudah memiliki bisnis dan memutuskan untuk menjual paket bingkisan, dijamin omset penjualan akan naik. 

Masyarakat cenderung memilih untuk membeli bingkisan yang sudah jadi. Sebab, menjelang Lebaran biasanya ada banyak hal yang perlu disiapkan.

Tips Usaha Bingkisan Lebaran Agar Sukses

Agar usaha bingkisan Lebaran sukses, Anda perlu mempersiapkan strategi yang matang. Tujuannya agar aktivitas bisnis dapat berjalan lancar tanpa kendala yang berarti.

Berikut beberapa tips agar usaha Anda berhasil:

Persiapkan dengan Matang 

Mulailah persiapan bisnis bingkisan lebaran sejak jauh-jauh hari. Minimal 1-2 bulan sebelum hari raya agar produk dapat disiapkan dengan maksimal dan beragam.

Tawarkan Produk yang Unik 

Persaingan usaha bingkisan lebaran terbilang cukup ketat. Makannya Anda perlu menciptakan produk yang unik agar diminati konsumen.

Anda bisa mengkombinasikan beberapa jenis produk atau menawarkan paket bingkisan yang berbeda dari biasanya.

Promosikan Produk di Media Sosial

Media sosial dapat menjadi platform yang efektif untuk mempromosikan bisnis bingkisan lebaran. Buatlah konten menarik yang berisi informasi produk dan keunggulannya.

Tawarkan Promo Menarik 

Anda bisa menawarkan promo menarik seperti potongan harga, free ongkir, atau bonus produk untuk menarik minat pelanggan. Metode ini dapat meningkatkan angka penjualan bisnis Anda.

Siapkan Stok yang Cukup 

Pastikan untuk selalu menyiapkan stok yang cukup dan tidak kehabisan saat mendekati hari Lebaran. Sehingga Anda dapat memenuhi permintaan pelanggan dengan baik dan meningkatkan kepuasan mereka.

Tingkatkan Pelayanan dan Kualitas Produk 

Pelayanan dan kualitas produk yang baik akan membuat pelanggan merasa puas dan memberikan ulasan positif. Hal ini menjadi peluang untuk mendapatkan pelanggan setia agar keuntungan bisnis meningkat.

Makannya penting untuk Anda merancang layanan yang optimal. Salah satu layanan yang dapat Anda  tawarkan adalah pengiriman yang cepat dengan ongkos kirim yang terjangkau. 

Kabar baiknya, Anda tidak perlu mengeluarkan effort banyak untuk pelayanan prima seperti itu. Cukup daftarkan bisnis Anda secara gratis ke dashboard KiriminAja.

Sebagai platform penyedia jasa aggregator ekspedisi, KiriminAja siap membantu Anda memulai usaha bingkisan lebaran di tahun ini agar Cashflow Aman dan bisnis pun tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.